Makanan Khas Batam Dan Tempat Terbaik Untuk Mencobanya

<pre><pre>Makanan Khas Batam Dan Tempat Terbaik Untuk Mencobanya

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar Kota Batam? Pasti salah satunya kota ini sebagai pintu masuk ke Singapura atau Malaysia dari Indonesia ya? Itu memang salah satunya. Namun ada hal lain yang juga membuat Batam memang pantas untuk lebih dikenal, yaitu keistimewaannya yang luar biasa!

Karena letaknya yang strategis, Batam memiliki banyak keistimewaan yang merupakan wujud perpaduan dan akulturasi banyak budaya. Bagi pecinta kuliner Indonesia, menikmati semuanya adalah suatu keharusan. Untuk itu, berikut adalah daftar makanan khas Batam yang wajib Anda coba dan tempat terbaik untuk menikmatinya.

1. Mie kacang Selat Panjang yang enak

Mie Kacang Selat Panjang | Makanan khas BatamKredit gambar: Azhie Hu

Mi Kacang Selat Panjang merupakan salah satu makanan khas Riau yang wajib kamu nikmati saat berlibur di Batam. Daya tariknya ada pada mie kacangnya yang disajikan dengan siraman sambal kacang rasa udang. Dengan tambahan telur, taoge dan tahu sebagai topping, Mie Kacang Selat Panjang paling enak dinikmati dengan tambahan irisan cabai rawit. Kedai Ciau Kiat jadilah salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini.

Lokasi: Jl. Anggrek Permai, Baloi Indah, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 14.000 IDR

2. Nasi lemak khas Batam

Nasi lemak merupakan makanan khas melayu, namun di Batam sajian ini memiliki ciri khas tersendiri. Yang membedakan Nasi lemak Batam dari yang lain adalah lauk bilis yang ditumbuk halus dan ditaburkan di atas telur dadar. Momen paling asyik menikmati nasi lemak adalah saat sarapan karena porsinya pas untuk Anda mengawali hari. Warung Nasi Lemak Tanjung Batu bisa jadi tujuan untuk menikmati sajian ini.

Lokasi: Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, 7.00 – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari 5.000 Rupiah

3. Mucous noodle yang bikin jantung berdesir

Mie lendirKredit gambar: areloghy

Nama makanan khas Batam ini sebenarnya gak banget, tapi kalau dicoba dijamin bakal ketagihan. Biasanya menu sarapan pagi, mie lendir memiliki komposisi mie kuning dengan kuah kental dan tauge, bawang goreng hingga seledri. Tempat terbaik untuk menikmati mie lendir di Batam adalah di Warung Kopi Harum Manis.

Lokasi: Jl. Comp. Bumi Indah No.:10, Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 6.30 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 8.000 per porsi

4. Mie sagu yang kenyal

Mie Sagu | Makanan khas BatamKredit gambar: daithienn2

Karena bahan utamanya adalah sagu, maka tekstur mie tersebut jauh lebih kenyal dibandingkan mie biasanya. Namun dengan tambahan bumbu dan topping yang melimpah seperti telur, bakso ikan, udang dan potongan ikan, mie sagu menjadi salah satu makanan khas Batam yang sangat layak untuk dicoba oleh para pecinta kuliner. Lokasi terbaik untuk mendapatkan mie sagu ini adalah Mie Sagu Goreng Aphe.

Lokasi: Masakan Selat Panjang – Lucky Estate Blok B no 28, Batam
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 18.000

5. Mie tarempa yang legendaris

Mie tarempaKredit gambar: e_ndro

Mie tarempa adalah makanan khas Riau yang terkenal di Batam. Bentuk sajiannya mirip dengan mie Aceh, dengan tekstur yang kental dan kenyal, ditambah topping daging ikan. Penggunaan bumbu dapur sebagai bumbu masak membuat kuliner ini paling enak disantap saat hangat, atau saat hujan. Mie tarempa bisa disajikan kering atau basah. Mie Tarempa Batam Center bisa jadi tujuan mencicipi hidangan ini.

Lokasi: Ruko Royal Sincom, Blk. D No.15 – 16, Tlk. Tering, Kec. Kota Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, 8.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 8.000 per porsi

6. Gonggong (Nasi Dagong) yang asli Batam

Gonggong | Makanan khas BatamKredit gambar: pesonakepri_ri

Anda akan kesulitan menemukan makanan ini di luar Batam. Gonggong merupakan biota laut yang hidup endemik di Kepulauan Riau. Bentuknya seperti keong atau keong dan bisa dinikmati dengan membersihkan dan merebusnya terlebih dahulu. Anda bisa menikmati gonggongan sebagai camilan, atau menjadikannya bagian dari nasi lemak dengan nama Nasi Dagong. Jangan tanya soal rasa, dijamin enak.

Lokasi: Toko Teh Tarik Raja – Komplek Nusantara Golden, Jl. Raja H. Fisabilillah Blok A No.7, Tlk. Tering, Kec. Kota Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, 7.00 – 16.00 WIB
Harga: Nasi dagong mulai dari Rp 10.000 per porsi, gonggongan Rp 15.000 per porsi

7. Sup ikan Batam yang menyegarkan

Sup Ikan BatamKredit gambar: sopikanbatam.id

Jika ingin mencari penyegar kuliner, sop ikan Batam bisa jadi pilihan. Dengan bahan dasar ikan, udang, dan cumi-cumi seporsi soto akan tersaji dengan kuah segar yang gurih dan hangat, ditambah nasi putih. Jika Anda ingin menambah kenikmatan, jangan menyerah cabai, minyak wijen, dan sawi asin. Sup Seafood Spesial Yong Kee menjadi tempat makan yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati hidangan dengan kualitas terbaik ini.

Lokasi: Comp. Hup Seng, Jl. Raja H. Fisabilillah No.5-8, Tlk. Tering, Kec. Kota Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 7.30 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 18.000

8. Luti gendang, snack yang renyah tapi enak

Luti Gendang | makanan khas batamKredit gambar: e_ndro

Batam juga punya roti khas luti gendang. Roti berbahan dasar tepung ini biasanya berisi suwiran ayam suwir atau tuna suwir. Menggunakan bumbu khas melayu sebagai bumbu masak, luti gendang memiliki cita rasa yang khas untuk dinikmati. Waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah setelah digoreng sambil menyeruput teh atau kopi.

Lokasi: Luti Gendang Tok Ngah – Jl. Raja Isa, Baloi Permai, Kec. Kota Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional: Setiap hari, 6.00 – 22.00 WIB
Harga: Rp 4.000 per benih

9. Kue Bilis khas Batam

Kue Bilis |Kredit gambar: nurrochmaningrum

Apa jadinya jika blackfish dijadikan camilan berupa molen? Sehingga namanya menjadi bilis molen, dan makanan ini menjadi salah satu kuliner khas Batam yang nikmat. Memiliki nama lain bilis gulung atau kue bilis, kue ini berisi ikan bilis yang dibungkus dengan tepung kulit sebelum digoreng hingga kering. Rasanya enak juga dan makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh juga lho!

Harga: Rp 30.000 per 300gr

Baca juga: 15 Destinasi Wisata di Batam yang Keren dan Wajib Dikunjungi

Banyak sekali kuliner khas Batam yang bisa kamu coba, bukan? Kuliner mana yang paling ingin kamu nikmati?