Takut Terbang, Inilah Tips Dan Cara Mengatasi Kekhawatiran Tersebut!

<pre><pre>Takut Terbang, Inilah Tips Dan Cara Mengatasi Kekhawatiran Tersebut!

Tidak ada yang menyangka akan mendapat masalah dalam hidupnya, termasuk saat dia naik pesawat. Namun, tragedi yang terjadi bisa berdampak banyak pihak, termasuk jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jurusan Jakarta-Pontianak beberapa waktu lalu. Bisa dibilang, tragedi tersebut membuat sejumlah orang takut naik pesawat.

Ini ternyata tidak abnormal. Adalah normal bagi semua orang untuk merasakan ketakutan akan suatu kejadian. Selain itu, ada faktor lain yang bisa menimbulkan rasa takut terbang, misalnya klaustrofobia atau takut ketinggian.

Biasanya rasa takut naik pesawat muncul karena adanya kekhawatiran jika pesawat yang akan dinaiki mengalami malfungsi atau kecelakaan. Padahal catatan statistik menunjukkan bahwa naik pesawat untuk bepergian ke suatu tempat merupakan cara yang paling aman jika dibandingkan dengan menggunakan mobil.

Untungnya, ada sejumlah cara dan tip untuk mengatasi rasa takut terbang ini. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti!

1. Pahami cara kerja pesawat

Ketakutan muncul karena kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi. Oleh karena itu, mendapatkan informasi yang benar tentang apa yang ada di depan harus mengakhiri ketakutan itu.

Bagi mereka yang takut terbang dengan pesawat, sangat penting untuk memahami cara kerja pesawat. Misalnya, ternyata sebuah pesawat terbang tetap bisa terbang meski mesinnya mati, atau yang bisa menyebabkan turbulensi dan banyak lagi yang bisa dipahami.

2. Biasakan diri Anda dengan pesawat yang akan Anda naiki

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah juga berlaku untuk menghilangkan kekhawatiran dan ketakutan Anda saat Anda naik pesawat. Membiasakan diri dengan pesawat yang akan Anda naiki juga dapat membantu Anda meminimalkan kekhawatiran dan ketakutan.

Bagaimana caranya? Anda dapat meletakkan foto kabin pesawat sebagai background di laptop Anda, atau melihat video tentang pesawat yang Anda naiki dan semua layanannya. Dijamin, hal ini bisa membuat Anda semakin paham dengan pesawat yang akan Anda naiki nantinya.

3. Pilih tempat duduk Anda dengan bijak

Memilih tempat duduk juga bisa meminimalisir kekhawatiran dan ketakutan kamu, lho! Jika memungkinkan untuk bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman menurut Anda, pilihlah yang Anda inginkan!

Tempat duduk yang dekat dengan jendela tentunya bukan pilihan bijak bagi mereka yang takut ketinggian. Sedangkan jok di pelaminan memungkinkan Anda bergerak lebih leluasa.

4. Hindari media yang mempengaruhi Anda untuk takut naik pesawat

Saya pribadi menghindari menonton film Final Destination karena efeknya begitu dalam di ingatan saya. Seperti saya, menghindari film seperti ini bisa membantu mengurangi rasa takut Anda terbang.

Selain itu, tidak terlalu fokus pada berita tentang kecelakaan pesawat atau gambar tragedi yang mengerikan juga dapat membantu Anda mengatasi masalah ketakutan ini. Perlu diingat, kabar buruk adalah kabar baik yang diberitakan oleh media, jadi menghindari mengonsumsi berita terkait kecelakaan pesawat juga bisa membantu Anda mengatasi ketakutan tersebut.

5. Pada akhirnya, berpikir positif dan menyerah adalah cara terbaik untuk mengatasi rasa takut terbang

Ketakutan dan kekhawatiran itu ada di dalam pikiran. Jika Anda bisa terus berpikir positif dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa, Anda mungkin akan lebih tunduk dan tenang saat naik pesawat. Pada akhirnya, Anda sendiri yang bisa mengendalikan pikiran Anda.

Baca juga: 4 Tips untuk Meningkatkan Kemungkinan Bertahan dari Kecelakaan Pesawat

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi ketakutan dan kekhawatiran saat menerbangkan pesawat. Semoga ini bisa membantu Anda menjadi lebih percaya diri.


Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*