Wisata Air Klaten, Tempat Asyik Yang Wajib Dikunjungi

<pre><pre>Wisata Air Klaten, Tempat Asyik Yang Wajib Dikunjungi

Bagi yang ingin mencari tempat wisata alternatif selain yang ada di Yogyakarta atau Solo tidak ada salahnya pergi ke kabupaten tetangga yaitu Klaten. Pasalnya jelas, ada banyak destinasi wisata asyik yang bisa dikunjungi di Klaten, termasuk wisata air.

Dari air terjun mini hingga umbul cantik hasil kreativitas warga desa, Klaten memiliki banyak tempat wisata bertema air yang menawarkan banyak keseruan, termasuk destinasi selfie hingga sekedar mendinginkan diri. Tertarik mengunjungi tempat wisata air di Klaten, berikut beberapa di antaranya. Lihat, ya!

1. Umbul Gedaren menyenangkan dan cocok untuk terapi kesehatan

Umbul Gedaren | Wisata air KlatenKredit gambar: @umbulgedaren (kiri), @van_rizkie (kanan)

Tak hanya bernuansa asyik, Umbul Gedaren disebut-sebut memiliki kolam yang bisa digunakan untuk terapi penyembuhan berbagai jenis penyakit. Memiliki mata air alami yang jernih dan pepohonan rindang di sekitarnya, tempat wisata air di Klaten yang juga dikenal dengan nama Umbul Tirto Pawitro Sari ini memiliki banyak fasilitas penunjang, jadi tidak perlu bingung jika ingin mencari makan atau beribadah .

Lokasi: Jl. Klaten – Jatinom No.7, Gedaren, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

2. Umbul Besuki yang tidak kalah kerennya

umbul besuki | Wisata air KlatenKredit gambar: @albertus_bagusr (kiri), @juragan_santuy (kanan)

Berada di kawasan Ponggok, Umbul Besuki merupakan salah satu alternatif wisata air yang bisa dikunjungi selain Umbul Ponggok. Selain mandi di kolam dengan mata air jernih di bawah pepohonan rindang, kamu juga bisa berfoto selfie atau wefies untuk menambah konten Instagram mengingat pemandangan yang ditawarkan cukup Instagenic.

Lokasi: Dk, Kiringan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 8.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: 3.000 IDR per orang

3. Gong Air Alami

Gong Klaten Air | rekreasi airKredit gambar: @pras_djoyobisono

Dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, Gong Klaten Air kini telah berubah menjadi tempat wisata air yang bersih dan alami. Mengambil aliran sungai Gejikan yang memiliki mata air dari Sigedang dan Kapilaler, Water Gong memiliki banyak hal seru untuk dinikmati, mulai dari airnya yang jernih dan segar, sehingga bisa dijadikan tempat mandi atau sekedar bermain air, bahkan memandangi keindahan dan kebersihan lingkungan. bisa menjadi terapi tersendiri untuk kesehatan mental. Ada juga ikan mujair yang disebar dan menambah keunikan tempat wisata air di Klaten ini.

Lokasi: Area Taman / Swah, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 8.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 5.000 IDR per orang

4. Umbul Siblarak yang mulai menabrak

Umbul Siblarak | Wisata air KlatenKredit gambar: @tryarta

Umbul Siblarak merupakan salah satu tempat wisata air baru di Klaten yang semakin populer. Tidak hanya menawarkan air yang jernih, pemandangannya juga sangat mengagumkan. Terdiri dari dua buah kolam, umbul ini berada di tengah persawahan yang menyuguhkan suasana asri dan alami. Mata air yang jernih juga memastikan pengunjung yang bermain di umbul ini akan merasa segar. Ditambah dengan sejumlah balon apung unik, kamu bisa berfoto untuk ditambahkan ke akun Instagram kamu.

Lokasi: Jatirejo, Sidowayah, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 5.000 IDR per orang

5. Umbul Kapilaler yang sangat natural

Kredit gambar: @ irfankamaluddin74

Jika ingin berendam di destinasi wisata air yang asyik di Klaten, Umbul Kapilaler bisa menjadi tujuan Anda. Tidak hanya airnya yang segar, tapi juga letak umbulnya yang juga sejuk dan terkesan alami. Ingin bersenang-senang lagi? Silakan selami dan lihat langsung pangkal spanduk yang dipenuhi dengan akar pohon yang tiada duanya.

Lokasi: Dk, Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 3.000 IDR per orang

6. Umbul Ponggok yang populer

Kredit gambar: @umbul_ponggok

Umbul Ponggok telah menjadi tujuan wisata paling populer di Klaten dalam beberapa tahun terakhir. Pemandangan bawah laut yang unik menjadi alasannya. Anda bisa menonton televisi, bersepeda, mengendarai sepeda motor atau "pergi ke sekolah" dan berbagai aktivitas lainnya. Menarik bukan?

Lokasi: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 15.000 IDR per orang

7. Umbul Cokro yang Instagenik

Kredit gambar: @gtumes

Siapa yang tidak suka bermain air? Apalagi jika airnya cukup dingin dan menyegarkan! Belum lagi nuansa dan suasananya yang juga asyik untuk dinikmati sepanjang hari. Di Mata Air Cokro, Klaten, Anda bisa mendapatkan “kemewahan” itu dan menikmati kesegarannya yang pastinya akan menyegarkan hati dan pikiran Anda.

Lokasi: Area Sawah, Cokro, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 7,500 IDR per orang

8. Umbul Manten yang trendi

Kredit gambar: @taufiqis_

Mau bagaimana lagi, selfie di Umbul Manten itu harus. Selain sebagai spot asyik untuk bermain air, umbul yang terletak di Klaten ini bersifat Instagenic. Tapi kalau mau lebih memahami sejarah umbul ini boleh saja, karena ada informasi sejarah yang panjang dan menarik untuk dinikmati.

Lokasi: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 8.000 IDR per orang

Baca juga: 24 Destinasi Wisata di Solo dan Sekitarnya yang Bisa Bikin Lupa Jogja

Dari daftar di atas, manakah destinasi wisata Klaten yang paling ingin Anda kunjungi?