Dia berseru Bepergian ke Tamansari Yogyakarta

Avatar

Pemandian Raja dan Ratu di TamansariPemandian Raja dan Ratu di Tamansari

Yogyakarta layak disebut julukan khusus. Selain terkenal karena keramahan warganya dan ketebalan budayanya, Yogyakarta juga memiliki sejuta tempat wisata yang indah. Selain keraton yang sangat terkenal sebagai ikon kota Yogyakarta, ada juga tempat wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Tamansari. Terletak di dekat Kraton Yogyakarta. Anda bisa mengatakannya masih rumit.

Dikatakan bahwa Tamansari adalah tempat pemandian bagi para putri kerajaan. Lokasi Tamansari tidak jauh dari kompleks istana dan Lapangan Kidun di Yogyakarta. Jika teman Anda malas berjalan, Anda bisa menggunakan jasa becak yang biasanya berharga Rp. 10.000. Anda dapat berjalan-jalan ke tiga tempat wisata yaitu Istana Yogyakarta, Alun-alun Selatan Yogyakarta, dan Tamansari. Untuk dapat memasuki kompleks wisata Tamansari, teman-teman hanya perlu membayar Rp5.000 untuk wisatawan lokal. Rp. 1.000 untuk tiket akses menggunakan kamera digital di kawasan wisata. Bagi teman-teman yang akan mengunjungi Tamansari sebaiknya datang di pagi hari, agar lebih puas dan bisa menjelajah semua wisata yang ada. Objek wisata ini akan ditutup pukul 15:30 WIB.

Selain memandikan para putri dan ratu kerajaan, di kawasan Tamansari teman-teman juga dapat menikmati beberapa tempat wisata lainnya, seperti Masjid Bawah Tanah dan Wisata Tebing. Tujuan ini adalah tujuan lain karena bangunannya instagramable.

Tur tebing Instagramable di Tamansari 2Tur tebing Instagramable di Tamansari

Di Masjid Bawah Tanah, teman-teman dapat menikmati arsitektur masjid yang sangat unik di mana lantai bawahnya berada di bawah tanah. Sementara untuk bangunan lantai 2 mulai muncul ke permukaan. Selain pemandian, Masjid Bawah Tanah ini memang merupakan salah satu objek yang paling dicari pengunjung ketika mengunjungi Tamansari. Ini karena arsitekturnya sangat unik. Tidak jarang banyak pengunjung yang datang karena penasaran dengan masjid yang dikatakan bawah tanah. Selain itu, objek wisata "Tebing" yang juga masih ada di kompleks pariwisata Tamansari juga merupakan salah satu tempat favorit pengunjung. Keindahan arsitektur bangunan termasuk dalam salah satu tempat instagramable.

Bagi teman-teman yang mencari oleh-oleh, mereka tidak perlu khawatir karena di sepanjang jalan desa yang terletak di sebelah objek wisata Tamansari, mereka juga menawarkan suvenir seperti pakaian Yogyakarta, pakaian batik, pakaian Yogya, makanan ringan Yogya dan banyak lagi lebih. Bagi mereka yang tertarik belajar membuat batik, Anda dapat memanfaatkan layanan dari beberapa pengrajin batik di sekitar desa.

Kolam Pemandian di TamansariKolam Pemandian di Tamansari

Oh ya, karena Tamansari adalah objek wisata terkenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan asing dan lokal, tentu saja dalam hal fasilitas publik tidak ada keraguan. Bagi wisatawan Muslim juga tidak perlu khawatir karena ada masjid di sekitar kawasan wisata. Bagi teman-teman yang ingin menghabiskan malam tentunya juga tidak perlu khawatir karena Yogyakarta adalah kota yang ramah untuk penginapan. Mulai dari harga backpacker hingga kelas hotel bintang lima akan sangat mudah ditemukan di Yogyakarta.

Objek wisata legendaris lainnya yang masih dekat dengan kompleks wisata Tamansari selain Kraton Yogyakarta adalah Malioboro, jalan yang semakin hangat dan suasananya ditambah dengan musik gamelan di sepanjang jalan Malioboro.

Pintu Masuk Wisata TamansariPintu Masuk Wisata Tamansari

Di Malioboro, teman-teman saya dapat berfoto di tempat foto legendaris yang merupakan rambu jalan bertuliskan Jl. Malioboro. Karena Malioboro adalah surga bagi oleh-oleh, maka jadilah sangat pandai dalam memilih dan menawar oleh-oleh. Bagi saya, harga termurah untuk kaos bertuliskan Yogyakarta adalah Rp.

Selain suvenir murah, Yogyakarta adalah surga bagi angkringan. Bagi Anda yang penasaran dengan nasi kucing khas angkringan di Yogyakarta, Anda bisa menikmati nasi kucing yang dijual bersama Maliobro dengan harga Rp 2.500 dan makanan gorengan mulai dari Rp 500-1.000. Woooww sangat berharga sekali untuk backpacker seperti saya. Oh ya, konon mereka belum ke Yogya, jika belum makan hangat, teman-teman bisa menikmati nasi hangat Yogyakarta di sekitar Jalan Malioboro dengan harga Rp 15.000. Nikmati kota khusus teman-teman.