Biaya Pajak Bandara Ditanggung Pemerintah, Harga Tiket Pesawat Akan Turun

<pre><pre>Citilink pindah ke Terminal 3 Soekarno Hatta mulai 23 Juli 2020

Mulai 23 Oktober 2020, pemerintah Indonesia akan menanggung biaya Passenger Service Charge (PSC) atau Aircraft Passenger Services atau lebih akrab disebut airport tax di 13 bandara di Indonesia.

Kebijakan untuk menanggung biaya pajak bandara yang sebelumnya harus ditanggung oleh masyarakat yang membeli tiket pesawat tersebut, dituangkan dalam surat dari Kementerian Perhubungan bernomor AU.006 / 1/24 / Phb 2020 yang menyatakan adanya stimulus. untuk Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U). Kebijakan tersebut juga sebagai bentuk stimulus yang diberikan pemerintah dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian domestik, ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto saat konferensi media virtual, Kamis (22/10). .

“Setiap penumpang tidak dibebani biaya PSC, karena akan dikeluarkan dari komponen biaya tiket, dan biaya PSC akan ditagihkan oleh operator bandara kepada Pemerintah,” kata Novie.

Novie menjelaskan, stimulus PJP2U ini diberikan kepada seluruh penumpang mulai hari ini hingga 31 Desember 2020, dengan pemberangkatan sebelum 1 Januari 2021. 13 bandara tersebut antara lain Bandara Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Hang Nadim (BTH), Bandara Kualanamu Medan ( KNO), Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS), Internasional Yogyakarta Kulon Progo (YIA), Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP), Bandara Internasional Lombok Praya (LOP), Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG), Bandara Sam Ratulangi Manado (MDC) ), Bandara Komodo Labuan Bajo (LBJ), Bandara Silangit (DTB), Bandara Banyuwangi (BWX), dan Bandara Adi Sucipto (JOG).

Dengan adanya penghapusan bea masuk bandara pada penumpang yang menjadi tanggungan pemerintah, diharapkan harga tiket pesawat yang mendarat di 13 bandara tersebut bisa turun.

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Jangan Liburan di Zona Merah Covid-19!

Meski ada stimulus pendanaan, namun penumpang dan masyarakat umum diharapkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir dan menjaga jarak.

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!