Visa Elektronik Rusia Bisa Digunakan Di Semua Wilayah Mulai 2021


Visa Elektronik Rusia Bisa Digunakan Di Semua Wilayah Mulai 2021

Kabar gembira bagi yang ingin liburan ke Rusia. Mulai 2021, visa elektronik Rusia bisa digunakan di seluruh wilayah negara ini, tidak hanya kawasan St Petersburg, Leningrad dan Kaliningrad.

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin sudah memastikan 52 negara bakal mendapatkan hak untuk mendapatkan visa elektronik tersebut dan masuk ke negaranya. Yang menggembirakan, warga negara Indonesia termasuk dalam daftar yang mendapatkan fasilitas visa elektronik Rusia tersebut.

Visa elektronik ini akan didapatkan melalui aplikasi online untuk kepentingan wisata, bisnis, kegiatan kemanusiaan dan perjalanan pendampingan. Untuk bisa mendapatkannya, pemohon juga tidak perlu lagi mendapatkan atau menunjukkan surat undangan, bukti pemesanan hotel atau dokumen lain yang memastikan perjalanan ke Rusia. Untuk biayanya, visa elektronik ini dihargai 40 USD dengan anak di bawah 6 tahun tidak dikenai biaya.

Pemegang visa ini akan mendapatkan hak untuk berada di Rusia hingga 16 hari, meningkat dari sebelumnya yang hanya delapan hari.

Untuk mendapatkan visa elektronik Rusia ini, pemohon bisa mengajukan melalui website Kementerian Luar Negeri Rusia di sini. Proses pengajuan visa harus dilakukan minimal empat hari sebelum hari keberangkatan, atau maksimal 20 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Adapun penerbitan visa ini diperkenalkan pemerintah Rusia pada 2017 dengan sejumlah pembatasan. Sebelumnya, warga negara asing diizinkan masuk dengan menggunakan visa elektronik ini hanya di kawasan Distrik Federal Timur Jauh, St Petersburg, Leningrad dan Kaliningrad.

Dengan dibukanya kesempatan mendapatkan visa jenis baru tapi lama ini, dan masuk ke wilayah Rusia, diharapkan datangnya wisatawan bisa ikut mengembangkan sektor pariwisata, meningkatkan iklim investasi dan memberikan kontribusi secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Adapun Rusia memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Di Moskow, ibu kota Rusia, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari menikmati museum sejarah, bahkan mengunjungi halaman Kremlin, Katedral St Basil hingga gedung balet Bolshoi Theatre.

Baca juga: Panduan Membuat Visa Rusia Untuk WNI

Banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, kan? Apakah kamu tertarik liburan ke Rusia tahun depan?


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS