Inspirasi Liburan Di Rumah Yang Menguatkan Kebersamaan Keluarga

Inspirasi Liburan Di Rumah Yang Menguatkan Kebersamaan Keluarga

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dan sekitarnya membuat banyak warga ibu kota mati gaya. Karena banyak destinasi wisata yang ditutup untuk sementara waktu, dan bepergian ke luar kota bukan hal yang memungkinkan karena risiko pandemi Covid-19, liburan di rumah saja menjadi hal yang paling masuk akal dan pintar untuk dilakukan.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan di rumah saja. Namun bila kamu masih bingung dengan apa yang harus dilakukan, di bawah ini bisa menjadi inspirasi menarik untuk diikuti. Lihat daftarnya di bawah ini, ya!

1. Ayo pesta kebun!

Jika memang rumah kamu memiliki halaman yang cukup lapang, atau apartemen tempat kamu tinggal memiliki public area yang luas, mengapa tidak mencoba berpesta kebun untuk aktivitas liburan di rumah?

Selain bisa menikmati makanan piknik yang sengaja disiapkan untuk aktivitas ini, pesta kebun di luar ruang juga membantu kamu mendapatkan asupan Vitamin D melimpah dari sinar matahari di luar sana. Asyik, kan?

2. Berkemah pun boleh juga!

Tidak bisa menuju bumi perkemahan favorit, atau taman nasional untuk dikunjungi, berkemah pun tetap bisa dilakukan di halaman rumah atau rooftop rumah kamu. Kamu masih bisa tetap bersantai di bawah langit, tapi tanpa harus meninggalkan rumah dan segala kemewahan di dalamnya.

3. Berkebun dan merawat tanaman

Masih untuk yang punya halaman rumah yang lapang, berkebun bisa menjadi aktivitas liburan yang menarik untuk dilakukan. Kamu bisa memanen buah-buahan, atau memetik bunga atau bahkan sekadar berfoto dengan latar belakang tanaman hijau di belakang kamu.

Bagi yang tidak punya halaman yang luas di rumah, kamu bisa membuat vertical garden, atau menekuni hidroponik yang tidak membutuhkan lahan yang lapang. Dijamin tetap seru dan ruang di rumah kamu bisa tetap hijau dan asri.

4. Menekuni hobi memasak dan mengajak semua anggota keluarga ambil bagian

Memasak itu mengasyikkan, tapi yang jauh lebih menyenangkan jika ada banyak orang yang terlibat di dalamnya. Memasak kue misalnya, setiap tugas bisa dilakukan oleh anggota keluarga tertentu.

Baca juga: Kelas Memasak Online Yang Menarik Untuk Diikuti Saat #Dirumahaja

Tugas mengaduk adonan dengan mixer bisa diserahkan kepada si kecil, misalnya. Sementara ayah bisa membantu menyiapkan takaran bahan. Ibu bisa mengambil tugas menghias dan membuat tampilan kue menjadi lebih menarik, memasukkan adonan ke oven. Setiap tugas pun bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan bila disertai iringan musik yang riang. Coba, deh!

5. Olahraga juga bisa sangat menyenangkan

Baca juga: Latihan Olahraga Di Rumah Untuk Persiapan Traveling Usai Pandemi

Salah satu pilihan kegiatan liburan di rumah saja adalah dengan berolahraga bersama. Buka akun YouTube kamu, cari pilihan olahraga di dalam ruang yang ada, klik yang menarik untuk dilakukan bersama keluarga, dan ikuti setiap gerakannya! Mau yoga, senam kesegaran jasmani hingga zumba, dijamin bakal membawa keceriaan, deh!

Baca juga: Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Masa Karantina #Dirumahaja

6. Main game atau nonton film bersama

Bisa jadi kamu sudah main game atau nonton film tiap hari selama masa PSBB. Namun, semua kegiatan tersebut kamu lakukan sendirian, bukan? Nah, agar lebih menarik, coba melakukan dua kegiatan tersebut dengan bersama anggota keluarga yang lain, bersama-sama.

Baca juga: Game Online Terbaik 2020 Yang Wajib Kamu Coba Saat #Dirumahaja

Main game mobile? Jangan dulu. Coba bermain console game seperti PS 4 atau Xbox kamu untuk permainan yang dimainkan bersama di ruang televisi, seperti game balapan, kejar-kejaran dan sebagainya, dijamin jadi lebih seru, deh!

Pun demikian dengan nonton film. Pilih genre dan judul film yang cocok dinikmati bersama keluarga, dan tonton di layar televisi kamu di ruang keluarga. Jangan lupa siapkan sejumlah camilan untuk menambah keseruan menonton film. Asyik, kan?

Baca juga: Film Pendek Indonesia Yang Seru Ditonton Di Rumah Aja

7. Mengubah tampilan interior rumah

Nah, ini bisa menjadi aktivitas yang menantang. Bagaimana tidak, setiap anggota keluarga pastinya memiliki keinginan masing-masing untuk menentukan posisi yang asyik dan seru untuk menempatkan furnitur yang ada di dalam rumah, dan juga hiasan ke posisi yang baru.

Penting sekali untuk menuangkan keinginan dan harapan, berdiskusi satu sama lain untuk mencari posisi yang pas buat kursi sofa atau letak televisi, atau apapun itu. Bahkan, bukan tidak mungkin hasil diskusi berakhir dengan pembelian furnitur baru untuk mempercantik rumah. Waduh, bisa tekor, nih!

Untuk si kecil yang punya kamar sendiri, mereka bisa dibebaskan mengatur ulang perabotannya. Bahkan mereka bisa memilih warna kamar mereka, mengecatnya dengan bantuan ayah dan ibu tentunya. Dijamin mereka bakal senang, deh!

Baca juga: Film Online Gratis Legal Yang Bisa Kamu Tonton Saat #Dirumahaja

Masih banyak aktivitas liburan lain di rumah yang bisa dilakukan, lho! Mulai dari memperbaiki sepeda, menekuni kembali hobi kamu, membuat kerajinan atau menyusun rencana liburan selain di rumah setelah pandemi berakhir nanti. Bagaimana, layak dicoba?

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!