Apakah Sumba Cocok untuk Destinasi Liburan Tahun Depan? Cek Dulu!

<pre><pre>Apakah Sumba Cocok untuk Destinasi Liburan Tahun Depan? Cek Dulu!

Keindahan alam Indonesia yang sangat kaya memang pantas banyak dikunjungi wisatawan asing untuk datang ke Indonesia. Bukan hanya pulau Bali yang menjadi saksi keindahan alam Indonesia. Nusa Tenggara Timur memiliki Pulau Sumba yang juga memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya.

Saking indahnya Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur, banyak fotografer bahkan melakukan berbagai pemotretan di pulau ini.

Jika anda memang menyukai liburan dan ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda dari sensasi liburan yang selama ini anda rasakan di Bali, anda bisa datang langsung ke Sumba dan menikmati berbagai potensi wisata yang ada disana. Anda dapat melihat daftar wisata apa pun di Sumba dalam daftar informasi berikut. Mari kita periksa secara lengkap!

Daftar Pariwisata di Sumba, Nusa Tenggara Timur

1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri (Rimbakita)
Pantai Walakiri (Rimbakita)

Alamat : Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non-stop kecuali pada hari Minggu (tutup hari Minggu)
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang untuk wisatawan domestik, Rp 25.000 untuk wisatawan asing

Pernahkah Anda melihat pantai yang ditumbuhi pepohonan rindang di sekitarnya? Jika Anda belum pernah melihat pemandangan seperti itu, datang saja ke Pantai Walakiri di Sumba dan temukan pesona alam yang luar biasa di sana.

Pesona pantai dengan air laut yang sangat jernih dilengkapi dengan pepohonan bakau rindang yang letaknya bersebelahan memberikan pesona alam tersendiri bagi wisata pantai di Sumba. Selain memiliki keunikan berupa pohon bakau yang memberikan suasana pantai yang teduh, hal menarik lainnya dari wisata Pantai Walakiri adalah tekstur pantainya yang memiliki dua jenis.

Di pinggir pantainya, pasir di Pantai Walakiri memiliki tekstur butiran yang kasar dengan warna putih gading seperti pasir di pantai pada umumnya. Namun pada bekas air surut di Pantai Walakiri, tekstur pasirnya lebih halus seperti bubuk atau semen basah.

Buat kamu yang hobi bermain air, bisa kok bermain air saat berwisata di Pantai Walakiri. Sesekali Anda bisa berenang di tepian pantai dan jangan lupa mengabadikan momen dengan berfoto. Pastinya akan banyak sekali foto-foto keren dan keren yang bisa kamu abadikan selama liburan di Pantai Walakiri Sumba.

2. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu, Sumba (pariwisata bisnis)
Pantai Nihiwatu, Sumba (pariwisata bisnis)

Alamat : Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non-stop
Harga tiket masuk : Untuk memasuki Pantai Nihiwatu, Anda harus menginap di sebuah resor di sekitarnya

Kalau pantai ini merupakan pantai yang dinobatkan sebagai "The Hidden Paradise of Indonesia". Eksotismenya bahkan menjadikan Pantai Nihiwatu salah satu dari 100 pantai terindah di dunia dan menempati urutan ke-17.

Pantai Nihiwatu merupakan pantai dengan ombak yang kuat. Karena memiliki ombak yang kuat, menjadikan Pantai Nihiwatu sebagai salah satu destinasi surfing di Nusa Tenggara Timur.

Banyak peselancar profesional yang menguji keganasan ombak untuk kegiatan selancar mereka. Dengan ombak yang kuat dan ganas yang dimiliki oleh Pantai Nihiwatu, pantai ini disebut Dewa Kiri.

Pantai Nihiwatu sering mendapat kunjungan dari wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Di sekitar pantai terdapat banyak hotel dan resort yang bisa menjadi pilihan Anda untuk bermalam. Beberapa hotel dan resort dibangun menghadap ke pantai untuk memberikan suasana bermalam yang menyenangkan bagi setiap tamu yang menginap.

Jika Anda lapar dan ingin menyantap makanan sambil bersantai, terdapat restoran yang menghadap ke pantai yang menjadi tempat yang cocok untuk Anda sarapan, makan siang atau makan malam selama berada di Sumba.

3. Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro (localguidesconnect)
Pantai Ratenggaro (localguidesconnect)

Alamat : Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non-stop
Harga tiket masuk : Hanya perlu membayar biaya parkir

Pantai Ratenggaro merupakan tempat wisata yang menyuguhkan perpaduan antara wisata alam dan wisata budaya. Pantai ini merupakan pantai yang masih sangat alami. Pasir putihnya juga sangat bersih.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Pantai Ratenggaro. Anda bisa berenang, berselancar, atau sekedar jalan-jalan dan berfoto. Bagi anda yang ingin datang ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Sumba menuju tempat dimana Pantai Ratenggaro berada.

Jika ke Pantai Ratenggaro nilai plusnya selain bisa menikmati pesona pantai dengan pasir putihnya yang bersih juga bisa menemukan pesona kampung adat bernama Kampung Adat Ratenggaro. Suasana seperti apa yang akan Anda temukan di Kampung Adat Ratenggaro ini?

4. Desa Adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro (hipwee)
Desa Adat Ratenggaro (hipwee)

Alamat : Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Tim Nusa Tenggara.
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non-stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kampung Ratenggaro adalah sebuah desa di pinggir Pantai Ratenggaro yang penduduknya hingga saat ini masih memegang teguh kepercayaan dan adat istiadat setempat. Di desa ini, Anda akan menyaksikan banyak hal menarik.

Selain rumah adat yang sangat khas dengan desain atap melengkung yang unik, di desa ini juga terdapat kuburan megalitik yang diawetkan sebagai tempat menguburkan jenazah atau jenazah nenek moyang serta jenazah warga sekitar yang meninggal.

Jika ingin menyiasati kampung adat ini, warga sekitar menawarkan jasa berkuda Sandelwood yaitu kuda khas Sumba untuk menjadi transportasi tradisional Anda saat berkeliling desa adat atau menyusuri pantai.

5. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang (sylviadwihartanti)
Air Terjun Waimarang (sylviadwihartanti)

Alamat : Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang untuk wisatawan domestik, Rp 25.000 untuk wisatawan asing

Bagi kamu yang suka trekking, wajib banget untuk mengunjungi wisata air terjun di Sumba yang bernama Air Terjun Waimarang. Air Terjun Waimarang merupakan air terjun terindah di Sumba yang memiliki dinding bebatuan dengan tiga tingkat. Ketiga tingkatan tersebut mengalirkan air dengan aliran yang cukup deras.

Tingkat air terjun pertama merupakan tingkat tertinggi dengan debit air yang sangat deras, tingkat kedua merupakan tingkat air terjun dengan ketinggian 7 meter sedangkan tingkat ketiga merupakan tingkat terendah dengan ketinggian hanya 3 meter.

Jika ingin mengetahui kemana aliran air pada tiap tingkat air terjun maka air yang mengalir adalah air yang berasal dari kolam di atas tebing. Aliran air berjuang untuk menjadi satu ditampung oleh sebuah kolam dimana Anda bisa menggunakan kolam tersebut untuk berendam atau berenang.

Kolam ini tidak hanya memiliki air yang jernih, tetapi juga dikelilingi oleh tebing batu unik yang menambah pesona indah saat difoto. Untuk kamu yang suka foto sambil bermain air wajib datang ke Air Terjun Waimarang. Dapatkan pengalaman wisata yang tidak ada duanya hanya di Air Terjun Waimarang.

6. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur (wikipedia)
Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur (wikipedia)

Alamat : Ndapayami, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 2.000,00 – Rp 5.000,00 termasuk biaya parkir

Masih membahas tentang pesona air terjun di Sumba. Selain Air Terjun Waimarang yang unik dari tebingnya yang indah, ada juga air terjun lain yang tidak kalah cantiknya yaitu Air Terjun Tanggedu.

Jika berangkat dari pusat kota Waingapu, untuk sampai di Air Terjun Tanggedu jaraknya sekitar 46 km. Waktu yang perlu ditempuh sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi atau umum.

Sesampainya di lokasi tujuan wisata tidak bisa langsung sampai di air terjun. Anda masih harus melalui perjalanan. Anda masih harus berjuang dengan naik turun bukit yang memiliki jurang di sekelilingnya.

Tapi tenang saja, di sepanjang jalan kamu bisa berfoto-foto karena pesona pemandangan perbukitan yang ditawarkan untuk menuju Air Terjun Tanggedu tidak kalah indah dengan tujuan utama kamu.

Selain memiliki air terjun yang cantik, masih banyak wisata lain di Nusa Tenggara Timur yang wajib kamu jelajahi. Beberapa yang paling terkenal adalah Danau Wae Rebo dan Kelimutu di Flores. Jika Anda berniat untuk menjelajahinya, baca: Wisata Pulau Flores – Danau Kelimutu

Baca: Wae Rebo, Desa Eksotis Flores Yang Terkenal Di Kalangan Wisatawan

7. Bukit Warinding

Warinding Hill (kuyytravel)
Warinding Hill (kuyytravel)

Alamat : Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non-stop
Harga tiket masuk : Rp5.000,00 – Rp50.000,00

Meninggalkan pesona air terjun di Sumba, kini giliran kita membahas wisata bukit di Sumba. Sama halnya saat mengunjungi wisata air terjun tanggedu dimana anda harus tiba di tempat wisata dengan trekking, untuk menuju wisata Bukit Warinding anda juga perlu trekking menyusuri jalan yang cukup terjal.

Karena bukit ini berada di ketinggian, sedangkan di tempat wisata akan terasa udara yang cukup sejuk.

Jika datang kesini, ada dua hal menarik yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu menyaksikan pesona sunset atau matahari terbit yang mengesankan. Untuk mendapatkan momen sunrise yang indah, Anda bisa berkemah di atas bukit bersama rombongan.

Jangan lupa bawa senter dan berbagai perlengkapan pendukung untuk menemani aktivitas camping di Bukit Waringin. Cek juga perlengkapan camping Anda apakah sudah lengkap atau belum dengan membaca: 16 Perlengkapan Berkemah Penting yang Perlu Anda Miliki!

Jika Anda berasal dari luar kota sumba jangan lupa untuk mencari informasi tiket pesawat murah untuk menuju ke sumba atau pulang dari sumba agar bisa lebih berhemat. Baca: 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca juga: Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa rekomendasi wisata Sumba yang cocok untuk kamu kunjungi. Dapatkan pengalaman wisata yang menarik dan tidak ada duanya di Sumba dengan mengunjungi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan di atas. Selamat berlibur!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*