Dusun Bambu Lembang, Wisata Alam Terbaik di Bandung


Dusun Bambu Lembang, Wisata Alam Terbaik di Bandung

Jika kamu ingin menikmati alam Bandung tanpa gangguan, kamu bisa arahkan setir ke kawasan Lembang. Disana terdapat berbagai macam wisata alam menarik yang bisa kamu temukan. Salah satunya adalah Dusun Bambu Lembang.

Dusun Bambu Lembang merupakan sebuah konsep wisata alam di Bandung yang sangat ampuh untuk menyegarkan otak dan melepaskan penat. Wilayah dusun ini luas dan terdapat berbagai macam spot menarik dimana di spot – spot tersebut berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan oleh pengunjung.

Berbagai pengalaman pastinya bisa didapatkan dengan berkunjung ke salah satu tempat wisata alam di Bandung tersebut. Jika kamu berada di Bandung, kamu bisa segera arahkan setir ke wilayah Lembang dan berkunjunglah ke Dusun Bambu Lembang. So recommended!

Review Wisata Dusun Bambu Lembang

Review Wisata Dusun Bambu Lembang

Alamat : Jl Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat
Map : Klik disini
Jam buka : Dusun Bambu Lembang buka pada Hari biasa buka pukul 09.00 – 21.00 WIB, sementara hari libur buka lebih awal dan tutup lebih lama di pukul 08.00 – 23.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00 per orang di hari biasa dan Rp 25.000,00 per orang di hari libur

Dusun Bambu Lembang merupakan salah satu alternatif wisata di Bandung yang murah dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga. Dusun Bambu menjadi tujuan wisata yang mulai dikenal publik sekitar awal tahun 2014 silam.

Dari awal wisata ini beroperasi sudah langsung menyedot perhatian pengunjung. Animo masyarakat untuk berwisata di tempat wisata ini sangat baik karena memang alamnya yang segar, kontur udara yang menenangkan dan pastinya halaman luas yang cocok dijadikan tempat melakukan berbagai macam aktivitas.
Berbagai wahana yang tersedia juga sangat menarik.

Dusun Bambu menjadi sebuah objek wisata alam Bandung yang hadir dengan konsep eco friendly. Jadi jika kamu sedang mencari rekomendasi eco wisata di Jawa Barat, maka Dusun Bambu Lembang bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Area Dusun Bambu sendiri bisa dikatakan luas. Semua elemen didalamnya tertata dengan sangat baik. Tersedia aneka ragam kuliner, restoran unik, berbagai wahana bermain, bahkan sampai tempat menginap pun ada di Dusun Bambu ini. Soal konsep, Dusun Bambu merupakan sebuah tempat wisata yang terkonsep dengan sangat baik.

Dusun Bambu LembangDusun Bambu Lembang

Buat kamu yang ingin berlibur di Dusun Bambu Lembang, kamu bisa memilih beberapa alternatif jalur wisata. Beberapa jalur alternatif yang kamu bisa lewati untuk sampai di Dusun Bambu sebagai berikut :

Rute utama yang bisa dilewati untuk sampai di Dusun Bambu adalah melalui Ledeng ke Lembang, melewati jalur Parongpong dan kamu akan tiba di lokasi wisata. Kamu tinggal ikuti jalan utama menuju ke Lembang. Kemudian kamu belok ke arah kiri Parongpong dari pertigaan sebelum kota Lembang.Selain rute itu juga ada rute alternatif yaitu melalui Ledeng menuju ke Jalan Sersan Bajuri. Dari Jalan Sersan Bajuri menuju ke Parongpong. Rute ini merupakan rute yang bisa dilewati juga untuk ke Kampung Daun, Kampung Gajah dan berbagai café dekat area tersebut.Rute selanjutnya melalui Cimahi. Dari Cimahi kamu akses jalur Jalan Cihanjuang kemudian ke Parongpong dan kamu akan segera tiba di lokasi.Masih dengan rute Cimahi. Kamu bisa lewat Jalan Kolonel Masturi dan tiba di lokasi. Rute alternatif ini bisa kamu ambil jika starting point kamu dari area Cimahi.Kemudian juga ada rute alternatif dari Bandung kota. Kamu arahkan setir ke arah jalur Jalan Gegerkalong Girang menuju Jalan Cihanjuang. Kemudian ke arah Parongpong dan baru kamu akan tiba di lokasi.

Itulah beberapa rute alternatif yang kamu bisa lewati untuk sampai di lokasi wisata Dusun Bambu Lembang. Kamu bisa sesuaikan saja rute mana yang akan kamu pilih sesuai dengan lokasi kamu saat ini.

Pilih jalur terdekat agar perjalanan kamu tidak terlalu lama untuk sampai di Dusun Bambu. Setelah dari Dusun Bambu, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan Dago. Kamu bisa berkunjung ke Dago Dream Park.

Baca : Dago Dream Park, Wisata Bandung yang Berhasil Sedot Perhatian Publik

Fakta Tentang Dusun Bambu Lembang

Nah, untuk kamu yang masih belum pernah ke Dusun Bambu dan belum punya gambaran tentang Dusun Bambu ini seperti apa ada beberapa fakta tentang Dusun Bambu yang kamu harus tahu. Adapun fakta tersebut diantaranya :

One stop holiday concept

One stop holiday concept Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu termasuk salah satu wisata yang masuk ke dalam one stop holiday. Hal tersebut karena Dusun Bambu menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung yang akan mendukung berbagai macam kegiatan wisatawan untuk liburan.

Selain itu, Dusun Bambu juga menyuguhkan pesona keindahan alam yang sangat memukau dengan pesona budaya tradisional Sunda yang sangat khas.

Objek wisata ini mengusung konsep tradisional khas Sunda dengan tema modern kontemporer. Kawasan objek wisata ini juga termasuk suatu kawasan wisata berupa konservasi bambu yang memiliki kesan atmosfer dusun yang sangat unik dengan nuansa vintage yang sangat berkelas.

Menjadi sebuah wisata yang memberikan fasilitas dan akomodasi menarik

Wisata Dusun Bambu kini sudah memiliki situs resmi yaitu dusunbambu.id. Kamu bisa lihat di situs resmi dusunbambu.id tersebut terdapat berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh Dusun Bambu mulai dari restoran, penginapan sampai dengan berbagai aktivitas lain bisa kamu lakukan.

Dusun Bambu Lembang

Kawasan Dusun Bambu sendiri memiliki arena bernama Kampung Layung dan Camping Ground yang menghadirkan sensasi menginap yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sementara untuk wisata kulinernya, kamu bisa mencoba berbagai fasilitas seperti Pasar Khatulistiwa, Café Burangrang, Resto Pohon Lutung Kasarung serta Gazebo yang bernama Gazebo atau Resto Purbasari.

Di Dusun Bambu, kamu juga bisa beraktivitas bersama keluarga di area Kampung Ulin. Kamu bisa menikmati aktivitas bermain flying fox, hammock, paintball, hammock tower, lempar pisau, bebedilan dan masih banyak lagi wahana lain yang kamu bisa mainkan di Dusun Bambu.

BACA JUGA : 25 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Selain itu juga terdapat spot foto keren yang kamu bisa jumpai. Kamu pun bisa mengabadikan semua moment selama berwisata di Dusun Bambu dan pastikan dapatkan berbagai macam keseruan wisata selama di Dusun Bambu. Pastikan memori kamera kamu nggak penuh dan bawa memori cadangan supaya kamu tetap bisa aman memotret apapun di Dusun Bambu.

Wisata ramah keluarga dan ramah anak

Wisata ramah keluarga dan ramah anak

Buat kamu yang masih bingung mencari tempat wisata alam yang ramah keluarga dan ramah anak di Bandung, maka kamu bisa datang ke Dusun Bambu Lembang. Banyak wahana yang disediakan dan pastinya akan sangat menyenangkan sebagai spot wisata.

Kamu yang membawa anak bisa mengenalkan tentang alam kepada anak sekaligus bisa bermain di alam bebas yang udaranya sejuk dan indah di Dusun Bambu ini. Pastinya anak akan senang dan bahkan nggak bakal mau pulang kalau sudah jalan – jalan dan bermain di Dusun Bambu.

Aktivitas Terbaik Wisatawan di Dusun Bambu Lembang

Bersepeda di alam bebas

Bersepeda di alam bebas Dusun Bambu Lembang

Di kawasan Dusun Bambu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas rental sepeda untuk berkeliling di kaki gunung Burangrang. Bersepeda tentunya tidak hanya fun, melainkan juga banyak tantangannya. Kamu juga bisa menikmati suasana alam yang sangat sejuk selama di Dusun Bambu.

Kamu bisa bersepeda mengelilingi kebun teh hijau yang indah dan memiliki udara sejuk, menikmati aneka pesona tumbuhan hijau sepanjang jalan, melintasi beberapa areal terjal yang cukup menantang dan pastikan semua sensasi seru bisa kamu rasakan.

Menikmati pesona keindahan Taman Bunga Arimbi

Di Dusun Bambu juga ada areal wisata yang bernama Taman Bunga Arimbi. Taman Bunga Arimbi merupakan sebuah taman bunga dengan hamparan bunga aneka warna yang menyejukkan setiap mata yang memandangnya.

Taman Bunga Arimbi berada tepat di kaki gunung dengan warna yang memukau dan tentunya sangat menyejukkan mata sekaligus pikiran. Belum lagi sensasi udara yang sejuk bisa kamu temukan. Stress dijamin bisa langsung hilang selama menyaksikan kecantikan areal Taman Bunga Arimbi ini.

Bermain di Balad Lodaya

Bermain di Balad Lodaya

Balad Lodaya bukan sekedar area bermain. Balad Lodaya juga merupakan area untuk mengasah bakat dan juga kekuatan anak – anak. Kamu dan anak – anak bisa melakukan permainan tradisional di alam.

Selain bisa bermain bersama alam, anak – anak juga bisa berinteraksi dengan teman sekitar selama di Balad Lodaya. Tempat bermainnya aman sehingga keluarga tidak perlu khawatir selama anak – anak bermain bersama anak – anak pengunjung lain di Balad Lodaya ini.

Aktivitas menanam padi di Paddy Field

Bale Padi RestoBale Padi Resto

Di Dusun Bambu Lembang, terdapat suatu area bernama Paddy Field. Apa itu Paddy Field?

Paddy Field merupakan tempat luas atau lahan luas yang dijadikan sebagai tempat bercocok tanam. Disini pengunjung bisa belajar tentang pertanian. Di Paddy Field, pengunjung akan menyaksikan terdapat berbagai macam produk pertanian, dan belajar berbagai hal.

Selain bisa belajar, di Paddy Field tentu saja pengunjung bisa cuci mata dengan memandang hamparan sawah hijau yang sangat indah. Kemudian ketika kamu berkunjung kesini bertepatan dengan musim panen tiba, kamu pun bisa turut memanen padi bersama para petani.

Makan dan minum teh di Café Burangrang

Makan dan minum teh di Café Burangrang - Dusun Bambu Lembang

Café Burangrang merupakan salah satu resto di Bandung yang terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat luar biasa. Selain memberikan sajian keindahan alam yang luar biasa sehingga cocok menjadi spot berfoto, Café Burangrang juga menyajikan aneka ragam makanan yang lezat dan minuman unik yang menyegarkan.

Di Café Burangrang ini, pengunjung bisa sarapan, makan siang atau sekedar bersantai sejenak. Berbagai menu dihadirkan. Kamu bisa memilih menu ayam bakar bambu betutu, bebek bakar bambu betutu, cumi ala Dusun Bambu sampai nasi bakar kelapa muda yang unik dan memiliki cita rasa khas.

Resto Pohon Lutung Kasarung

Lebih unik dari café Burangrang, Resto Pohon Lutung Kasarung merupakan tempat makan super unik yang sulit ditemukan di Indonesia. Resto Pohon Lutung Kasarung merupakan sebuah tempat makan unik yang cocok buat kamu yang ingin makan diatas pohon.

Kamu akan merasakan sensasi makan yang berbeda di Resto Pohon Lutung Kasarung. Restonya tergantung di bagian tengah pohon dengan bentuk sangkar yang romantismenya bisa kamu rasakan. Kamu pastinya akan merasakan berbagai hal yang tak ada duanya selama makan di Resto Pohon Lutung Kasarung.

Arsitektur dari Resto Pohon Lutung Kasarung memang sangat unik. Dirancang dengan konsep menggantung dalam bentuk kapsul dan memiliki dinding berhiaskan ranting pohon selayaknya sangkar burung.

Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari

Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari - Dusun Bambu Lembang

Jika kamu merasa malas makan di rumah pohon Lutung Kasarung karena terlalu tinggi, kamu bisa makan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari. Disana kamu bisa bersantai menikmati hidangan dengan konsep lesehan. Santai banget pastinya sob!

Kamu bisa menikmati sajian kuliner khas Bandung atau makanan tradisional khas Indonesia lainnya dengan duduk santai. Kamu pun bisa menikmati eksotisme danau yang sangat indah dan asri. Ada beberapa menu tersaji di Bamboo Gazebo Saung Purbasari.

Beberapa menu yang tersaji di Bamboo Gazebo Saung Purbasari diantaranya ayam goreng, karedok, tahu dan tempe bacem, pepes jamur, pepes peda, sepat cabai hijau dan masih banyak lagi lainnya.

Belanja sayuran di Pasar Khatulistiwa

Daerah Lembang selama ini dikenal sebagai tempat populer penjual sayur dan buah segar. Nah, salah satu tempat terbaik untuk belanja sayuran dan buah segar di Lembang adalah di Pasar Khatulistiwa ini. Disana ditawarkan berbagai macam produk pertanian yang bisa kamu bawa pulang.

Selain dijual berbagai produk pertanian, aneka ragam makanan khas Sunda serta kerajinan masyarakat Gunung Burangrang juga bisa kamu beli. Pasar Khatulistiwa ini hadir dengan menyuguhkan suasana yang cukup nyaman untuk berbelanja. Pastinya kamu akan nyaman dan nggak malas walau belanja di pasar!

Oh ya, kalau masih belum puas belanja di Pasar Katulistiwa, kamu bisa belanja di salah satu mall terbesar Bandung. Baca : Wisata Bandung – Trans Studio Mall

Merasakan asyiknya kemah di Dusun Bambu Family Leisure Park

Merasakan asyiknya kemah di Dusun Bambu Family Leisure Park

Jika kamu merasa bosan liburan di Bandung dan menginap di hotel biasa, maka kamu bisa sekali – kali camping. Kamu bisa merasakan camping seru di Dusun Bambu Lembang. Udara khas Bandung yang sejuk dengan pemandangan alam dipadukan langit penuh bintang akan menjadi teman tidur kamu selama berkemah.

Di Dusun Bambu, kamu pun bisa belajar banyak karena pada dasarnya tempat wisata ini merupakan ekowisata dengan konsep 7E yaitu edukasi, ekonomi, etika, etinologi, estetika dan entertainment. Kamu tak akan hanya terhibur dan rileks, kamu juga bisa membawa keluarga belajar banyak hal di Dusun Bambu Lembang.

BACA JUGA : 25 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dicoba

Jika kamu ingin booking tempat berkemah di Dusun Bambu, kamu bisa booking tempat dengan harga 2 juta rupiah dan bisa digunakan beramai – ramai.

Namun jika kamu butuh tempat menginap yang lebih murah, kamu bisa cari tempat penginapan di luar Dusun Bambu. Harganya jauh lebih terjangkau.

Beberapa hotel budget yang dibanderol dengan harga kamar per malam sangat terjangkau di Dusun Bambu diantaranya :

Lembang Asri Resort

Lembang Asri Resort

Lembang Asri Resort merupakan sebuah hotel yang bisa menjadi alternatif bermalam kamu di sekitar Lembang. Kalau kamu malas kemah atau glamping seru di Dusun Lembang, kamu bisa bermalam di Lembang Asri Resort.

Lokasi Lembang Asri Resort berada di Jalan Kolonel Masturi, Kilometer 4, Lembang. Lembang Asri Resort terletak di sisi dingin Lembang dan memiliki suhu 18 – 20 derajad celcius yang menyebabkan kontur udaranya cenderung dingin namun sejuk.

Lembang Asri Resort berada di 1300 meter dari permukaan laut. Resort ini merupakan sebuah hotel yang sangat nyaman untuk bermalam dan sangat ideal menjadi tujuan bermalam keluarga.

Lembang Asri Resort memiliki 79 unit ruang yang terbagi ke dalam 77 unit kamar tidur dan 2 buah vila yang bisa disewa. Juga terdapat restoran yang menyajikan aneka makanan tradisional Indonesia yang bernama Cempaka Restaurant.

Holiday Inn Bandung

Holiday Inn Bandung

Selanjutnya ada hotel yang bernama Holiday Inn Bandung. Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda nomor 31 – 33, Bandung. Hotel ini tidak berada di Lembang, melainkan di kawasan Dago.

Holiday Inn Bandung berjarak kurang lebih sekitar 650 meter dari kawasan perbelanjaan di Kartika Sari Dago dan Jalan Riau. Holiday Inn Bandung dikelilingi pepohonan kelapa yang asri dan menawarkan kolam renang dan fasilitas spa yang lengkap.

The Green Forest Resort

The Green Forest Resort - Dusun Bambu Lembang

Hotel dekat wisata alam di Bandung yang juga cocok menjadi tempat bermalam Anda adalah The Green Forest Resort. Lokasinya berada di Jalan Sersan Bajuri nomor 102 Cihideung, Lembang. The Green Forest Resort memiliki meja depan 24 jam dengan taman dan teras.

Kemudian juga ditawarkan fasilitas lain termasuk fasilitas rapat dan binatu. Berbagai macam aktivitas juga bisa dilakukan di The Green Forest Resort. Kamu bisa menyewa kamar hotel yang sangat nyaman dengan harga sewa per malam yang sangat murah di The Green Forest Resort.

BACA JUGA : 15 Tempat Wisata Bandung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tea Garden Resort

Tea Garden Resort

Lokasi dari Tea Garden Resort berada di Cigeureung desa Cicadas, kecamatan Sagalaherang, Lembang. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 jam berkendara dari Bandara Husein Sastranegara. Tea Garden Resort berdiri diatas lahan perkebunan teh seluas 20 hektar.

Kamu yang bermalam di Tea Garden Resort sekaligus bisa menikmati sensasi sejuk dari kebun teh dan sejauh mata memandang pesona kebun teh luas akan memanjakan mata kamu. Resort Tea Garden Resort sendiri menawarkan akomodasi yang cukup luas dengan pemandangan pegunungan yang sangat megah dilengkapi balkon yang nyaman sebagai area bersantai.

De Villa I Istana Bunga

De Villa I Istana Bunga

Terakhir ada De Villa I Istana Bunga yang juga cocok menjadi tempat bermalam di Bandung. Lokasi dari De Villa I Istana Bunga berada di Jl Vila Istana Bunga blok VI-3, Bandung. Hotel ini hadir menawarkan berbagai macam fasilitas untuk pengunjung dengan pemandangan alam sekitar yang benar – benar memukau.

Kamu yang tertarik berwisata di sekitar Dusun Bambu Lembang dan mencari hotel budget untuk bermalam, bisa bermalam di salah satu hotel diatas. Jadikan liburan kamu di Bandung menyenangkan dan tak terlupakan. Selamat berlibur!

Dan jangan lupa mampir sejenak untuk berbelanja oleh-oleh di 10 Tempat Wisata Belanja Murah di Bandung yang Wajib Dikunjungi


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS