Catimor Homestay, Warisan Belanda Di Belakang Gunung Ijen


Penampakan bagian depan Homestay Catimor

Tampak depan Catimor HomestayTampak depan Catimor Homestay

Wilayah gunung Ijen adalah objek wisata yang sangat terkenal di Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Banyak wisata yang menawarkan pemandangan pegunungan, air terjun dan udara sejuk sehingga tidak satu dari sekian banyak wisatawan yang memilih menikmati waktu liburan mereka di pegunungan Ijen. Beberapa wisatawan sering memilih untuk menggunakan fasilitas penginapan atau homestay karena tidak cukup untuk mengunjungi wisata di wilayah Ijen selama sehari. Jadi tidak ada salahnya menggunakan waktu yang tersedia untuk menjelajahi semua wisata di wilayah Ijen dan beristirahat di akomodasi yang ada.

Salah satu penginapan yang terkenal dan wajib dikunjungi adalah Catimor Homestay, yang terletak di Blawan, Distrik Sempol. Bangunan ini masih memiliki estetika khas gaya Belanda karena dibangun pada tahun 1984. Bangunan tua bersejarah ini memiliki fondasi kokoh dengan beberapa pilar yang masih kokoh. Lantainya terbuat dari kayu, pintu, dan langit-langit tinggi dengan desain kuno namun elegan khas Belanda. Ada juga rumah utama yang merupakan bangunan asli sejak zaman Belanda dan bagian belakang adalah bangunan tambahan karena banyaknya pengunjung yang ingin menginap di sini.

Kolam renang dan bak mandi air panasKolam renang dan bak mandi air panas

Sebenarnya, jika googling, banyak pengunjung menemukan penginapan yang bagus dan cocok untuk menikmati suasana pegunungan Ijen. Namun, Catimor Homestay sangat terkenal dengan bangunannya yang masih khas Belanda dan lokasinya di daerah Blawan. Daerah ini dekat dengan beberapa atraksi seperti Mini Niagara, Kolam Air Panas, Air Terjun Blawan dan wisata menarik lainnya. Sementara menuju ke Gunung Ijen untuk mendaki dibutuhkan sekitar +30 menit. Catimor Homestay adalah area dengan pabrik pembuat kopi yaitu PTPN XII Complex. Jika Anda beruntung di musim kopi, pengunjung dapat melihat proses pembuatan kopi. Sepanjang perjalanan kita juga akan mencium aroma khas kopi yang bisa membuat tubuh rileks, menarik bukan?

Catimor Homestay memiliki 3 jenis kamar: standar, triple dan superior dengan berbagai fasilitas. Harga untuk setiap kamar mulai dari sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Harga ini tidak terlalu mahal dibandingkan dengan fasilitas yang tersedia serta pemandangan yang sangat menawan di pegunungan Ijen. Bahkan satu hari saja tidak cukup untuk menikmati tur di sini. Secara umum, setiap kamar memiliki fasilitas spring bed, toilet, kursi, dan lemari. Dalam menentukan ruangan dapat dilihat dari fasilitas yang tersedia dan tentunya anggaran yang ada. Untuk pemesanan, periksa harga dan fasilitas yang ada dapat mengunjungi situs web agen perjalanan secara langsung atau berbagai aplikasi reservasi hotel online yang saat ini sering digunakan.

Bangunan bersejarah dari BelandaBangunan bersejarah dari Belanda

Suhu di daerah ini sangat dingin karena suasana gunung. Tapi, tidak perlu khawatir karena homestay ini menyediakan fasilitas air panas di setiap kamar. Di tengah bangunan ada restoran yang ditujukan untuk semua pengunjung. Selain itu, ada kopi, teh, susu hangat yang bisa diseduh sendiri sambil menikmati taman, kolam ikan dengan percikan air dan suasana yang sangat nyaman. Ada juga fasilitas kolam renang untuk pengunjung yang ingin berenang.

Biasanya setelah berenang di kolam dengan air dingin para pengunjung akan langsung meluncur ke kolam air panas yang bisa menstabilkan suhu tubuh. Kolam air panas ini juga mengandung belerang sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Tempat ini adalah tempat favorit bagi pengunjung. Selain beberapa fasilitas yang tersedia, bangunan khas ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk foto dengan backgorund khas era Belanda. Jadi, tidak salah lagi untuk menikmati keindahan kawasan Gunung Ijen di Blati Catimor Homestay.


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS