Cokelat Buatan Indonesia yang Harus Dicicipi Para Chocoholic


Cokelat Buatan Indonesia yang Harus Dicicipi Para Chocoholic

Cokelat, makanan yang akrab di lidah semua orang, baik tua maupun muda. Cokelat juga hadir di segala suasana, saat ada peristiwa gembira atau untuk membuat mood kamu terasa lebih baik. Tidak perlu repot mencari cokelat impor, karena banyak juga merek cokelat asli dan buatan Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya.

Sebagai warga Indonesia, negara yang menghasilkan biji kakao berlimpah, kamu perlu mengenal dan mencoba cokelat-cokelat buatan Indonesia ini. Ragam rasanya unik karena diadaptasi dengan rasa khas nusantara. Ada juga merek yang telah mendapatkan penghargaan internasional. Cek dulu rekomendasi dari TripZilla Indonesia di bawah ini agar kamu mendapatkan cokelat yang sesuai seleramu ya!

1. Menikmati olahan biji cokelat Indonesia di Pipiltin Cocoa

Pipiltin Cocoa | cokelat buatan indonesiaImage credit: Pipiltin Cocoa

Salah satu merek yang kondang di Jakarta ini menyuguhkan hasil olahan cokelat dari biji kakao asal Aceh, Bali, Jawa Timur dan Flores. Tanaman cokelat yang menjadi bahan baku Pipiltin Cocoa ditanam dengan cara organik. Untuk pilihannya, tentu saja ada cokelat batangan dengan aneka rasa seperti Ransiki, Seasalt and Almond atau Coffee Bean.

Yang menggiurkan bukan hanya cokelat batangannya, tetapi juga cokelat bubuk untuk diminum. Ada chocolate drink house blend, chocolate drink Aceh atau Flores. Selain  dalam bentuk bubuk, Pipiltin Cocoa juga memproduksi minuman cokelat dalam botol bagi kamu yang nggak ingin repot-repot menakar. Bahan-bahan yang digunakan vegan friendly lho!

Pipiltin CocoaImage credit: Pipiltin Cocoa

Pipiltin Cocoa juga membuka kafe dengan berbagai hidangan yang disajikan bersama cokelat berkualitas. Ada pula kelas memasak yang diselenggarakan di waktu-waktu tertentu. Jika ingin menikmati kue-kuenya tetapi tidak bisa pergi keluar, Pipiltin Cocoa juga menjualnya lewat marketplace. Ada juga berbagai parsel dengan desain yang menarik yang bisa kamu jadikan hadiah untuk orang terdekatmu.

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 28,000 IDR

2. Monggo, dibeli Cokelat Monggonya!

Chocolate Monggo | cokelat buatan indonesiaImage credit: Chocolate Monggo

Produsen cokelat asal kota Yogyakarta ini sudah berdiri sejak 2005 dan menghasilkan produk-produk yang maknyus di lidah. Kamu bisa menemukan mulai dari cokelat manis hingga dark chocolate yang bebas gula. Varian dark chocolate yang dijual cukup lengkap, kamu bisa menemukan dari yang 69% hingga yang 100% terbuat dari cokelat murni.

Di Yogyakarta, Cokelat Monggo membuka museum cokelat yang asyik untuk dikunjungi. Tentu saja karena tidak hanya kamu bisa belajar seluk beluk pembuatan cokelat, tetapi karena kamu juga bisa nongkrong di kafenya. Coba deh pesan aneka minuman cokelat yang cantik di Kedai Cokelat, tapi jangan sayang untuk meminumnya, ya!

Chocolate MonggoImage credit: Chocolate Monggo

Untuk kudapannya, kamu dapat mencoba biskuit cokelat Monggo. Uniknya selain cokelat, dijual pula gelato aneka rasa di sini. Bahan-bahan yang dipakai pun berkualitas semisal telur organik dan tanpa pengawet, jadi waktu ngemilmu nggak akan bikin merasa berdosa! Siap untuk yang pahit tapi nikmat?

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

3. Makan cokelatnya Pod Chocolate dan bisa berkunjung ke pabriknya juga

Pod Chocolate Bali | cokelat buatan indonesiaImage credit: Pod Chocolate Bali

Sering ke Bali tapi belum pernah makan cokelat asli buatan Pulau Dewata, Indonesia? Untungnya saat ini kamu sudah bisa membelinya di marketplace. Pod Chocolate ini terkenal banget dengan aneka variannya yang menarik dan juga bisa disantap kamu yang vegan. Aneka varian rasa cokelatnya seperti sea salt and cacao nibs, peppermint, fruit and nut atau dark chocolate akan menebar sensasi unik di mulutmu.

Jika ingin membeli banyak varian sekaligus, tersedia pilihan paket dengan kemasan yang keren. Jangan hanya makan cokelat batangannya karena kamu juga bisa mencoba olesan cokelatnya yang juga punya banyak rasa. Ada rice crispies spread, peppermint spread, orange spread, matcha spread dan lain-lain. Menarik, ya!

Pod Chocolate BaliImage credit: Pod Chocolate Bali

Di Bali, Pod Chocolate juga mempunyai program tur berkeliling pabriknya bagi kamu yang ingin mempelajari proses pembuatan cokelat. Selain dapat mencicipi cokelat segar langsung dari pabriknya, kamu juga berkesempatan belajar menghias cokelat. Kesempatan yang menyenangkan dan sayang dilewatkan kalau kamu sedang berada di Bali.

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 29,000 IDR

4. Mengunyah cokelat Krakakoa yang memenangi penghargaan internasional

Krakakoa | cokelat buatan indonesiaImage credit: Krakakoa

Kalau melihat Krakakoa, kamu  akan terkesan dengan kemasannya yang berwarna cerah dan menarik. Tidak heran kalau Krakakoa ini pernah memenangi penghargaan Indonesia’s Best Chocolate Factory dari Academy of Chocolate, London pada tahun 2017 dan 2018. Tentu saja selain kemasan yang bagus, pilihan rasanya juga menarik, di antaranya Arenga 85% dark chocolate atau single origin dark 85% Pulukan Bali.

Kamu juga dapat menemukan jenis yang unik seperti elephant fermentation chocolate bar. Biji cokelat yang digunakan sudah terfermentasi dalam pencernaan gajah dan kemudian diolah untuk dikonsumsi. Penasaran, nggak?

KrakakoaImage credit: Krakakoa

Ada juga varian chocolate bark di Krakakoa. Ini adalah kombinasi cokelat dengan roti yang dikemas sehingga dapat kamu jadikan cemilan di mana pun dan kapan pun. Rasa-rasa yang ditawarkan semisal dark chocolate with focaccia atau dark milk chocolate with baguette. Produk lainnya yang dapat dilirik adalah cocoa nibs dan cokelat bubuk organik untuk kamu racik menjadi minuman yang lezat.

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

5. Chocodot, si primadona dari Garut

Chocodot | cokelat buatan indonesiaImage credit: Chocodot Katalog

Chocodot yang memang asli Garut ini terkenal dengan inovasinya yaitu kombinasi cokelat dan dodol. Namun selain itu, banyak banget produk lainnya dari Chocodot yang digemari. Kepandaian produsen Chocodot menamai produknya dengan nama-nama unik sukses membuat orang penasaran untuk mencicip. Sudah pernah makan coklat anti galau dan coklat cetar membahana belum?

Chocodot juga mengkombinasikan cokelat dengan biskuit, cokelat dengan kurma, cokelat dengan goyobod, cokelat dengan pisang atau cokelat dengan teh hijau. Otentik dan kreatif sehingga Chocodot sering dibeli sebagai buah tangan. Mungkin saja kamu yang tidak suka cokelat jadi ingin mencoba makan sebatang Chocodot?

Chocodot Image credit: Chocodot Katalog

Bagi yang senang minuman cokelat, Chocodot menyediakan bubuk cokelat seduh dengan banyak rasa. Kamu dapat menikmatinya panas atau dingin. Pilihan di sini sangat banyak jadi semua selera bisa terpenuhi deh!

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Delicacao yang terbuat dari cokelat asli Tabanan, Bali

DELICACAO BALI CHOCOLATE | cokelat buatan indonesiaImage credit: DELICACAO BALI CHOCOLATE

Berasal dari Tabanan, Delicacao menawarkan sederet pilihan cokelat organik yang berkualitas untukmu. Salah satu unggulan Delicacao adalah produk dark chocolate yang terbuat dari minimal 60% biji kakao hingga 100% biji kakao. Pembuatannya juga menggunakan cocoa butter murni sehingga terasa lembut di mulut.

Delicacao juga punya berbagai jenis cokelat lainnya seperti marron chocolate yang menggunakan gula palem untuk pemanisnya atau milk chocolate. Meskipun terlihat sederhana, namun tetap menggunakan bahan-bahan yang baik sehingga menambah nutrisi dalam cokelatnya.

DELICACAO BALI CHOCOLATEImage credit: DELICACAO BALI CHOCOLATE

Kalau ingin merasakan sensasi lain, kamu bisa mengunyah cacao nibs. Cacao nibs adalah isi dari biji kakao yang sudah difermentasi dan dikeringkan. Setelah kulitnya dikupas, maka di dalamnya terdapat cacao nibs. Selain dicemil begitu saja, kamu juga dapat mencampurnya ke dalam minuman atau salad. Renyah dan bergizi, lho!

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 70,000 IDR

7. Belanja Cau Chocolates sambil berkeliling Pulau Bali

Cau Chocolates | cokelat buatan indonesiaImage credit: CoklatOrganikBali

Bali memang tidak habis-habisnya menawarkan kekayaan biji kakao yang berkualitas. Cau Chocolates ini patut dilirik karena selain organik, juga cocok untuk vegan. Cau Chocolate juga menyediakan paket agrowisata cokelat di Bali.

Secara garis besar, kamu bisa menemukan tiga seri cokelat buatan Indonesia di sini yaitu Chocolate Gold Series, Dark Chocolate Series dan Vegan Series. Rasa-rasa yang dapat kamu eksplorasi misalnya mint, ginger, coffee atau almond.

Image credit: CoklatOrganikBali

Kamu juga bisa membeli olahan cokelat lainnya seperti raw cocoa butter, organic drinking chocolate, cocoa organic powder hingga pasta cokelat. Pokoknya lengkap untuk memenuhi semua kebutuhanmu!

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

8. Cokelat Majapahit yang dihasilkan dari kebun cokelat Desa Dlanggu, Mojokerto

Cokelat Majapahit | buatan indonesiaImage credit: Cokelat Majapahit

Cokelat Majapahit ini merupakan hasil produksi pabrik cokelat dari Desa Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Awalnya desa ini merupakan tujuan wisata terdapat kebun cokelat di dalamnya. Setelah didirikan pabrik cokelat, maka dimulailah perjalanan Cokelat Majapahit hingga saat ini.

Aneka varian dark chocolate dan milk chocolate bisa diperoleh di Cokelat Majapahit. Total terdapat sekitar 35 produk cokelat yang bisa kamu nikmati. Olahan cokelat lain seperti cokelat bubuk, cacao nibs, biji kakao yang sudah dipanggang atau bahkan parsel cokelat juga tersedia, lho!

Cokelat MajapahitImage credit: Cokelat Majapahit

Bagi kamu yang ingin membuat hidangan cokelat terasa lembut, kamu bisa membeli premium cocoa butter yang dijual. Kalau kamu punya kulit yang kering, cocoa butter ini juga sangat baik untuk melembabkan kulitmu. Kemudian juga bisa dipakai untuk obat batuk atau obat sakit gigi, multifungsi banget, kan?

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

9. Yogyakarta yang semakin meriah dengan kehadiran Cokelat Ndalem

Cokelat Ndalem | buatan indonesiaImage credit: cokelatndalem

Cokelat Ndalem ini punya sangat banyak pilihan rasa hingga sekitar 25 rasa dan yang membanggakan adalah semuanya citarasa khas Indonesia. Terdapat beberapa lini rasa yang dibagi lagi menjadi rasa-rasa spesifik, yaitu Linirasa Klasik, Linirasa Pedas, Linirasa Rempahnesia, Linirasa Kopinesia, Linirasa Buah dan Linirasa Wedangan.

Cokelat NdalemImage credit: cokelatndalem

Berbagai lini rasa tersebut ditandai dengan bungkus yang berbeda-beda. Semua kemasannya juga cantik dan menarik. Selain menggunakan merek Cokelat Ndalem sebagai yang utama, terdapat dua merek lagi yang bernaung di bawahnya yaitu BoenBeans Chocolate yang fokus pada dark chocolate dan Oui Chocolate dengan aneka pilihan rasa cokelat yoghurt.

Tidak cuma puas dengan produksi aneka cokelatnya, produsen cokelat buatan Indonesia pun membuat minuman cokelat Tandahati. Kamu bisa merasakan dua jenis rasanya yaitu Tandahati Relung Sukma dan Tandahati Suratan Takdir. Segar, dingin dan pasti nikmat!

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 11,000 IDR

10. Tempe juga serasi berpasangan dengan cokelat di Cokelat Dekonco

Dekonco Cokelat Tempe | cokelat buatan indonesiaImage credit: Dekonco Cokelat Tempe

Cokelat Dekonco yang berasal dari kota Malang ini naik daun karena inovasinya menggabungkan cokelat dengan tempe. Nggak cukup itu saja, bahkan cokelat tempenya diberi aneka rasa semisal green tea, apple atau cokelat pedas.

Kamu akan merasakan tempe yang dimasukkan sebagai isian dalam cokelat. Kemasannya artistik sehingga menggoda banget untuk dibeli. Kenapa tempe? Ternyata selain apel, Malang juga terkenal dengan tempenya. Jadi kalau suka tempe dan suka cokelat, jangan sampai tidak mencicipi Cokelat Dekonco ya!

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

11. Mendapatkan kandungan antioksidan lebih banyak dengan makan Ubud Raw Chocolate

Ubud Raw | cokelat buatan indonesiaImage credit: Ubud Raw Chocolate Factory

Apa yang membedakan raw chocolate dengan cokelat biasa? Raw chocolate tidak dipanggang dalam pengolahannya dan ini membuat kandungan antioksidan hingga empat kali lebih banyak dibandingkan cokelat biasa. Asyiknya, di tempat ini kamu bisa memperoleh produk raw chocolate dengan aneka rasa seperti mint & goji berry atau raisin & cashew.

Selain cokelat batangan, juga ada selai cokelat yang dari warnanya saja sudah menggiurkan, cacao nibs dan cacao beans. Sebagai pelengkap, Ubud Raw Chocolate juga menjual cacao butter yang bisa kamu jadikan bahan memasak agar hidangan cokelatmu lebih sehat. Atau bisa juga kamu masukkan ke dalam rutinitas perawatan tubuh agar kulitmu semakin lembab.

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

12. Mengunjungi galeri dan makan Soklat Inyong di Banyumas

Image credit: Galery Soklat Inyong Indonesia

Soklat Inyong ini adalah cokelat kebanggaan Purwokerto, Banyumas. Jika kamu mengunjungi galerinya, kamu dapat mengikuti tur untuk mengetahui sejarah dan cara pengolahan cokelat. Bonusnya adalah kamu bisa melihat varian lengkap dari Soklat Inyong dan belanja untuk oleh-oleh teman atau keluargamu nih!

Kamu bisa menemukan beragam rasa unik yang khas. Terdapat beberapa jenis cokelat seperti Soklat Baturaden dengan aneka rasa buah-buahan dan Soklat Inyong dengan rasa orisinil, mete, kayu manis, suklat dan almond. Kalau ingin mencoba rasa yang lebih berbeda, pilihlah cokelat dengan aneka rasa cake seperti black forest cake, opera cake dan masih banyak lagi. Luar biasa, bukan?

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

13. Silver Queen, si ratu cokelat yang bisa ditemui dimana-mana

Image credit: SilverQueen Indonesia

Siapa yang belum pernah makan cokelat ini? Kebanyakan orang Indonesia pasti sudah pernah mencoba makan Silver Queen atau paling tidak pernah melihatnya di toko-toko dekat rumah. Silver Queen ini membanggakan karena merupakan cokelat buatan Indonesia yang juga mendunia. Diproduksi sejak tahun 1950-an, hingga kini sudah banyak rasa yang diciptakan semisal matcha, strawberry yoghurt, dark chocolate, almond dan lain-lain.

Pada saat-saat tertentu, Silver Queen juga mengeluarkan cokelat dengan kemasan tematik. Misalnya cokelat berukuran lebih besar untuk memperingati hari Valentine. Selain cokelat batangan, ada pula produk Silver Queen bites yang cocok untuk satu kali gigitan tiap butirnya, Silver Queen Rock’r yang merupakan kombinasi cokelat dan wafer. Jika ingin potongan yang lebih besar, kamu bisa mengunyah Silver Queen chunky bar yang bakal bikin kamu puas.

Dapat dibeli di sini
Harga: Mulai dari 9,800 IDR

Baca juga: Tempat Makan Es Krim Di Jakarta Yang Cozy Dengan Menu Melimpah

Semua cokelat buatan Indonesia yang dijabarkan di atas unik dan menarik, tidak kalah dengan cokelat impor, kan? Yuk para chocoholic, buruan diborong cokelatnya!


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS