Meskipun Bunker Kaliadem Menyeramkan Ternyata Luar Biasa


Meskipun Bunker Kaliadem Menyeramkan Ternyata Luar Biasa

Bunker Kaliadem tampak di depanBunker Kaliadem tampak di depan

Bunker Kaliadem adalah salah satu tujuan wisata di wilayah Yogyakarta. Pariwisata di daerah Kaliadem sangat erat kaitannya dengan pemandangan Gunung Merapi. Lokasinya di lereng Gunung Merapi adalah daya tarik utama. Jika ingin melihat Merapi yang gagah dengan jelas, Kaliadem Bunker pilihannya. Mendengar kata Bunker membuat beberapa orang bergidik dengan kisah mistiknya. Bunker biasanya digunakan untuk melindungi dari letusan gunung berapi. Orang-orang inilah yang terjebak di dalam bunker ketika terjadi bencana yang membuat suasana menyeramkan. Meski terdengar menyeramkan, kini objek wisata ini adalah primadona objek wisata alam di Yogyakarta.

Lokasi Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem terletak di Kinarejo, Hargobinangun, Distrik Pakem, Kabupaten Sleman, DIY. Jadi, ini adalah tujuan wisata di bagian utara Kota Yogyakarta. Jarak dari pusat kota sekitar satu hingga satu setengah jam. Akses jalan ke lokasi memadai. Hanya saja ketika mendekati lokasi akan melewati jalan berbatu dan berpasir.

Informasi turis

Ketika hampir sampai lokasi bunker akan banyak jip yang akan menawarkan ke tujuan. Ini karena medan yang mengarah ke bunker sangat cocok saat menggunakan jip. Selain jip, pengunjung juga bisa menyewa sepeda trail. Jadi, jangan heran jika saat berada di Bunker Kaliadem Anda akan menemukan banyak jip. Jika Anda tidak menyewa jip, pengunjung masih dapat pergi ke tur ini dengan sepeda motor pribadi. Namun pastikan ban sepeda motor dalam kondisi baik.

Tempat favorit untuk mengambil fotoTempat favorit untuk mengambil foto

Jika Anda menggunakan sepeda motor pribadi, pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000. Bunker Kaliadem biasanya akan ramai di akhir pekan dan hari libur. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari. Jangan heran jika pada pagi hari sekitar jam 6 pagi wisata ini sudah memiliki pengunjung. Buka 24 jam sehari, sehingga pengunjung bebas datang kapan saja.

Merapi yang luar biasa

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika mengunjungi Bunker Kaliadem adalah mengambil gambar. Spot foto-foto favorit pengunjung tentu saja dengan latar belakang Gunung Merapi. Dari lokasi wisata ini akan terlihat jelas Gunung Merapi yang megah. Saat cuaca cerah, Gunung Merapi tentu akan terlihat jernih. Jadi, pastikan datang ketika cuaca bagus ya. Bunker Kaliadem memang sangat dekat dengan Gunung Merapi. Jadi, jangan heran jika kemegahan Merapi terlihat jelas.

Pengunjung yang datang menggunakan jip biasanya akan mengambil gambar di jip dengan latar belakang Merapi. Saat mengambil gambar di Bunker Kaliadem, Anda harus berhati-hati. Pastikan alas kaki yang digunakan nyaman. Ini karena objek wisata ini berupa batu dan tanah berpasir.

Kondisi di dalam bunkerKondisi di dalam bunker

Jelajahi Bunker

Pengunjung yang datang ke Bunker Kaliadem selain mengambil gambar juga bisa masuk bunker. Jadi, mereka yang penasaran dengan isi bunker dapat langsung mencari ke dalam. Suasana di dalam bunker memang gelap. Pastikan untuk tidak sendirian saat mencoba masuk ke bunker. Dari dalam bunker, pengunjung dapat melihat sisa-sisa barang yang terbakar ketika letusan Merapi terjadi. Bunker di Kaliadem ini telah dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Namun, saat ini bunker tidak lagi berfungsi.

Berburu untuk oleh-oleh

Suvenir berburu khas Yogyakarta tidak hanya ada di Malioboro. Saat mengunjungi Bunker Kaliadem, Anda juga akan menemukan toko-toko yang menawarkan oleh-oleh khas Yogyakarta. Kebanyakan cinderamata berupa aksesoris. Jika Anda lapar atau haus tenang saja di sekitar tur ini juga berjajar kios-kios kecil. Toko menjual minuman atau makanan ringan.

Bunker Kaliadem memang terkenal dengan kisah-kisah mistisnya yang menakutkan. Tapi sekarang Bunker Kaliadem lebih dikenal karena wisata alamnya yang menakjubkan. Pemandangan Gunung Merapi inilah yang membuat Kaliadem Bunker ramai.


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS