Jelajahi Banten, dijuluki sebagai The Sunset of Java


Yudi Rahmatullah

Sunset Kemerahan di BantenSunset Kemerahan di Banten

Terima kasih Tuhan. Saya sekarang tinggal di Banten. Sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa yang semakin populer karena merupakan tujuan wisata bagi para pelancong yang mencintai alam. Sebut saja Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), konservasi terumbu karang di Tanjung Lesung, pulau-pulau yang masih asli, dan pantai yang indah. Semuanya adalah wisata andalan yang dimiliki Banten.

Pelancong yang suka berpetualang cenderung cocok jika menuju ke Taman Nasional Ujung Kulon untuk mencari dan melihat keberadaan badak bercula satu yang hampir punah. Di kawasan konservasi badak Jawa ini ada juga Pulau Panaitan yang dikunjungi oleh banyak peselancar, baik lokal maupun internasional, untuk mencoba ombak ganas di pantai ini.

Tapi, bagi Anda yang hanya ingin bersantai dan menikmati suasana pantai yang lebih privat, Anda bisa menikmati kealamian laut dengan snorkeling di area konservasi terumbu karang di Tanjung Lesung, Pulau Oar, dan Pulau Sangiang.

Matahari terbenam di Wilayah Pesisir BantenMatahari terbenam di Wilayah Pesisir Banten

Pantai di Banten

Bagi keluarga wisatawan dan pelancong yang lebih memilih staycation tentu cukup memuaskan ketika mengunjungi pantai-pantai di Banten. Mulai dari daerah pantai ke barat Banten ke selatan Banten. Mulai dari pantai di Kabupaten Anyer dan Carita, hingga pantai di Kabupaten Pandeglang dan Lebak.

Pilih saja Pantai Sambolo, Pantai Bandulu, Pantai Pasir Putih Sirih di Anyer. Atau, Pantai Lombok, Pantai Lippo, Pantai Karangsari Carita, dan Pantai Pasir Putih di Carita. Semua pantai ini memiliki karakteristik yang sama, berpasir dan dengan ombak sedang. Tidak mengherankan, hampir semua pantai tersedia di banyak olahraga air, seperti perahu pisang, perahu donat, snorkeling, selancar, jetsky, memancing menggunakan spearfishing, dan sepeda motor ATV.

Saya telah mengunjungi semua pantai sebelumnya. Dan, memang yang paling juara adalah Klub Pantai Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang!

Pantai di Kawasan Taman Nasional Ujung KulonPantai di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon

Sangat memuaskan untuk bisa bermain olahraga air sepanjang hari atau hanya menikmati suasana pantai. Banyak pengunjung menyewa gazebo, payung pantai, atau ada yang terlihat membawa tenda. Tapi, kalau saya hanya duduk-duduk di warung pantai saja.

Pantai-pantai di Kabupaten Lebak yang lebih alami dan tidak banyak orang datang akan terasa lebih pribadi. Untuk petualang, peselancar, dan mereka yang lebih suka suasana yang lebih tenang, Anda dapat memilih Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Layar, dan Pantai Legon Pari. Bagi yang suka mencari hewan laut, Anda bisa mengunjungi Pantai Tas, Pantai Binuangeun.

Saya hanya sesekali datang ke pantai di daerah ini. Alasannya, karena jaraknya cukup jauh. Tapi, itu akan sangat berharga jika Anda ingin mencoba datang.

Warna Sunset Kekuningan di BantenWarna Sunset Kekuningan di Banten

Banten, Matahari Terbenam di Jawa

Provinsi Banten berada di wilayah paling barat di pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini dibentuk pada 17 Oktober 2000 dengan pusat pemerintahan di Kota Serang.

Karena terletak di bagian paling barat pulau Jawa ini, Banten adalah daerah yang menerima bagian dan pemandangan tempat matahari terbenam di barat. Di provinsi ini, Anda akan melihat matahari terbenam dengan jelas.

Apalagi di daerah pantai Banten, terutama di pantai yang saya sebutkan tadi. Anda dapat melihat matahari terbenam sampai menghilang di bawah cakrawala. Wow luar biasa! Warna matahari setiap hari akan berbeda tergantung pada langit yang cerah, cuaca, dan mungkin suhu hari itu.

Pantai Alam di Banten SelatanPantai Alam di Banten Selatan

Saat bepergian ke pantai dan menyaksikan matahari terbenam, saya jadi tahu bahwa warna matahari saat matahari terbenam tidak sama, tidak hanya oranye. Namun, warnanya bisa merah terang, oranye gelap, kekuningan, bahkan merah muda. Sangat cantik!

Cobalah untuk mulai datang ke pantai pada jam 5 sore. Pada saat ini, pantai wisata umum sudah mulai sepi. Hanya saja, pantai di dekat hotel akan selalu ramai oleh tamu hotel. Bagi Anda yang tidak menginap di hotel, Anda dapat menunggu matahari terbenam di warung terdekat sambil menikmati minuman dan penawaran makanan spesial.

Liburan di Pantai-pantai di Banten

Tergantung di pantai mana Anda akan pergi. Untuk pantai di Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Anda dapat keluar dari Gerbang Tol Serang Timur. Jika Anda memilih Anyer, dapat keluar dari Gerbang Tol Cilegon Timur atau lebih cepat dan tidak macet jika Anda keluar dari Gerbang Tol Serang Barat dan memilih rute alternatif ke Desa Mancak. Maka, Anda hanya perlu mengikuti arah jalan.

Dari pulau Sumatera, akan lebih dekat ke pantai di Pulomerak – Cilegon. Ada sejumlah pilihan pantai yang menurut saya cukup menarik, seperti menyeberang ke Pulau Little Peacock atau mengelilingi Pulau Big Peacock dengan perahu nelayan. Pantai wisata di kota baja ini juga dapat dicapai melalui Gerbang Tol Merak.

Senja Kuning CerahSenja Kuning Cerah

Untuk melihat matahari terbenam lebih puas, Anda bisa menginap di berbagai penginapan di kawasan pantai Banten. Harganya mulai dari 150 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis penginapan yang akan Anda pilih. bagi saya, penginapan dengan harga sekitar 200 ribu fasilitas sudah cukup untuk memuaskan backpacker.

Bahkan lebih nyaman jika Anda memilih penginapan melalui aplikasi pemesanan hotel. Jadi, Anda dapat melihat ketersediaan kamar dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ok, traveler. Selamat menikmati liburan dan melihat matahari terbenam yang indah di Banten, The Sunset of Java.


Like it? Share with your friends!

-1
-1 points

DON'T MISS