Angkutan Penumpang Covid-19, China Tangguhkan Dua Penerbangan dari Indonesia

<pre><pre>Angkutan Penumpang Covid-19, China Tangguhkan Dua Penerbangan dari Indonesia

Otoritas Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC) memutuskan untuk menangguhkan izin masuk maskapai asal Indonesia setelah diketahui bahwa mereka membawa penumpang yang dinyatakan positif Covid-19.

Dalam keterangan tertulis, CAAC menyebut setidaknya enam penumpang Sriwijaya Airlines penerbangan SJ-3124 rute Jakarta-Wuhan pada 6 November menunjukkan hasil positif pada tes usap. Untuk itu, CAAC menangguhkan penerbangan dari Indonesia pada rute Jakarta-Hangzhou dengan nomor penerbangan SJ-3184 mulai Senin (23/11), sedangkan rute Jakarta-Wuhan dengan nomor penerbangan SJ-3124 dibatalkan, seperti dilansir Antaranews.

Namun, Sriwijaya Air bukan satu-satunya maskapai yang jalur penerbangannya dibekukan karena penumpangnya positif Covid-19. Pesawat Air French dengan nomor penerbangan AF-198 dari Paris menuju Pudong Shanghai, serta KL-831 dengan rute Amsterdam-Hangzhou dan PK-854 (Islamabad-Xian), serta Eithiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET-606 (Addis Ababa-Guangzhou) dan penerbangan Air China CA-722 (Minsk-Zhengzhou) juga ditangguhkan selama seminggu.

Bentuk penangguhan penerbangan dari otoritas penerbangan sipil Tiongkok merupakan bentuk sanksi dan kontrol dari pemerintah Tiongkok atas penanganan Covid-19 oleh maskapai penerbangan. Selain pemberian sanksi, CAAC juga memberikan penghargaan berupa penambahan jadwal penerbangan jika tidak ada penumpang positif pada penerbangan sebelumnya.

Perlu diketahui, untuk bisa terbang ke China, calon penumpang pesawat diharuskan melakukan tiga tes sebelum terbang, masing-masing 72 jam dan 36 jam sebelum keberangkatan, ditambah tes IgM 48 jam sebelum terbang. Jika ketiga tes menunjukkan hasil negatif, penumpang akan mendapatkan sertifikat kesehatan.

Setibanya di China, penumpang juga diwajibkan untuk melakukan tes ulang, yaitu tes usap satu kali di bandara tujuan dan dua tes usap selama 14 hari masa karantina di fasilitas yang ditentukan oleh pemerintah.

Baca juga: Emirates puncaki daftar maskapai teraman, bagaimana dengan Indonesia?

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!