Tempat Wisata Alam Yang Menarik untuk Dikunjungi di Pekalongan


Tempat Wisata Alam Yang Menarik untuk Dikunjungi di Pekalongan

Sebagai kota di Jawa Tengah, tempat wisata di Pekalongan tidak kalah menarik dengan kota lainnya. Keindahan alam Pekalongan adalah mutiara tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan. Dari pantai, air terjun hingga perbukitan, semuanya ada di sini. Keindahan sunrise hingga sunset akan semakin berkesan untuk disaksikan dari lokasi-lokasi yang instagramable ini. Tempat wisata alam di Pekalongan yang ingin dikunjungi bisa anda pilih dari referensinya TripZilla di bawah, atau Anda ingin mengunjungi semuanya?

1. Menyusuri Pantai Slamaran Indah dengan legenda misteriusnya

Kredit gambar: Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan

Pantai Slamaran tidak terlalu ramai dan lokasinya dekat dengan alun-alun kota Pekalongan. Waktu terbaik nongkrong di sini adalah saat matahari terbenam. Anda bisa menikmati indahnya sinar matahari merah dari pantai ini.

Kredit gambar: Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan

Pantai Slamaran juga kental dengan legenda tentang Dewi Rara Kuning alias Dewi Lanjar. Dikisahkan suami Dewi Rara Kuning meninggal beberapa hari setelah menikah sehingga dewi tersebut kemudian dipanggil Dewi Lanjar karena ditelantarkan saat baru menikah dan belum memiliki anak. Hingga saat ini, jika ada anak yang hilang di Pantai Slamaran, masyarakat umumnya mengira bahwa anak-anak tersebut dibawa oleh Dewi Lanjar. Percaya atau tidak, namun legenda ini mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati saat berkunjung ke pantai dan menjaga lingkungan ya!

Alamat: Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

2. Bermain air dan berbagai wahana di Pantai Pasir Kencana

Kredit gambar: Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan

Bagi anda yang ingin mencoba banyak hiburan di satu tempat bisa mengunjungi Pantai Pasir Kencana ini. Ombaknya cukup besar sehingga tidak cocok untuk berenang. Pantai ini juga dikenal dengan Pantai Boom dan memiliki berbagai wahana yang bisa Anda coba bersama keluarga.

Kredit gambar: Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan

Jika ingin mengeksplorasi keindahannya secara total, Anda bisa mencoba naik perahu. Anda juga bisa duduk santai sambil memancing di area yang tersedia. Ada juga tempat bermain jika Anda datang dengan anak-anak atau adik-adik Anda. Jadi ga bakalan bosen kalo kesini karena banyak hal yang bisa dinikmati!

Alamat: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari Rp 2.000

3. Berendam di Air Terjun Bidadari yang sejuk

Penampakan Air Terjun Bidadari seindah namanya, sehingga wajib untuk dikunjungi saat berada di Pekalongan. Nama Curug Bidadari berasal dari kepercayaan masyarakat bahwa pada waktu-waktu tertentu di malam hari, ada seorang putri yang mandi di air terjun ini. Ada juga yang percaya jika anak yang rewel di bawa kesini akan melihat pelangi di air terjun dan bidadari turun agar anak tidak rewel lagi.

Di tempat wisata di Pekalongan ini terdapat sebuah kolam yang terbentuk dari lima saluran masuk aliran air sehingga Anda bisa berendam sambil menikmati pemandangan yang indah. Jika Anda pandai berenang dan ingin menantang diri sendiri, Anda bisa melompat dari salah satu tebing yang mengapit Curug Bidadari. Asyik dan seru, tapi jangan abaikan faktor keamanannya ya!

Alamat: Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

4. Menikmati indahnya Air Terjun Tupai dengan arus yang deras

Kredit gambar: Wikimedia

Air terjun cantik ini menjadi salah satu destinasi populer di Pekalongan. Akses jalan menuju Curug Bajing sudah bagus dan panorama air terjun yang berada di lembah ini akan memikat mata Anda. Air terjun setinggi 75 meter ini memang keren tapi karena derasnya arus air dan kolam yang dalam tidak bisa berenang disini ya! Dari kejauhan air terjun yang berada di kaki Gunung Rogojembangan ini terlihat sangat instagramable.

Lokasi Curug Squirrel yang berada di hutan lindung memberi Anda kesempatan untuk melihat owa jawa yang bergelantungan di pepohonan juga, lho! Tak perlu khawatir karena hewan ini tidak berbahaya. Jika ingin mengisi perut, di Curug Bajing sudah ada warung-warung yang menjajakan jajanan. Dijamin kentang goreng yang kamu makan akan terasa lebih enak di sini!

Alamat: Tlogopakis, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

5. Manjakan mata Anda dengan panorama hijau Kebun Teh Pagilaran

Kredit gambar: Wikimedia

Wisata kebun teh bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang suka jalan-jalan santai atau hiking ringan. Udara yang sejuk dan tanaman hijau akan langsung membuat Anda rileks dan nyaman. Selain berkeliling, berbagai aktivitas lainnya juga bisa Anda temukan di Kebun Teh Pagilaran ini. Jika Anda datang pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB hingga 06.00 WIB, Anda bisa mencoba memetik teh. Perpaduan antara sejuknya udara dan indahnya mentari pagi yang baru saja muncul pasti akan membuat harimu berkesan! Jika tak ingin jauh dari kenyamanan kebun teh ini, bisa menginap di guest house yang masih berada di kawasan wisata. Tertarik?

Alamat: Jalan Botosari, Paninggaran, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

6. Berburu foto-foto keren dan uji nyali di berbagai wahana di Watu Ireng

Jika Anda menyukai aktivitas yang menantang dan pemandangan yang sejuk, Anda perlu datang ke Watu Ireng. Kenakan pakaian yang nyaman untuk melindungi diri dari terik matahari di sini. Berbagai wahana seperti tempat tidur gantung, rapeling, panjat tebing atau kursi gantung menunggu Anda untuk mencoba. Anda bisa memandangi hamparan hutan pinus, hutan karet, dan persawahan dari ketinggian sambil menikmati angin. Semua wahana di sini dilengkapi dengan perangkat keselamatan dan pemandu. Aman, asyik, dan dapatkan bonus pemandangan indah lagi!

Alamat: Lambur Watu Ireng, RT.21 / RW.7, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Senin, Selasa, Kamis 08.00 WIB – 17.00 WIB, Rabu 08.00 WIB – 17.30 WIB, Jumat pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 8.000

7. Temukan kesegaran tak jauh dari pusat kota di Curug Madu

Nama tempat wisata di Pekalongan ini berasal dari nama pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Jika sudah berbuah, setelah makan buahnya lalu meminum air dari air terjunnya akan ada rasa manis seperti madu di mulut. Namun bila datang pepohonan tidak berbuah, Anda masih bisa memiliki kenangan manis karena pemandangan indah di air terjun ini. Curug Madu memang tidak tinggi, namun perpaduan bebatuan, air terjun, dan telaga membuatnya terlihat instagramable. Datanglah saat musim hujan dan Anda akan puas menikmati derasnya air yang mengalir! Apalagi jika Anda datang tidak terlalu larut, maka sejuknya air dan angin akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Alamat: Lemahbang Lor, Lemah Abang, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

8. Menjelajahi kawasan Objek Wisata Linggo Asri yang sejuk dengan berbagai macam hiburan

Kredit gambar: Objek Wisata Linggo Asri

Perjalanan menuju Objek Wisata Linggo Asri akan membuat anda merasa bosan untuk melihat keluar jendela. Pemandangan pepohonan pinus dan karet ditambah dengan kontur kontur jalan terlihat memanjakan mata dan memiliki nuansa yang sangat pedesaan.

Kredit gambar: Objek Wisata Linggo Asri

Setibanya di tempat wisata alam di Pekalongan ini, Anda akan menemukan berbagai atraksi menarik seperti kebun binatang mini, tempat bermain anak, kolam renang, kolam pemancingan, taman bunga, outbound, area camping dan spot foto. Bonus jika datang saat upacara adat, Anda bisa ikut menyaksikan berbagai upacara seperti shawalan dan sedekah bumi. Hal ini dikarenakan masyarakat masih menjaga kelangsungan adat istiadat di sana. Keren banget melihatnya!

Alamat: Yosorejo, Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 6.000 Rupiah

9. Bersantai menikmati riak sungai di Taman Bengkelung

Kredit gambar: TAMAN BENGKELUNG

Taman Bengkelung cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena akses jalan yang terbilang mudah dan tempat wisata yang pas untuk bersantai. Dikelola oleh penduduk desa, pada waktu-waktu tertentu setelah membayar tiket, Anda bisa mendapatkan lepet. Lepet sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan kacang tanah. Setelah masuk, Anda perlu berhati-hati karena bebatuan di sini cukup licin. Anda bisa membawa pelampung untuk mengarungi sungai atau bersepeda. Jika suka berfoto, maka jembatan bambu di atas sungai juga bisa menjadi pilihan foto yang menarik.

Alamat: Kebun, Sidoharjo, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

10. Berperahu sambil melihat pembibitan mangrove di Taman Mangrove

Kredit gambar: Portal Berita Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Taman Mangrove ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan tanaman bakau. Tidak hanya melihat dari kejauhan, Anda juga bisa mencoba berperahu mengelilingi pembibitan mangrove dan mengamati berbagai jenis pohon mangrove yang ada. Beberapa fasilitas lain yang tersedia di sini adalah perpustakaan, kolam sentuh mangrove, galeri, gardu pandang dan tempat pemancingan. Areal seluas 5 hektare ini masih dalam tahap pembangunan dan total luasnya direncanakan mencapai 90 hektare. Jika ingin suasana yang tenang bisa datang pada sore hari. Selain terhindar dari panas matahari, semburat senja langit juga akan membuat acara travelling kamu semakin nyaman.

Alamat: Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 4.000

11. Berkemah di kawasan Puncak Petungkriyono yang eksotis

Tempat wisata di Pekalongan ini sebenarnya adalah puncak dari Pegunungan Kendeng. Disebut Puncak Tugu karena di sana terdapat Monumen Trianggulasi peninggalan Belanda dari abad ke-18 sebagai penanda. Anda akan terpuaskan dengan pemandangan kota Batang dan Pekalongan dari ketinggian 2.117 mdpl di sini. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Slamet, Gunung Kendalisodo dan Gunung Rogojembangan. Ketinggian tempat ini menuntut stamina yang baik sehingga perlu mempersiapkan diri jika ingin berekreasi di sini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan menurunkan kembali sampah setelah menikmati keindahan alamnya!

Alamat: Sikucing, Yosorejo, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 7.000 Rupiah

12. Mengamati kabut instagenik di Telaga Sigebyar Mangunan

tempat wisata pekalonganKredit gambar: @hellocills (kiri), @ fadhil5002 (kanan)

Danau yang dulunya bernama Telaga Mangunan Petungkriyono ini baru diresmikan pada tahun 2019 lalu. Berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, bersiaplah disambut sejuknya udara dan kabut yang menyelimuti Anda setibanya di sini. Ketenangan air danau dan hijaunya perbukitan yang mengelilinginya akan membuat anda betah berlama-lama memandangnya. Jika tak ingin hanya duduk-duduk saja di sini bisa mencoba berperahu keliling danau. Untuk pengalaman yang lebih maksimal, datanglah saat musim hujan karena danau ini bisa mengering di musim kemarau.

Alamat: Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

13. Mencoba asyiknya arung jeram di Desa Lolong

tempat wisata pekalonganKredit gambar: @sstyo_

Di Desa Lolong, pemandangan yang indah merupakan pemanis dari daya tarik utama yaitu arung jeram. Arung jeram yang dilakukan di Sungai Sengkarang ini juga cocok untuk pemula dan Anda akan didampingi oleh seorang guide untuk memastikan keselamatan Anda. Anda bisa mempersiapkan diri untuk melakukan arung jeram selama kurang lebih dua jam dengan jarak tempuh mulai dari 9 kilometer hingga 12 kilometer. Selain arung jeram, Anda juga bisa melakukan arung jeram pipa, keluar dan berkemah. Kalau lagi camping bisa menikmati keindahan tempat wisata di Pekalongan ini lebih lama, lho!

Alamat: Desa Lolong, Kabupaten Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000

14. Menyambut matahari terbit di Puncak Anjir, Kaliboja

Dengan ketinggian sekitar 1.400 mdpl, Puncak Anjir cocok bagi Anda yang ingin mendaki tipis. Meski tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang bisa Anda dapatkan dari Puncak Anjir tidak mengecewakan. Puncak Anjir artinya puncak tertinggi dan dari sini Anda bisa menyapukan mata untuk melihat panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet dan Gunung Rogojembangan. Bayangkan betapa megahnya berdiri di tengah pegunungan tinggi itu! Anda bisa berkemah juga karena sudah tersedia bumi perkemahan di pos 3, tetapi tidak diperbolehkan berkemah tepat di atas karena tenda Anda dapat tertiup angin kencang. Jadi berburu sunrise juga lebih mudah dan nyaman untuk dilakukan!

Alamat: Kaliboja, Paninggaran, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

15. Seseruan bermain air di Welo Asri

Ambil foto jalan-jalan selfie? Anda bisa melakukannya di sini. Tapi sesampainya di Welo Asri jangan sia-siakan kesempatan untuk bermain di air yang jernih dan sejuk. Ada berbagai wahana yang bisa kamu coba seperti tubing, body rafting atau di sepanjang sungai. Untuk jalur sungai tersedia dua pilihan jalur yaitu jalur pendek dengan jarak 80 meter dan jalur panjang dengan jarak kurang lebih satu kilometer. Ada juga wahana flying fox bagi anda yang menyukai ketinggian. Singkatnya, banyak hal yang bisa kamu lakukan di Welo Asri dan dijamin seru!

Alamat: Hutan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

16. Habiskan waktumu dengan kemping ceria di Bukit Pawuluhan

tempat wisata pekalonganKredit gambar: Nadea Istiqomah

Bukit Pawuluhan merupakan salah satu tempat wisata alam di Pekalongan yang asyik untuk jalan-jalan santai. Kecuali jika datang pada musim hujan yang membuat jalan perbukitan licin dan Anda perlu berhati-hati. Namun sesampainya di sini, Anda akan mendapatkan bonus panorama yang indah. Populer untuk melihat matahari terbit dan terbenam, Bukit Pawuluhan juga punya bumi perkemahan bagi anda yang ingin berkemah. Bukit ini berada sekitar 1.176 meter di atas permukaan laut, namun jalan menuju puncaknya cukup berkelok-kelok sehingga Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra. Tapi sangat sepadan dengan pengalaman melihat sabana yang indah yang bisa dilihat dari atas bukit!

Alamat: Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

17. Mengunjungi kawasan Wisata Karangsrity yang serba bisa

Mau lihat bukitnya? Ada Bukit Karang Srity disini. Mau lihat air terjun? Ada juga Curug Srity dan Curug Kutis di sini. Ingin mendaki dan berkemah di sini? Tentu ada bumi perkemahan yang indah disini karena dikelilingi oleh pepohonan dan perbukitan yang tinggi. Jika kamu kesini, kamu juga bisa menemukan situs sejarah Lingga Yoni yang merupakan peninggalan dari sekitar abad ke-4 Masehi. Begitu pagi hingga siang anda puas melihat panorama yang indah, selanjutnya pada malam hari anda akan dihibur dengan pemandangan langit penuh bintang. Lengkap ya, semuanya ada disini!

Alamat: Tlogopakis, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

18. Kolam besar untuk berenang di Curug Jlarang

Untuk mencapai Curug Jlarang, Anda perlu berjalan kaki melewati hamparan persawahan yang hijau asri. Air terjun ini memiliki kolam sedalam sembilan meter yang jernih dan menggoda Anda untuk berenang. Jika kurang pandai berenang, tersedia persewaan pelampung sehingga tidak perlu melewatkan kesempatan berenang yang menyenangkan di sini. Jika ingin bersantai, cobalah duduk di atas bebatuan besar sambil bermain air dengan kaki Anda. Suara gemericik dan air dingin yang Anda rasakan di kulit Anda akan membuat Anda merasa rileks seketika. Mau coba?

Alamat: Hutan, Sidomulyo, Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

19. Berfoto dengan pemandangan sawah yang menawan di Sawah Lebakbarang sebagai latar belakang

Selain terkenal dengan keindahannya, Persawahan Lebakbarang ini juga dikenal dengan sebutan pecing parade atau orang-orangan sawah. Biasanya pawai ini dilakukan pada saat nasi mulai menguning, dengan tujuan mengusir hama padi. Selain parade pecing, ada juga upacara sedekah bumi sebagai ucapan syukur atas hasil panen. Tapi kalau tidak ada acara masih bisa puas jalan-jalan di sekitar persawahan ini. Selain mendapatkan udara segar, pemandangan di sini juga instagramable banget!

Alamat: Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

20. Lihat gemerlap lampu kota di Bukit Bintang Kutorojo

Jika memiliki waktu luang pada sore hingga malam hari, Bukit Bintang Kutorojo bisa menjadi tempat wisata di Pekalongan yang tepat untuk dikunjungi. Anda perlu mendaki sedikit dengan jalan yang agak terjal di sore hari agar bisa mencapai puncak bukit di malam hari. Sambil meregangkan kaki, Anda bisa menikmati kelap-kelip lampu kota Pekalongan yang terhampar di bawah bukit. Kalau gak mau naik turun bukit sekaligus bisa camping disini juga. Suasana romantis dan unik akan membuat malam Anda semakin berkesan!

Alamat: Kutorojo, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

21. Berendamlah di tengah bebatuan hitam di Black Canyon

Black Canyon yang terletak di kawasan hutan lindung menjadi salah satu destinasi liburan populer di Pekalongan. Owa jawa yang bisa Anda temukan saat berjalan-jalan ke Black Canyon akan membuat suasana semakin eksotis. Setelah berjalan kaki, tiba-tiba Anda akan sampai dan Anda bisa melihat pemandangan kedung atau kolam dengan jelas. Dulunya tempat ini bernama Kedung Sipingit, ada dua kedung yaitu atas dan bawah. Kedalaman warung ini berkisar antara 3,5 meter hingga 7 meter. Jika datang saat musim hujan, tentunya kedalaman kedung akan bertambah sehingga harus berhati-hati! Di kawasan Black Canyon juga terdapat lokasi camping yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Alamat: Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Senin – Kamis 09.15 WIB – 16.00 WIB, Jumat – Minggu 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

22. Bersenang-senang di Curug Lawe yang memiliki spot selfie

Anda bisa menggunakan ojek atau berjalan kaki saat menuju ke Curug Lawe. Meski lebih menguras tenaga, dengan berjalan kaki kamu akan bisa melihat berbagai hal menarik di sini. Ada area tempat tidur gantung di tengah hutan pinus tempat Anda bisa berselancar dengan nyaman menikmati udara yang sejuk. Ada juga spot foto Pohon Selfie yang menghadap ke tebing jadi bisa mendapatkan sudut selfie yang menarik di sini. Setelah berjalan kaki, Anda perlu menaiki anak tangga yang cukup licin untuk sampai di Curug Lawe. Cukup menantang, tapi sesampainya di Curug Lawe pasti merasakan kepuasan sendiri lho!

Alamat: Desa Cakrawati, Songowedi, Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

Baca juga: Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba Pecinta Makanan

Banyak sekali tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk dijelajahi bukan? Nggak cukup jalan-jalan keliling Pekalongan sebentar, jadi persiapkan waktu biar bisa liburan memuaskan di sini!


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS