Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Evakuasi Korban Berlanjut

<pre><pre>Sajikan Rute Domestik Pada 13 Mei 2020, Ini adalah Kondisi Terbang Sriwijaya Air

Kabar positif datang dari proses evakuasi dan pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Salah satu bagian kotak hitam pesawat Sriwijaya Air dengan nomor registrasi PK-CLC ditemukan pada Selasa (12/1) sore.

Komponen yang ditemukan dari "kotak hitam" adalah Perekam Data Penerbangan (FDR), sedangkan Cockpit Voice Recorder (CVR) masih dicari.

Kotak hitam FDR segera dievakuasi ke daratan oleh tim penyelam TNI AL, dibawa ke JICT 2 sebelum diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diunduh dan dianalisis. Proses analisis dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya Air tujuan Jakarta-Pontianak.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, pencarian komponen black box lainnya, yakni CVR, akan dilanjutkan hari ini. Proses pencarian dilakukan dengan mengikuti sinyal yang keluar dari CVR yang letaknya tidak jauh dari lokasi penemuan FDR.

Marsekal Hadi menambahkan, selain pencarian CVR, proses evakuasi korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 dan pengangkatan badan pesawat akan terus dilakukan.

Saudara-saudara, operasi belum selesai karena kami akan terus mengevakuasi para korban, termasuk seluruh bagian tubuh pesawat. Kami juga akan berusaha mengeluarkannya, ”kata Marsekal Hadi dalam keterangannya hari ini.

Badan pesawat itu guna melengkapi data-data yang dibutuhkan KNKT sehingga di titik di mana pesawat SJ 182 ditemukan akan terus mengevakuasi korban dan potongan-potongan pesawat tersebut, kata Panglima TNI.

“Saya yakin dengan pekerjaan yang profesional dan didukung peralatan yang mumpuni dari KRI Rigel dan Baruna, kita juga bisa menemukan pencarian suara kokpit yang suaranya ditemukan hari ini. Mudah-mudahan apa yang menjadi target kita bisa segera terwujud,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1), setelah sebelumnya kehilangan kontak. Pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak itu mengangkut 62 penumpang, baik itu awak pesawat, pilot, dan co-pilot.

Hingga berita ini diturunkan, empat korban telah teridentifikasi, yakni korban atas nama Fadly Satrianto warga Surabaya, Jawa Timur, Khasanah asal Pontianak Barat, Kalimantan Barat, Asy Habul Yamin warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan dan Okky. Bisma, warga Kramat Jati, Jakarta Timur.

Baca juga: 4 Tips untuk Meningkatkan Kemungkinan Bertahan dari Kecelakaan Pesawat


Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*