5 Fakta Menarik Tentang lawang Sewu, Wisata Semarang yang Penuh Misteri

instagram.com/yayoex.sr/

Siapa yang gak kenal sama lokasi wisata yang satu ini walau terkesan seram tapi masih aja banyak pengunjung yang penasaran dengan menariknya wisata asal semarang ini, terkenal dengan ceritanya yang mistis tidak menyudutkan pengunjung untuk datang kesini loh… kenapa sih ? Ternyata nih banyak tempat yang instagramable loh sobat markicabs uppss, tunggu dulu yuk kita lihat apa aja sih fakta menarik tentang wisata asal semarang jawa tengah ini jadi penasaran!

1. Nama “Lawang Sewu” Awalnya Gimana Sih ?

instagram.com/yayoex.sr/

Kalian tau gak si faktanya gedung ini memiliki 429 pintu nih sob, hanya karna nama gedung ini “Lawang Sewu” bukan berarti dia punya pintu seribu, walaupun dalam bahasa jawa lawang sewu artinya pintu seribu.

Nama awal berdirinya gedung ini adalah Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij, jadi nama awal dari gedung ini bukan lawang sewu yah sob.

2. Lawang Sewu Awalnya Kantor Kereta Api

heritage.kai.id

Dulu lawang sewu merupakan kantor perusahaan (NIS)
Indische Spoorweg Maatscappi, perusahaan kereta api swasta asal Nedherland.

Pembangunan kantor ini dimulai pada tahun 1904 dan rampung pada 1907 yang diawali penggalian tanah sedalam 4 meter kemudian digantikanya dengan lapisan vulkanisir yang membuat bangunan ini anti gempa.

3. Lokasi Uji Nyali

www.instagram.com/moonyure

Tidak heran jika banyak yang mengira gedung ini adalah salah satu gedung yang menyeramkan, dan pernah dinobatkan sebagai tempat paling angker di Asia. Kosong bertahun tahun gedung peninggalan kantor belanda ini tidak terurus dan menyeramkan.

Gedung ini menjadi lokasi ujinyali acara sebuah stasiun TV pada tahun 2013, yang konon katanya menjadikan gedung ini menyeramkan kedua se Asia, setelah diketahui pesertanya meninggal setelah acara berlangsung karna horor yang menghantui.

4. Menjadi Saksi Bisu Melawan Tentara Jepang

instagram.com/yayoex.sr

14 Sampai 19 Oktober 1945 pertempuran lima hari semarang, menjadikan saksi bisu sekaligus momen sejarah bagi pemuda (AMKA) Angkatan Muda Kereta Api, yang menjadikan gedung ini medan perang dengan tentara Kempetai dan Kidobutai.

5. Lawang Sewu Berubah Menjadi Kota Wisata

instagram.com/monikinom

disamping ceritanya yang angker, kini lawang sewu menjadi tempat wisata yang wajib kamu singgahi jika berkunjung ke kota semarang ini.

Bangunan yang kaya akan sejarah, tempat yang megah setelah renovasi dan penyegaran pada tahun 2011, tidak lagi terlihat seperti bangunan yang menampakan berbagai penampakan yang menyeramkan.

Bagi kamu yang ingin berkunjung kesini, untuk tiket pengunjung hanya perlu membayar 10.000 rupiah untuk dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak, bagi kamu yang mau melihat ruang bawah tanah kamu harus menyewa tour guide sebesar 30.000 rupiah.

Nah gmana sob, jadi kapan kamu berkunjung ke Lawang Sewu ini ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*