Mangut Lele Jogja Paling Enak Yang Wajib Kamu Nikmati


Mangut Lele Jogja Paling Enak Yang Wajib Kamu Nikmati

Kuliner Yogyakarta identik dengan gudeg. Padahal ada banyak makanan khas lain yang bisa kamu nikmati di Jogja, termasuk di antaranya mangut lele.

Mangut lele merupakan kuliner dengan bahan utama ikan lele, yang disajikan dalam kuah santan dengan cita rasa gurih, asam dan pedas. Tidak sedikit penjual mangut lele di Jogja, namun hanya beberapa yang sukses mencuri perhatian karena cita rasanya. Kamu yang tertarik mencicipi mangut lele wajib mengunjungi lima warung ini. Dijamin bakal terpesona, deh!

Mangut Dan Pecel Ndeso Yu Temu

Image credit: Arief Budianto

Dari tempatnya yang sederhana, kamu pasti tidak menyangka bisa menemukan mangut lele berkualitas juara di sini. Di warung Yu Temu, kamu tidak hanya bisa menikmati mangut lele, tapi juga pecel ndeso, mi goreng dan soto ayam. Berbagai baceman, mulai dari tahu, tempe, gembus dan koro juga bisa didapat di sini. Tertarik mencoba?

Lokasi: Dusun Sembungan, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR per porsi

Mangut Lele Mak Badar

Di warung Mak Badar, setiap porsi mangut lele akan disajikan dengan piring beralas daun pisang. Lelenya sendiri melalui proses pengasapan, yang menghasilkan cita rasa yang mengesankan. Menikmatinya dengan nasi putih hangat menjadikan mangut lele warung Mak Badar menjadi tidak tertandingi.

Lokasi: Dusun Ngengahan, Pedukuhan Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul (Selatan kampus ISI)
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

Bale Celeban

Image credit: Bale Celeban

Salah satu tempat makan di Jogja yang menyajikan mangut lele adalah Bale Celeban. Yang spesial dari mangut lele Bale Celeban adalah lelenya yang beraroma asap yang khas dengan daging yang padat. Untuk menambah cita rasa, kuah santan yang menyelimuti lele dicampur daun kemangi agars emakin wangi. Selain mangut lele, kamu juga bisa menikmati kuliner khas lainnya, seperti brongkos dan banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. Celeban No. 374, Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta
Jam buka: Selasa – Minggu, 11.00 -24.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

Warung Mangut Bu Is

Image credit: Jajan Yogya

Yang menjadikan mangut lele Bu Is terkenal adalah sayur pendamping kala menikmati sajian ini. Dalam setiap pesanan mangut lele akan disajikan lalapan pendamping, mulai dari kemangi, timun, daun kenikir, daun pepaya, tauge dan kecipir. Belum lagi urapan, sambal petis dan tumis cabai yang menambah keseruan menikmati mangut lele bersama keluarga, teman dan sahabat.

Lokasi: Jl. Imogiri Barat No.12, Turi, Sumberagung, Jetis, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

Mangut Lele Mbah Marto

mangut lele jogjaImage credit: bocahkulineran.id

Bisa dikatakan mangut lele Mbah Marto adalah mangut lele paling legendaris dan terkenal di Jogja. Hampir semua orang mengenal sajian mangut lele Mbah Marto yang khas, mulai dari cara memasaknya yang masih menggunakan kayu bakar hingga kualitas lele yang empuk serta kuah dan bumbunya yang memiliki tekstur pedas. Selain mangut lele, kamu juga bisa memesan menu lain seperti opor ayam, gudeg, sambal goreng krecek hingga garang asem.

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 11.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

Baca juga: 8 Tempat Makan Gudeg Jogja Yang Ikonik Dan Ngehits

Nah, tertarik menikmati mangut lele khas Jogja?


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS