Mengunjungi Candi Prambanan, Yogyakarta


Candi-candi besar di Area Percandian

Kuil besar di area candiKuil besar di area candi

Yogyakarta adalah kota dengan beragam pariwisata. Mulai dari wisata modern (kontemporer), wisata alam gunung atau bukit, wisata alam laut, wisata religi, wisata budaya, dan wisata sejarah. Yogyakarta juga merupakan salah satu kota dengan banyak peninggalan candi, terutama di Kabupaten Kalasan dan Prambanan. Ada satu candi di Yogyakarta yang namanya terkenal di berbagai daerah, bahkan hingga ke mancanegara, yaitu Candi Prambanan.

Kuil ini adalah salah satu candi bergaya Hindu. Lokasinya berada di Kabupaten Prambanan, Yogyakarta tepatnya di wilayah perbatasan dengan Klaten, Jawa Tengah. Candi Kertersohoran Prambanan setara dengan Candi Borobudur. Jangan heran jika tiket masuknya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan candi lain di Yogyakarta. Wisatawan domestik akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50.000 / orang. Namun, ini akan terbayar dengan pesona Candi Prambanan.

Sebelum memasuki area kuil, fotografer kuil akan siap untuk mengabadikan momen liburan kami dan segera mencetaknya dengan kecepatan yang telah ditentukan. Selain itu, ada juga tempat penyewaan pakaian tradisional Jawa untuk wisatawan yang ingin menggunakannya untuk foto.

Salah satu candi besar di area candiSalah satu candi besar di area candi

Candi Prambanan sangat melekat dengan legenda Roro Jonggrang dan seribu candi. Meskipun ini adalah legenda di masyarakat, tetapi tampaknya seribu candi cocok disebut Candi Prambanan. Saat memasuki area candi, pengunjung akan disambut dengan bentangan luas bangunan kuil dan reruntuhan candi. Sebelum memasuki area candi utama, di samping area pemandian utama ada reruntuhan candi yang tidak berbentuk, tetapi tertata rapi. Ini sangat menyenangkan mata dan mencengangkan karena merupakan pemandangan yang tidak mudah ditemukan di tempat wisata lainnya.

Candi terbesar di kawasan Candi Prambanan disebut Kuil Syiwa. Kuil terbesar ini berada di tengah, dikelilingi oleh kuil-kuil besar lainnya. Bangunan batu menjulang megah dengan halaman besar akan membuat siapa pun kagum dengan suasananya. Para pengunjung lokal dan wisatawan asing bergegas mencari tempat foto terbaik untuk mengabadikan momen liburan di kuil yang menawan ini. Karena kesibukan tur Candi Prambanan, terkadang pengunjung harus mengantri untuk bisa menaiki tangga dan memasuki bangunan candi.

Sekilas kuil dan bentuknya terlihat sama. Namun, setelah memasuki setiap candi Anda akan melihat perbedaannya, yaitu pada relief dan ukiran di dinding candi memiliki ukiran yang berbeda. Relief di setiap dinding candi ini berisi cerita dan informasi yang penting bagi arkeolog dan sejarawan. Begitu pula dengan bagian dalam candi. Setiap kuil memiliki konten yang berbeda di dalamnya, seperti patung sapi Nandi, patung Wisnu, dan dewa-dewa Hindu lainnya. Para pengunjung sangat antusias melihat setiap ukiran dan pahatan yang menakjubkan ini.

Relief di Tembok KuilRelief di Tembok Kuil

Karena area pemandian adalah area yang luas dengan sedikit vegetasi, maka ketika matahari panas panas akan terasa. Maka beberapa pengunjung akan memilih untuk menyewa payung yang sering ditawarkan. Tak jarang para pengunjung juga beristirahat di bangunan candi yang memiliki ruangan yang agak sejuk. Jika Anda puas berkeliling, pengunjung biasanya akan berlindung atau beristirahat di bagian barat area candi yang berisi beberapa pohon, atau duduk di pagar candi sambil menunggu matahari terbenam. Tidak ada penjual makanan di daerah tersebut, hanya ada penjual minuman di pintu keluar daerah, jadi jika Anda ingin berlama-lama di daerah itu, Anda harus membawa makanan ringan sendiri. Tapi, ingat jangan lupa membuangnya di tempat sampah yang sudah disediakan.

Candi Prambanan bukan hanya tujuan wisata sejarah atau budaya, tetapi juga tujuan wisata yang tepat untuk liburan keluarga.


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS