15 Oleh-oleh Boyolali Yang Harus Anda Bawa Pulang! –

<pre><pre>15 Oleh-oleh Boyolali Yang Harus Anda Bawa Pulang! -

Sedang berwisata di Boyolali dan mencari oleh-oleh dari Boyolali untuk dibawa pulang? Banyak sekali oleh-oleh khas Boyolali yang bisa dibawa pulang. Ya, harus kita akui bahwa setiap daerah di Indonesia pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kami juga akan menemukan ini di daerah Boyolali.

Salah satu kabupaten di Jawa Tengah merupakan daerah penghasil sapi perah yang mampu mengolah produk susunya untuk berbagai jenis pengolahan. Oleh karena itu, potensi wisata kuliner yang juga dijadikan oleh-oleh sangat besar. Nah, jika kamu sedang liburan ke Boyolali dan sedang mencari oleh-oleh oleh Boyolali untuk dibawa pulang, berikut kami sediakan daftarnya!

Daftar oleh-oleh Boyolali untuk dibawa pulang

Karena kawasan Boyolali identik dengan sapi perah, maka dari itu Boyolali yang kami sebutkan kali ini rata-rata masih ada kaitannya dengan sapi perah. Jadi hasil ternak tersebut diolah warga Boyolali menjadi berbagai macam olahan untuk kemudian dikemas sebagai oleh-oleh.

Berikut beberapa oleh-oleh khas Boyolali yang bisa Anda bawa pulang, antara lain:

1. Susu sapi kemasan

susu sapi kemasan

Di Boyolali, mencari susu sapi kemasan tidak sulit. Hampir setiap outlet oleh-oleh Boyolali menyediakan susu sapi kemasan untuk ditawarkan. Ada yang masih mentah dan ada pula yang dikemas dalam kondisi kemasan matang.

Kalau suka susu sapi wajib bawa pulang oleh-oleh ini. Harga susu sapi kemasan yang dibandrol di boyolali tentunya murah karena disana ada susu sapi.

2. Oleh Boyolali Petis sapi

Selain susu sapi murni yang bisa dibawa pulang, susu olahan tidak hanya dikemas sederhana. Namun ada juga yang diolah menjadi beef paste. Nah, petis sapi ini bisa dijadikan bumbu masakan.

Jadi yang disebut petis, tidak semuanya terbuat dari udang atau bahan lainnya. Ada juga petis yang diolah dari susu sapi dan wajib dicoba sensasi yang diberikan. Harum dan super enak. Pokoknya kalau ke Boyolali harus bawa pulang sapi petis.

BACA JUGA : 20 Aplikasi Bepergian yang Wajib Dimiliki di HP Pelancong

3. Kulit sapi rambak

Pencinta rambak wajib datang ke Boyolali. Anda akan menemukan kuliner yang enak dan khas bernama rambak kulit sapi. Rambak kulit sapi ini merupakan kerupuk kulit sapi yang diolah dan memiliki cita rasa yang khas.

Jika Anda suka ngemil kerupuk, Anda wajib mencoba rambak kulit sapi ini. Rasa yang ditawarkan sangat berbeda dengan kerupuk lainnya tentunya. Harganya memang agak mahal, tapi tidak akan menyesal karena gurih renyahnya sangat menggiurkan dan membuat ketagihan setelah mencobanya.

4. Susu Dodol Boyolali

susu dodol

Oleh-oleh khas Boyolali ini mengandung banyak sekali nutrisi. Buat kamu yang sedang mencari kuliner khas Boyolali yang sehat dan dengan harga yang terjangkau bisa banget menjadikan susu dodol sebagai pilihan kuliner untuk dibawa pulang.

Dodol susu merupakan salah satu jenis souvenir yang tahan lama. Dodol susu khas Boyolali ini terbuat dari bahan susu segar pilihan yang aman tanpa tambahan bahan kimia atau pengawet. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh siapapun termasuk anak-anak.

5. Susu tahu

Buat kamu para pecinta wajib banget nyobain salah satu kuliner asli Indonesia yang sangat melegenda. Tahu susu boyolali merupakan salah satu jenis kuliner tahu yang rasanya berbeda dengan tahu pada umumnya.

Tahu susu memiliki rasa yang sangat sempurna. Anda akan merasakan sensasi perpaduan kedelai dan lelehan susu yang sangat creamy. Enak sekali!

6. Keju Boyolali

Jika Anda pecinta keju, jangan lupa untuk membeli keju di rumah. Keju Boyolali merupakan produk lokal yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Terbuat dari susu segar produksi lokal dengan kualitas yang sempurna. Jika Anda pecinta keju, Anda bisa membeli keju Boyolali di kawasan Selo dan Indrakila. Disitulah keju Boyolali diproduksi kemudian dijual sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

7. Iris dan dendeng

oleh Boyolalioleh Boyolali Abon / Dendeng

Sebagai salah satu daerah pemasok daging sapi terbesar di Indonesia, tak heran jika masyarakat setempat kemudian berkreasi dengan berbagai hal terkait sapi. Hasilnya adalah suwiran daging sapi dan dendeng yang kini menjadi ikon oleh-oleh oleh kota Boyolali.

8. Keripik lele dan lele diparut

oleh Boyolali

Selain sebagai daerah penghasil susu sapi perah, Boyolali juga merupakan pemasok ikan lele. Bahkan di kawasan Boyolali telah diresmikan sebuah desa bernama Kampung Lele.

Kampung Lele diresmikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono saat menjadi presiden Republik Indonesia. Dari situlah berbagai olahan lele dibuat. Anda bisa membawa pulang keripik fenomenal dan abon lele saat berlibur di Boyolali.

Untuk lele suwir diolah dari daging lele, sedangkan untuk kulit lele diolah dari kulit lele. Rasa yang ditawarkan oleh abon lele dan keripik lele tentunya berbeda dengan rasa abon dan keripik yang terbuat dari bahan lain. Nah, jika Anda penasaran, Anda bisa membeli suwiran dan keripik lele khas Boyolali untuk dibawa pulang.

Selain Boyolali yang punya banyak oleh-oleh, jika kamu liburan ke kawasan Malang juga banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Apa sajakah oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang saat liburan di Malang, baca: 10 Oleh-oleh Paling Terkenal Dari Malang

9. Keripik cakar

oleh Boyolali

Selain keripik lele, Boyolali juga memiliki varian keripik lainnya yaitu keripik ceker. Sesuai dengan namanya, bahan ceker ayam digunakan untuk membuat keripik tersebut. Tulangnya dibuang dan kulit serta sedikit daging ceker ayam kemudian disulap menjadi keripik yang renyah, gurih dan pastinya enak.

Kalau sudah ketemu keripik cakar khas Boyolali, bahkan orang yang tidak suka cakar pun dijamin akan ketagihan yang satu ini. Jadi, kalau mau cari oleh-oleh khas Boyolali yang anti mainstream dan tentunya awet dan murah bisa banget bawa pulang keripik cekernya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jangan sampai bikin tasnya pecah ya!

10. Keripik paru-paru

keripik paru oleh Boyolalioleh Boyolali Lung Chips

Masih membahas tentang olahan keripik buatan masyarakat Boyolali. Varian keripik lainnya adalah keripik paru yang juga gurih dan enak. Keripik pulmonal ini tidak hanya cocok sebagai camilan, tapi juga cocok sebagai lauk nasi. Enak sekali!

11. Oleh Boyolali: Mentho

oleh Boyolali Mentho

Mentho juga dikenal dengan nama lain lentho. Kuliner khas Jawa Tengah ini berbahan dasar singkong sebagai bahan dasarnya. Mentho memiliki cita rasa yang sangat gurih dengan perpaduan rasa kacang tolo dan kelapa yang tentunya sangat menggugah selera.

Mentho banyak dijual di pasar tradisional atau penjual gorengan di pinggir jalan. Kalau ke Boyolali dan mau bawa pulang mentho bisa minta mentahnya mentho lalu digoreng sendiri.

Oh iya kalau mau menyantapnya bisa langsung beli varian mentho yang sudah matang dan memakannya selagi hangat. Kuliner ini mengenyangkan karena terbuat dari bahan utama singkong.

Bagi Anda yang akan berlibur ke Boyolali atau daerah manapun dengan menggunakan kereta api, perlu mengetahui dan mengecek jadwal kereta terlebih dahulu. Nah mengecek jadwal kereta sangat mudah, Baca: Kamu Bisa Cek Jadwal Kereta Dengan Cara Mudah Ini!

12. Oleh Boyolali: Marning

oleh Boyolali Marningoleh Boyolali Marning

Last but not least, ada juga oleh-oleh Boyolali bernama Marning yang wajib kamu bawa pulang. Jika Anda menyukai makanan olahan yang berasal dari pritilan jagung kering, marning ini sangat cocok untuk camilan Anda.

Di Boyolali sendiri, marning merupakan anugerah yang sangat terkenal. Ada banyak toko yang menjualnya dan marning juga populer dengan berbagai rasa. Ada marning yang hadir dengan rasa original, ada yang asin, pedas, manis dan gurih.

Beberapa penjual marning bahkan sudah berkreasi dengan semakin banyaknya rasa yang dihadirkan seperti marning balado, marning barbeque, marning keju dan masih banyak lagi pilihan marning lainnya yang wajib banget untuk oleh-oleh.

Selain Boyolali, Indonesia memiliki banyak kawasan wisata lain yang tak kalah keren dan wajib dikunjungi para pelancong untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tidak ada duanya. Apa kawasan wisata lain di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi, baca: 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia yang Kalah di Luar Negeri!

Oh iya buat kalian yang puas jalan-jalan keliling boyolali dan masih punya waktu jalan-jalan lagi tidak ada salahnya kalau kalian yang sudah di jawa tengah pergi ke jogja. Ada banyak wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Baca: 17 Wisata Jogja Paling Populer dengan Wisata Alam yang Eksotis

Belum lagi pilihan wisata kulinernya juga banyak. Baca: 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Kembali ke topik, selain wajib banget cari oleh-oleh untuk dibawa pulang jika sedang travelling atau travelling ke Boyolali juga harus menikmati berbagai macam pilihan kuliner yang disajikan.

Lho, banyak banget pilihan wisata kuliner Boyolali yang bisa kamu temukan. Rasanya yang super nikmat dijamin bikin kamu tak bisa beranjak dari kawasan wisata yang satu ini. Inilah wisata kuliner Boyolali yang bisa Anda bawa pulang, diantaranya:

13. Soto Seger Mbok Giyem

soto seger mbok giyem oleh Boyolalioleh Boyolali Soto Seger

Alamat: Jl. Pandanaran No 293, Sidoharjo, Banaran, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
Peta: Klik disini
Jam buka: 06.00 WIB
Menu: soto
Harga: 15 ribu rupiah per porsi

Wisata kuliner di Boyolali yang pertama direkomendasikan untuk wisatawan yang sedang berlibur di Boyolali adalah Soto Mbok Giyem. Soto ini merupakan soto legendaris di Boyolali yang wajib banget kamu coba.

Soto Mbok Giyem merupakan salah satu varian soto yang hadir dengan rasa kuah yang sangat khas dan kental. Kuahnya sangat kental karena dibuat dari bumbu yang diaduk sempurna. Kalau mampir ke warung soto mbok giyem jangan lupa juga makan sate yang disediakan.

Kelezatan soto dan sate dengan bumbu khasnya ini dijamin bikin lidah bergoyang, otak melenggang dan perut kenyang. Kuliner yang satu ini recommended banget untuk dicoba!

14. Bebek Goreng Pak Pinggir

bebek goreng oleh Boyolali

Alamat: Dusun, Banyudono, Mentekan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
Peta: Klik disini
Jam buka: 10.00 – 22.00 WIB
Menu: bebek goreng, ayam goreng, merpati goreng
Harga: Rp 15.000,00 ke atas

Selanjutnya ada juga Bebek Goreng Pak Pinggir yang tidak kalah fenomenal dan populer seperti Soto Mbok Giyem. Sebenarnya warung Bebek Goreng Pak Pinggir ini bukanlah warung yang hanya menyediakan kuliner bebek goreng saja.

Namun ada menu lain yang juga disediakan. Selain menyediakan bebek goreng, Warung Bebek Goreng Pak Pinggir juga menyediakan menu ayam goreng dan merpati goreng. Namun dibandingkan dengan dua menu lainnya yaitu ayam goreng dan merpati goreng, bebek goreng merupakan varian menu yang paling diincar oleh pengunjung yang menyantap Bebek Goreng Pak Pinggir.

Bebek Goreng Pak Thorioleh bebek goreng Boyolali

Salah satu alasan bebek goreng di warung Pak Pinggir populer dan terkenal di Boyolali adalah karena rasanya yang enak. Bebek goreng di warung ini diolah dengan bumbu-bumbu pilihan yang membuatnya sangat gurih dan menggugah selera.

Kamu juga tidak akan menemukan bau anyir jadi pastinya akan ketagihan. Bebek Goreng Pak Pinggir sendiri kini tidak hanya tersedia di kawasan Dukuh saja, tapi juga sudah membuka cabang di beberapa daerah di Boyolali.

BACA JUGA: 25 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Jadi jika anda membeli bebek goreng di warung Bebek Goreng Pak Pinggir dan merasa terlalu ramai di kawasan Dukuh, maka anda bisa datang ke warung Bebek Goreng Pak Pinggir lainnya.

Kamu tinggal menanyakan alamat kepada pengelola toko jika tidak tahu dimana warung bebek ini berada. Harganya sangat murah. Anda hanya perlu menyediakan dana mulai dari 20 ribu rupiah untuk makan seporsi bebek goreng di warung Bebek Goreng Pak Pinggir ini.

15. Jenang pecel khas Boyolali

jenang pecel boyolali oleh Boyolalioleh Boyolali – jenang pecel

Alamat: Aneka Warung Kuliner di Boyolali
Harga: mulai 10 ribu rupiah

Nah buat kamu yang suka pecel bisa mencoba pecel jenang Boyolali yang sangat legendaris. Anda akan merasakan sensasi pecel jenang yang sempurna. Di Boyolali banyak sekali warung kuliner yang menyediakan menu yang satu ini.

Bahkan warung pinggir jalan yang murah meriah juga menyediakan jenang pecel khas Boyolali karena suguhan kuliner ini sangat populer di Boyolali. Kuliner yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Pecel pecel wajib mencoba sensasi yang dihadirkan.

Masih membahas kuliner yang enak, jika menurut Anda Boyolali masih kurang memuaskan bagi Anda di bidang kuliner, Anda bisa mencoba datang ke berbagai daerah lain di Indonesia dan mencicipi berbagai kulinernya yang nikmat. Lantas, di mana saja kawasan di Indonesia yang bakal memanjakan Anda para pecinta kuliner? Baca: 20 Sajian Khas Wisata Kuliner Indonesia yang Bikin Kamu Kangen

Bagi anda yang ingin berlibur, itulah berbagai alternatif liburan yang bisa anda kunjungi pada momen liburan yang anda miliki. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk berjalan sesibuk Anda agar otak lebih segar dan beban juga hilang. Selamat liburan sobat!