Naik Pesawat Pertama Kali? Cek Tipsnya Di Sini!


Naik Pesawat Pertama Kali? Cek Tipsnya Di Sini!

Naik pesawat sebenarnya sama halnya dengan naik kendaraan umum lainnya. Namun memang ada perbedaan sistem yang menjadikan beberapa orang terkadang merasa bingung setibanya di bandara. Utamanya jika orang tersebut baru pertama kali naik pesawat.

Nah, agar kebingungan tidak menghinggapi mu, disini kami akan bagikan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk naik pesawat. Kamu harus tahu hal – hal yang boleh dilakukan dan hal – hal yang tidak boleh dilakukan selama naik pesawat.

Di sini kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa maskapai penerbangan terbaik di Indonesia yang cocok kamu pilih untuk menjadi teman penerbangan kamu. Informasi selengkapnya bisa kamu simak dalam ulasan berikut ini!

Tips Naik Pesawat Pertama Kali

Sebelum kamu terbang dengan pesawat, kamu perlu menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Pastikan semua barang kamu juga terbawa dan jangan sampai ada yang tertinggal di bandara.

Untuk kamu yang belum pernah sama sekali ke bandara dan naik pesawat, berikut tips naik pesawat untuk pertama kalinya meliputi :

1. Siapkan tiket pesawat Anda sebelum naik pesawat

Siapkan tiket pesawat AndaSiapkan Tiket Pesawat Sebelum Naik Pesawat

Jika kamu masih belum membeli tiket pesawat, kamu bisa membeli tiket pesawat dengan berbagai macam cara. Salah satunya kamu bisa memesan tiket pesawat melalui agen travel, melalui website resmi maskapai penerbangan atau dari berbagai macam situs perjalanan.

Kamu dapat memesan tiket pesawat dengan menyesuaikan jam keberangkatan yang kamu inginkan dan situasi serta kondismu. Kalau kamu belum pesan tiket pesawat, kamu juga bisa pesan tiket pesawat secara online. Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

2. Perhatikan kuota bagasi maskapai penerbangan yang dipilih

Masing – masing maskapai memiliki limit bagasi masing – masing. Nah, kamu harus berusaha untuk memperkirakan berat barang bawaan sesuai dengan limit maskapai penerbangan tersebut.

Jika memang barang bawaan melebihi limit, maka Anda nantinya akan dikenai biaya lebih untuk kelebihan bobot atau kuota maskapai penerbangannya.

Tarif denda untuk kelebihan kuota bagasi maskapai penerbangan sendiri biasanya disesuaikan dengan berat per kilogramnya.

3. Datanglah lebih awal sebelum jam boarding

Datanglah lebih awal sebelum jam boardingDatang Sebelum Jam Boarding Naik Pesawat

Setelah kamu memesan pesawat, selanjutnya coba perhatikan jam boarding pesawat Anda. Biasanya jam boarding pesawat sekitar 30 menit sebelum jam keberangkatan. Kamu bisa datang satu atau dua jam sebelum jam tersebut. Jadi jangan sampai datang terlalu mepet dengan jam boarding pesawat karena hal tersebut akan membuat kamu pada akhirnya berpotensi untuk ketinggalan pesawat.

4. Pastikan tidak salah terminal saat naik pesawat

Setelah membeli tiket pesawat, cek kembali tiket yang sudah kamu beli. Perhatikan mana bandara dan terminal berapa yang kamu harus datangi. Pastikan jangan sampai kamu salah terminal karena bisa – bisa kamu ketinggalan pesawat kalau sampai salah terminal.

5. Lakukan check in di loket sesuai maskapai yang kamu pilih

Lakukan check in di loket sesuai maskapai yang kamu pilihCheck in Terlebih Dahulu Sebelum Naik Pesawat

Setelah langkah security check awal dilakukan, kamu bisa langsung menuju loket untuk melakukan check in. Di loket tersebut, kamu akan mendapatkan boarding pass. Tidak hanya itu, berbagai macam barang berukuran besar seperti koper juga perlu diserahkan untuk ditimbang dan masuk bagasi.

Kemudian ketika kamu menukar boarding pass, kamu bisa meminta petugas untuk memberikan tempat duduk yang nyaman. Misalkan saja kamu lebih memilih untuk duduk di samping jendela atau di tengah.

6. Ketahui barang apa yang dilarang untuk dibawa ketika melewati security check sebelum naik pesawat

Nantinya kamu akan melewati security check. Pastikan sebelum berkemas, kamu pahami dulu barang – barang apa saja kira – kira yang boleh masuk ke dalam kabin pesawat dan yang tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat.

Nah, beberapa barang yang tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat diantaranya adalah korek api dan berbagai benda tajam. Rokok elektrik juga tidak dianjurkan dibawa ke dalam kabin pesawat. Baiknya kalau kamu bawa rokok elektrik diletakkan di bagasi agar tidak perlu kamu berikan secara suka rela kepada petugas bandara.

Cek gate keberangkatan dan tunggu pada ruang yang disediakan

Cek gate keberangkatan dan tunggu pada ruang yang disediakanCek Gate Keberangkatan Agar Sesuai Saat Naik Pesawat

Hal penting yang kamu harus tahu, jangan sampai kamu salah masuk gate. Gate keberangkatan tertera pada boarding pass yang kamu telah dapatkan dari loket check in. Pastikan kamu lihat gate keberangkatan dan tunggulah di ruangan yang sudah disediakan.

Jangan terlalu jauh dari gate agar tidak sampai ketinggalan informasi penerbangan. Kamu perlu tahu kapan gate dimajukan, kapan delay dan kapan kamu harus pindah gate.

7. Selalu dengarkan informasi tentang status pesawat

Pastikan jangan sampai kamu hanya melamun dan mendengarkan lagu, hanya memanfaatkan earphone saja. Terlebih kalau earphonenya kedap suara dan disetel dengan volume yang cukup besar. Kalau sampai hal tersebut terjadi, bisa – bisa kamu akan melewatkan berbagai pengumuman penting tentang pesawat kamu.

Berbagai informasi tentang status penerbangan biasanya akan selalu disampaikan melalui pengumuman terbuka. Karena itu, pastikan kamu dengar setiap pengumuman yang ada. Namun kamu juga tetap harus bisa bersantai sembari menunggu waktu penerbangan tiba.

Boleh saja menggunakan earphone, tapi jangan terlalu keras supaya kamu tetap bisa fokus dengan informasi yang disampaikan melalui papan informasi atau pengumuman.

8. Siapkan tanda pengenal dan boarding pass ketika sudah waktunya naik pesawat

Siapkan KTP dan boarding pass ketika sudah waktunya masuk pesawatSiapkan Kartu Identitas dan Boarding Pass Saat Mau Naik Pesawat

Sebelum kamu naik pesawat, petugas akan memeriksa boarding pass dan tanda pengenal, seperti KTP atau passport. Jadi pastikan kamu siapkan terlebih dahulu boarding pass dan tanda pengenalmu agar ketika petugas memerintahkan kamu menunjukkan, kamu tidak bingung atau terburu – buru mengeluarkannya.

Pastikan kamu masukkan KTP dan boarding pass ke dalam dompet setelah kamu benar – benar sudah masuk pesawat karena pemeriksaan identitas biasanya dilakukan secara berlapis.

9. Ketika naik pesawat, cari tempat duduk sesuai nomor yang tertera di boarding pass

Coba lihat boarding pass kamu. Kamu akan menemukan nomor tempat duduk yang tertera disana. Cobalah kamu cari tempat duduk yang sesuai dengan nomor yang tertera di boarding pass kamu tersebut. Pastikan jangan sampai kamu salah tempat duduk ya.

10. Sesaat sebelum lepas landas, perhatikan instruksi keselamatan yang diperagakan awak pesawat

Sesaat sebelum lepas landas, perhatikan instruksi keselamatan yang diperagakan awak pesawat

Pada setiap penerbangan, pastinya awak pesawat akan memeragakan instruksi keselamatan di udara. Jika memang ini pertama kalinya kamu naik pesawat dan belum pernah mengetahui hal tersebut sebelumnya, baiknya kamu coba perhatikan para awak pesawat tersebut karena semua informasi tersebut sangat penting kamu ketahui demi mengantisipasi ketika hal genting sedang terjadi.

11. Jangan meninggalkan bandara terburu – buru

Ketika pada akhirnya pesawat yang kamu tumpangi sampai di tujuan, jangan terlalu senang dan sampai melupakan semua barangmu dulu. Jangan lupa mengambil barang bawaan kamu di bagasi sesuai dengan nomor penerbangan kamu. Jangan sampai tertukar ya! Perhatikan semua yang kamu bawa baik – baik.

do and don't dalam pesawat

Buat kamu yang belum pernah sama sekali naik pesawat, kamu juga perlu tahu nih hal – hal apa saja yang kamu nggak boleh lakukan selama di pesawat. Ada beberapa hal yang kamu nggak boleh lakukan selama berada di pesawat, diantaranya :

1. Mengoperasikan ponsel di dalam pesawat terbang

Kalau yang satu ini pasti kamu sangat paham bukan? Memang godaan mengunggah foto selama di pesawat sangat besar. Kamu ingin take foto didalam pesawat, atau bahkan selfie dan membuat boomerang.

Namun kamu harus tahu juga bahwa setiap moment didalam pesawat merupakan moment yang sangat krusial utamanya ketika kamu sedang take off dan landing. Ketika moment tersebut bisa – bisa signal ponsel kamu mengganggu komunikasi antara radio dengan sistem navigasi yang menimbulkan masalah penerbangan terjadi.

Jadi lebih baik kamu tahan dulu egomu untuk menyalakan dan mengoperasikan ponsel kamu didalam pesawat. Sedikit saja berfoto ketika kamu baru memasuki pesawat tak masalah, kemudian matikan lagi ponsel kamu.

2. Minum soda sebelum naik pesawat

Salah satu dampak yang berpotensi terjadi ketika perubahan tekanan udara terjadi adalah masalah perut kembung. Nah, baiknya kamu hindari berbagai minuman soda sebelum naik pesawat agar perut tidak kembung dan kondisi perut kamu baik-baik saja.

3. Mengonsumsi alkohol terlalu banyak

Sebelum terbang, ada banyak alasan kenapa kamu tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi minuman mengandung alkohol. Salah satunya adalah karena bisa menyebabkan rasa kantuk dan lesu. Nah, kalau kamu sebelum terbang mengonsumsi minuman yang banyak mengandung alkohol sangat besar kemungkinan kamu mabuk lebih cepat, karena itu jangan dikonsumsi terlalu banyak.

4. Duduk tanpa bergerak saat naik pesawat

Selama perjalanan di dalam pesawat, sirkulasi darah akan mengalami perlambatan dan duduk tanpa bergerak dapat membuat kondisi kamu semakin parah. Coba sesekali jalan keliling pesawat, misalnya ke toilet.

Kamu juga perlu menggunakan pakaian yang nyaman. Pastikan kamu pakai pakaian yang membebaskan kamu untuk bergerak. Lepaskan sepatu kamu ketika berada didalam pesawat. Sesekali kamu perlu olahraga ringan seperti menggerakkan kaki atau tangan di tempat duduk.

5. Menggunakan kontak lens atau softlens

Menggunakan softlens dapat menjadi penyebab mata kamu kering. Ditambah lagi keringnya udara didalam pesawat sangat berpotensi membuat kamu semakin tidak nyaman. Karena itu lebih baik kamu pakai kacamata dibandingkan pakai softlens. Kalau memang kamu memakai softlens, pastikan air softlens selalu kamu bawa dan teteskan segera pada softlens ketika mata kamu kering.

6. Menghentikan telinga yang berdengung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kuping berdengung. Namun caranya bukan dengan menggerak – gerakkan kuping karena hal tersebut tidak akan membantu kamu.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kuping yang berdengung adalah dengan menelan ludah atau makan permen karet. Buka tutup mulut kamu selama beberapa kali. Terakhir coba tarik nafas, kemudian pencet hidung sembari kamu hembuskan nafas. Namun cara terakhir perlu kamu lakukan dengan sangat hati – hati ya!

7. Melupakan barang yang dibawa

Yang terakhir ini juga nggak boleh banget sampai terjadi. Pastikan kamu mengingat semua barang yang kamu bawa. Jangan sampai ada yang tertinggal di dalam pesawat karena bisa dibawa terbang lagi dan barang kamu yang tertinggal sangat besar potensinya untuk hilang. Apalagi kalau barang tersebut memang sangat penting buat kamu, jangan sampai kamu lupakan ya!

Buat kamu yang ingin dapat tiket pesawat murah, baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Rekomendasi Maskapai Penerbangan Terbaik di Indonesia

1. Garuda Indonesia

Naik pesawat

Buat kamu yang akan naik pesawat dan sedang mencari maskapai penerbangan terbaik, rekomendasi maskapai penerbangan terbaik pertama yang paling direkomendasikan adalah Garuda Indonesia.

Walau dulu Garuda Indonesia pernah mengalami tragedi pemboikotan penerbangan menuju Eropa karena kecelakaan, namun satu tahun setelah kejadian tersebut Garuda Indonesia mendapat penghargaan IATA Operational Safety Audit dari IATA yang menunjukkan kalau Garuda Indonesia memiliki standar keselamatan penerbangan internasional.

Jadi prosedur operasional keselamatan penerbangan bersama Garuda Indonesia tak perlu diragukan lagi. Berbagai macam peningkatan pelayanan dan kualitas pesawat yang diberikan oleh Garuda Indonesia juga turut menjadikan maskapai ini menjadi salah satu maskapai paling favorit yang digunakan.

Untuk range harga tiket pesawat di Garuda Indonesia dibanderol mulai dari 750 ribu rupiah sampai dengan 1,5 juta rupiah ke atas. Tergantung kelas dan jarak tempuh penumpangnya.

2. Citilink

Naik pesawat

Citilink merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Sama halnya dengan Garuda Indonesia yang punya sistem manajemen keselamatan dengan sangat baik, citilink juga demikian.

Citilink pertama kalinya mengudara di tahun 2001 dan sekitar 11 tahun kemudian bergabung dengan Garuda Indonesia dengan total lebih dari 15 pesawat terbang. Harga tiket pesawat Citilink sangat terjangkau yang membuat Citilink tidak butuh waktu lama untuk terkenal dan direkomendasikan.

Citilink memiliki bandara penghubung yaitu Bandar Udara Internasional Juanda dan melayani berbagai macam rute penerbangan untuk daerah Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara.

Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat Citilink dengan harga yang beragam. Citilink membanderol tiket pesawat dengan harga yang terjangkau dan banyak menawarkan promo. Kamu bisa dapatkan tiket pesawat Citilink mulai dari 700 ribu rupiah saja, tergantung jarak dan kelas yang kamu pilih.

3. Sriwijaya Air

Naik pesawat

Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan di Indonesia yang dinobatkan sebagai maskapai terbesar ketiga di Indonesia. Baru – baru ini juga Sriwijaya Air secara resmi bergabung dengan Garuda Indonesia bersama anak perusahaannya yaitu NAM Air.

Hal yang mengejutkan dan sangat hebat dari Sriwijaya Air adalah bahwa standar keamanan penerbangan dari Sriwijaya Air menjadi yang terbaik diantara maskapai yang lainnya. Hal ini tentu dapat memberikan rasa aman kepada setiap penumpang.

Tidak hanya melayani rute penerbangan di dalam negeri, Sriwijaya Air juga melayani penerbangan internasional. Penerbangan internasional yang dilayani oleh Sriwijaya Air diantaranya adalah penerbangan menuju beberapa negara seperti Malaysia, Timor Leste dan Tiongkok.

Dengan semua fasilitas dan standar keamanan penerbangan yang sangat baik, Sriwijaya Air memberikan harga tiket pesawat yang sangat ekonomis. Kamu bisa terbang dengan dana mulai dari 700 ribu rupiah tergantung kelas dan jarak tempuh atau tujuannya juga.

4. Lion Air

Naik pesawat

Jika bicara tentang jumlah pesawat, kemungkinan besar jumlah pesawat Lion Air sangat banyak dan bahkan menjadi yang terbanyak. Maskapai ini melayani penerbangan dari berbagai daerah. Tidak hanya melayani penerbangan di berbagai kota besar, Lion Air juga melayani penerbangan menuju ke daerah terpencil.

Pengguna Lion Air sudah sangat banyak di Indonesia. Walau sempat mengalami kecelakaan pesawat beberapa kali, tidak menyurutkan keinginan orang bepergian dengan Lion Air. Lion Air sendiri membanderol harga tiket pesawat dengan sangat murah.

Salah satu alasan Lion Air sangat laris manis di Indonesia adalah karena banderol harga yang sangat terjangkau. Tiket pesawat Lion Air dibanderol mulai dari 500 ribu rupiah saja tergantung kelas dan tujuannya juga pastinya.

5. AirAsia

Naik pesawat

Maskapai yang satu ini sebenarnya bukan berpusat di Indonesia melainkan di Kuala Lumpur Malaysia. Maskapai AirAsia melayani penerbangan dari luar negeri ke Indonesia, sebaliknya dari Indonesia ke luar negeri dan juga rute domestik.

Adapun mengenai rute yang dilintasi oleh AirAsia diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Jepang, Arab Saudi, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Kalau kamu sudah sampai di Malaysia dan mencari wisata keren disana, baca : 10 Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Maskapai ini banyak digunakan di Indonesia untuk perjalanan luar negeri karena salah satu alasannya adalah harga tiket pesawat AirAsia yang sangat murah. Namun walau murah, kamu tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Pelayanan yang diberikan sangat ramah dan pastinya memberikan bagasi gratis untuk penumpang.

Range harga tiket pesawat yang disediakan oleh AirAsia sangat beragam. Kamu bisa naik pesawat AirAsia dengan menyediakan dana mulai dari 500 ribu rupiah saja.

6. Batik Air

Naik pesawat

Batik Air merupakan bagian dari Lion Air yang melakukan penerbangan pertamanya di tahun 2013 silam. Tepatnya, penerbangan pertama Batik Air adalah pada hari Jumat, 3 Mei 2013 dari bandara Jakarta menuju ke bandara Manado.

Walau maskapai ini masih terbilang muda, akan tetapi sudah mampu memuaskan penumpangnya berkaitan dengan pelayanan dan keamanan. Batik Air juga melayani arah penerbangan menuju ke berbagai daerah yang ada di Indonesia dan luar negeri.

Maskapai ini secara resmi membuka rute baru menuju ke Bandara ALAT Pranoto, Samarinda, dan juga Kalimantan Selatan. Maskapai penerbangan yang satu ini juga tak kalah keren dengan yang sebelum – sebelumnya sudah kami sebutkan. Maskapai Penerbangan Batik Air punya banyak fasilitas bagi setiap penumpang pesawat. Harga tiket pesawatnya juga murah, mulai dari 400an ribu rupiah tergantung jarak dan kelas yang dipilih.

7. Wings Air

Naik pesawat

Sama halnya seperti Batik Air, Wings Air merupakan sebuah anak perusahaan dari Lion Air. Wings Air pertama kalinya beroperasi sejak tahun 2003 dan mengoperasikan penerbangan domesticnya ke seluruh Indonesia.

Kemudian 2 penerbangan lainnya adalah penerbangan internasional Wings Air menuju ke negara Malaysia. Mengenai rute internasionalnya sendiri, maskapai ini memberikan pelayanan penerbangan menuju Penang dan Malaka di Malaysia seperti rute Lion Air.

8. Xpress Air

Naik pesawat

Last but not least, ada Xpress Air yang juga recommended banget untuk menjadi maskapai penerbangan pilihan kamu yang akan bepergian.
Maskapai penerbangan Xpress Air ini merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Makassar, Sulawesi Selatan dengan fokus penerbangan menuju ke wilayah timur Indonesia. Mengenai keamanannya sendiri, maskapai ini tidak dapat dianggap terlalu remeh.

Berdasarkan informasi menurut Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia, maskapai Xpress Air dikategorikan dalam kategori 2 untuk penerbangan dengan kualitas keamanan penerbangan. Kemudian selain menuju ke Indonesia Timur, maskapai ini juga menyediakan rute perjalanan menuju ke negara tetangga, Malaysia yaitu tepatnya ke bandara Kuching dan juga bandara Melaka.

Kamu bisa membeli tiket pesawat Xpress Air jika membutuhkannya dengan harga yang sangat terjangkau. Range harga tiket pesawat Xpress Air yang sangat murah tersebut bahkan hanya mulai dari 300an ribu rupiah saja.

Harga tersebut tergantung atas kelas dan jarak tempuhnya juga pastinya. Xpress Air juga banyak menyediakan promo tiket pesawat murah, kamu bisa memanfaatkannya untuk dapatkan tiket Xpress Air yang lebih murah.

Buat kamu yang ingin tahu wisata indonesia yang bisa dikunjungi. Rekomendasinya baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah!

Itulah tips naik pesawat buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Kami juga berikan informasi tentang maskapai penerbangan terbaik yang cocok untuk menjadi pilihan maskapai penerbangan kamu.

Selain naik pesawat, kamu juga bisa bepergian naik kereta api. Buat kamu yang baru pertama kali naik kereta api, baca : Jadwal Kereta Bisa Kamu Cek dengan Cara Mudah Ini!


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS