Makanan Khas Sukabumi Untuk Wisata Kuliner Asyik Menyenangkan


Makanan Khas Sukabumi Untuk Wisata Kuliner Asyik Menyenangkan

Sukabumi sebagai salah satu kota kecil yang cukup sejuk dan sepi adalah tempat yang nyaman untuk berakhir pekan. Semakin nyaman lagi karena Sukabumi memiliki beragam makanan khas dan banyak destinasi wisata kuliner yang sudah terkenal kelezatannya, lho!

Lokasi dari tempat-tempat ini berdekatan dan jika berniat, kamu bisa mengelilinginya dalam sehari. Jangan meremehkan juga jika tempatnya terlihat sederhana karena di baliknya kamu bisa menikmati hidangan-hidangan yang nikmat, baik halal maupun non-halal. Makanan khas Sukabumi rekomendasi TripZilla di bawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk menemukan hidangan dan berwisata kuliner yang dijamin akan menggoyang lidahmu!

1. Kunyah kenyal dan manisnya Mochi Ahmad Yani

makanan khas sukabumiImage credit: Mochi Ahmad Yani Sukabumi

Mochi Ahmad Yani menjadi makanan khas Sukabumi yang sudah melegenda, namun jika kamu bukan pelanggan tetap, maka mungkin akan kesulitan menemukan tokonya. Kamu perlu memasuki gang yang sempit dan akan menemukan rumah di dalamnya dan itulah toko Mochi Ahmad Yani yang legendaris.

Meskipun butuh usaha, mochi di sini benar-benar hidden gem sehingga kamu nggak akan rugi mencarinya. Rasanya lembut, segar, wangi alami dan isi kacangnya banyak. Kamu juga dapat berbelanja produknya secara online lewat Tokopedia. Toko ini juga menjual penganan lain seperti permen jahe wijen, kue sari jahe dan lempok dodol sirsak yang unik dan bikin ketagihan.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.170A/190, Kebonjati, Kecamatan Cikole, Sukabumi
Jam Buka: Senin-Selasa, Kamis-Minggu, 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

2. Bubur ayam yang isinya memuaskan di Bubur Odeon

Image credit: Bubur ODEON

Bubur Odeon yang juga membuka cabang di Cianjur ini jadi tujuan populer bagi penggemar wisata kuliner di Sukabumi. Bubur yang notabene cocok disantap di tengah udara dingin, apalagi jika ditambah suwiran ayam kampung yang gurih dan lembut akan makin membuatmu tergoda.

Yang membedakan Bubur Odeon dengan bubur ayam lainnya adalah pilihan lauk pendampingnya seperti kentang, sayur asin dan ati ampela. Kuah bubur yang berbumbu juga menambah kelezatan citarasa Bubur Odeon ini. Meskipun hanya bubur namun akan membuatmu kenyang karena isiannya yang padat, lho!

Alamat: Jl. Pajagalan No.36, Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21. 30 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

3. Nongkrong di malam hari sambil menyantap Bandros Ata

makanan khas sukabumiImage credit: Wikimedia

Kamu nggak bisa tidur atau lapar di tengah malam? Jangan khawatir, kamu dapat mengisi waktu dengan membeli cemilan di Bandros Ata. Bandros sendiri terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan dibubuhi parutan kelapa. Bandros yang masih hangat akan menguarkan aroma harum dan teksturnya lembut saat dikunyah. Bandros Ata telah dijual sejak tahun 1950-an oleh pemilik pertamanya yaitu Mbah Atta. Meskipun tempatnya sederhana, namun Bandros Ata tidak pernah sepi pengunjung. Bayangkan kalau kamu menyantap bandros ini di tengah dinginnya malam, mungkin kamu nggak bisa berhenti makan!

Alamat: Jl. Gudang No. 4, Kebonjati, Kecamatan Cikole, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 20.30 WIB – 06.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

4. Kalau bosan dengan soto mie yang biasa, cobalah Soto Mie Agih Sukabumi (Non-halal)

makanan khas sukabumiImage credit: SOTOMIE AGIH

Kalau kamu merasa soto mie yang kamu jumpai itu-itu saja, itu berarti kamu perlu datang ke kedai Soto Mie Agih. Varian soto mie babat, soto mie bakut, soto mie jumbo atau jumbo spesial yang dijual di sini akan membuatmu terus-menerus menyuap karena rasanya yang sedap. Bumbu-bumbu yang digunakan asli, terbukti dari rasa kuahnya yang segar. Soto mie di sini nonhalal, dan selain soto juga dijual nasi campur dengan babi panggang dan mie kocok. Daging babi yang lembut dan gurih banget membuat rasa Soto Mie Agih lain dari yang lain, yummy!

Alamat: Jl. A. Yani No.307, Kebonjati, Kecamatan Cikole, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

5. Jangan meremehkan Mie Goreng Acoy yang kondang ini

makanan khas sukabumiImage credit: Wikimedia

Apa istimewanya Mie Goreng Acoy dibanding mie yang lain? Pertama, porsi yang besar sehingga kamu bisa mengajak teman atau saudaramu untuk makan bareng. Kedua, varian yang disediakan. Kamu dapat menemukan menu mie goreng biasa atau mie goreng tulang selain bihun dan nasi goreng di sini. Ketiga, Mie Goreng Acoy menggunakan mie khas Sukabumi yang diproduksi di kawasan Odeon tanpa bahan pengawet makanan sehingga mie yang kamu santap benar-benar segar. Selain itu mie berukuran lebih besar dan dengan kombinasi bumbu yang tepat, rasa gurih dan manis akan berpadu sempurna di mulutmu. Menyantap mie ini akan membuat perutmu kenyang dan hatimu puas deh!

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 01.00 WIB
Harga: Mulai dari 28,000 IDR

6. Nostalgia masa lalu dengan Roti Tjiang Lie

makanan khas sukabumiImage credit: jeffreyw

Roti ini dikenal juga dengan sebutan Roti Priangan dan pembuatnya bernama Oey Tjiang Lie. Pabrik roti ini telah berdiri sejak tahun 1943 dan hingga kini menyajikan rasa yang tetap otentik. Jika kamu mempunyai orang tua dari Sukabumi atau ingin menjajal rasa jadul makanan khas Sukabumi, kamu perlu mencicipi roti ini. Hingga kini, proses pembuatan rotinya masih menggunakan alat tradisional tanpa bahan pengawet. Roti yang menjadi ciri khas adalah roti tanduk yang berbentuk seperti tanduk dengan isi mentega dan susu. Kesederhanaan rasa justru menjadi keunggulan dari Roti Tjiang Lie ini. Kalau kamu jeli, roti ini juga dijual berkeliling dengan gerobak dengan label tulisan berwarna biru. Jadi nggak sulit untuk mendapatkan roti ini di Sukabumi ya!

Alamat: Jl. Parigi, Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

7. Cicipi bakmi yang tidak kalah terkenal di Bakmi Goreng Ook Odeon

makanan khas sukabumi

Kamu harus gesit jika ingin menikmati bakmi goreng nonhalal ini di akhir pekan, sebab kamu akan menemukan antrean yang panjang. Saat menikmati bakminya, kamu dapat meminta tambahan minyak babi goreng agar rasanya semakin legit dan gurih. Mie yang digunakan adalah mie khas Sukabumi yang tebal sehingga setiap kunyahanmu semakin terasa. Digoreng dengan menggunakan bahan bakar arang, rasa smokey yang khas akan membayang di balik gurihnya bumbu dan manisnya sosis babi saaat kamu menyantapnya. Selain bakmi, kedai ini juga menjual bihun goreng, bihun kuah dan nasi goreng yang juga menunggu untuk kamu cicipi.

Alamat: Jl. Pajagalan, Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 00.00 WIB – 12.00 WIB, 16.00 WIB – 00.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

8. Tidak perlu bingung dengan penampilannya, rasakan saja nikmatnya Sunphia Odeon ini

Image credit: pulaw

Odeon yang merupakan kawasan Pecinan di Sukabumi menyimpan satu penganan unik lain yaitu Sunphia Odeon. Sunphia Odeon sebenarnya merupakan lumpia yang digoreng tetapi disajikan dengan penampilan yang berbeda. Di sini, sunphia dipotong-potong dan terhidang dengan pelengkap kentang, tahu serta irisan mentimun. Siraman saus kacang akan menambah semarak hidangan ini dan kamu dapat menambahkan kecap jika suka. Sunphia di Jl. Odeon dijajakan di gerobak-gerobak di samping Vihara Widhi Sakti. Rasakan renyah sunphia berpadu dengan gurih manis saus kacang di sini, sederhana namun enak!

Alamat: Jl. Odeon, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

9. Nasi kuning yang berkuah ala Nasi Kuning Gang Nugraha

Image credit: Wikimedia

Kuah di nasi kuning ini yang membuat salah satu lapak di Gang Nugraha ini terkenal dengan sebutan nasi kuning banjir. Kamu akan mudah menemukan Nasi Kuning Gang Nugraha karena terletak di mulut gang dan jangan kaget kalau nasi kuning ini banyak penggemarnya. Disajikan dengan sayur labu siam yang berkuah, kamu dapat menyebut kata banjir jika ingin porsi kuah yang banyak. Kenikmatan nasi kuning ini bertambah dengan pilihan lauk berupa empal daging dan oseng tempe. Nggak rugi buru-buru bangun pagi demi nasi kuning yang gurih dan nikmat ini lho!

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Gang Nugraha, Kecamatan Cikole, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 05.30 WIB – 09.15 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

10. Sekoteng Singapore yang hangat dan berbeda dengan sekoteng lainnya

Image credit: congerdesign

Sekoteng Singapore ini adalah salah satu kedai sederhana yang juga nggak bisa dipandang sebelah mata. Kamu akan melihat bahwa sajian sekoteng di sini berbeda dengan sekoteng kebanyakan karena tersaji dengan biskuit yang menambah rasa manis lembut dalam sekotengnya. Selain itu, takaran jahe yang pas dengan isian kacang hijau, kolang kaling, pacar cina dan potongan roti tawar membuat kenikmatan seporsi Sekoteng Singapore semakin terasa. Kamu bisa menyeruput Sekoteng Singapore ini bersama-sama dengan teman atau saudara, pasti akan semakin seru!

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.293, Kebonjati, Kecamatan Cikole, Sukabumi
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 01.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: 18 Destinasi Wisata Di Sukabumi Yang Keren, Ngehits Dan Instagrammable

Makanan khas yang enak dan harganya terjangkau, Sukabumi memang pas untuk kamu yang ingin wisata kuliner tanpa bikin kantong bolong!


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS