Jadi Travel Influencer, Kamu Wajib Kuasai Tips dan Keterampilan Ini!

<pre><pre>Jadi Travel Influencer, Kamu Wajib Kuasai Tips dan Keterampilan Ini!

Pernahkah Anda berkeinginan menjadi influencer perjalanan? Ya, menjadi travel influencer adalah salah satu profesi paling menarik saat ini. Bagaimana tidak, Anda bisa berwisata ke berbagai destinasi di dalam dan luar negeri, berbagi tips dan panduan perjalanan, berkontribusi semaksimal mungkin untuk bisa menghidupkan kembali perekonomian daerah atau aktivitas apapun yang menginspirasi orang-orang di sekitar Anda. Menarik kan?

Namun, untuk menjadi travel influencer yang mendapat perhatian publik, ada sejumlah skill yang harus Anda miliki. Asyiknya, semua skill tersebut bisa dipelajari, lho! Dengan pandemi Covid-19 yang membatasi pergerakan hampir semua orang, momen ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengasah skill dan meningkatkan skill untuk menjadi travel influencer yang berkualitas.

Mau tahu skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi travel influencer yang berkualitas, simak tipsnya di bawah ini:

1. Memperdalam kemampuan bahasa

Anda harus menguasai minimal dua bahasa sebagai bekal untuk luar negeri, bahasa lokal dan bahasa Inggris. Tetapi sekarang akan lebih membantu jika Anda menguasai lebih dari dua bahasa ini. Mandarin, Spanyol, dan Jerman bisa menjadi bahasa yang Anda pelajari selama periode pandemi ini.

Belajar dimana? Saat ini ada banyak tempat untuk belajar bahasa, dari portal online seperti Mango atau aplikasi seperti Duolingo. Masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda pilih untuk mengasah kemampuan bahasa asing Anda.

Baca juga: Aplikasi Pembelajaran Bahasa untuk Mempersiapkan Liburan ke Luar Negeri

2. Meningkatkan kualitas gambar

Baik video atau foto, keduanya penting dalam dunia perjalanan. Maka dari itu, sebagai seorang travel influencer, menguasai kemampuan mengambil video atau foto tentu menjadi skill yang sangat membantu untuk dikuasai.

Untuk memperdalam kemampuan Anda dalam mengambil gambar, baik bergerak maupun tidak, ada banyak tempat untuk melakukannya, berbayar atau gratis, online atau offline. Yang harus Anda lakukan adalah meluangkan waktu dan membuat komitmen untuk belajar dan belajar.

3. Perhatikan siapa yang akan menjadi pesaing

Tidak semua pesaing buruk. Padahal, Anda bisa mengambil banyak hal dari kompetitor, baik itu ide dasar, skill hingga inspirasi lainnya. Anda juga dapat melihat pesaing Anda dan mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak perlu dilakukan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan menganalisis situasi dan memantau media sosial. Anda bisa mendapatkan banyak pelatihan gratis di Udemy terkait media sosial dan analisis pesaing.

4. Meningkatkan kualitas pengiriman

menjadi influencer perjalanan

Travel influencer tidak akan menarik perhatian masyarakat jika tidak memiliki kualitas penyampaian yang baik, baik secara lisan, tulisan maupun melalui gambar. Itulah mengapa sangat penting memiliki keahlian khusus untuk menyampaikan pesan yang Anda sampaikan.

Jika Anda ingin menyampaikan pesan melalui tulisan, sangat penting untuk menyusun kata-kata untuk mengekspresikan perasaan Anda. Begitu pun bagi Anda yang ingin menyampaikan pesan melalui gambar bergerak maupun gambar diam. Pada akhirnya, teknik pengemasan pesan akan menjadi keterampilan yang menentukan apakah Anda bisa menjadi travel influencer yang berkualitas atau tidak.

5. Pelajari cara terhubung dengan pengikut

Sebagai travel influencer, sangat penting bagi Anda untuk bisa menjaga hubungan baik dengan para pengikut. Siapa tahu, pengikut yang ada bisa memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas konten yang akan Anda buat.

Untuk itu, Anda bisa belajar banyak hal untuk bisa menjaga hubungan dengan followers, mulai dari strategi media sosial hingga penggunaan alat kampanye yang tepat. Percayalah, dengan semua itu, dijamin followers Anda akan meningkat dan konten Anda bisa sangat variatif.

Baca juga: Influencer Travel Keren dan Menginspirasi di Indonesia

Banyak yang harus dipelajari? Tidak juga. Bisa jadi kamu sudah menguasai sejumlah ability dan skill di atas dan hanya meningkatkan beberapa hal saja. Jadi tunggu apalagi, ayo terus belajar menjadi travel influencer yang baik!

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!