Candi Karang Besuki: Secuil Peradaban yang Terlupakan


Candi Karang Besuki

Candi Karang BesukiCandi Karang Besuki

Bagaimana jadinya jika kita berwisata ketempat yang tidak banyak orang tau akan keberadaannya? Sebuah kebetulan bagi saya ketika traveling ke Kabupaten Malang. Ketika itu saya tidak sengaja menemukan sebuah candi yang tidak menarik, dekat dengan kuburan, dan masuk melalui gang sempit. Namun, ada kisah menarik dibalik pembuatan candi ini. Tentu sebagai traveler yang suka akan situs-situs sejarah yang terlupakan dan terbengkalai. Saya ingin membuktikan bahwa berwisata ditempat antimainstrem tidak seburuk yang dibayangkan.

Candi Karang Besuki, tentu terdengar asing bagi kalian, jika dibandingkan dengan Candi Prambanan. Wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata purbakala di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kabupaten Malang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang telah mempunyai peradaban terstruktur sejak abad ke-8 masehi. Tentunya peradaban ini masih lebih tua dibanding dengan Kerajaan Singasari, Kediri, dan bahkan lebih tua daripada masa Airlangga sekalipun.

Beberapa bulan yang lalu, saya semula hanya berniat traveling di Kota Batu, Malang. Namun, ketika menginap di rumah teman, saya diberitahu bahwa ada sebuah candi kecil di belakang rumah. Tanpa berfikir panjang, saya bergegas untuk menuju lokasi candi. Ketika memasuki gang sempit, saya tidak merasa ada hal yang aneh. Namun, setelah melihat ke depan, di ujung gang terdapat sebuah makam penduduk yang sangat rimbun karena lebatnya daun kamboja putih. Kebetulan waktu itu senja, menambah kesan menyeramkan. Di sebelah kiri kuburan, terlihat sebuah pagar yang di dalamnya terdapat reruntuhan Candi Karang Besuki.

Terlihat Yoni tanpa Lingga, didekatnya terdapat sesajiTerlihat Yoni tanpa Lingga, didekatnya terdapat sesaji

Memasuki Kompleks Candi Karang Besuki, suasana amat tentram. Dengan udara yang sejuk di sore hari. Melihat puing-puing bangunan candi yang berserakan, pada bagian tengah candi terdapat yoni tanpa sebuah lingga tak mengurangi rasa kagum saya. Selain itu di pelataran candi terdapat arca Ganesha, yang menandakan bahwa candi ini bercorak Hindu beraliran Siwa. Dilihat dari bentuk hiasan dan arcanya, candi ini diduga satu di zaman dengan Candi Badut yang lokasinya hanya berjarak kurang lebih 750 meter ke arah selatan.

Demikian, Candi Karang Besuki dibangun pada masa Kerajaan Kanjuruhan, yakni pada abad ke-8. Menurut keterangan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, hal yang menarik adalah tujuan dibangunnya Candi Karang Besuki ini. Dahulu Candi Karang Besuki adalah hadiah berupa tempat suci untuk memuliakan seorang resi bernama Agastya. Candi ini juga berguna sebagai tempat untuk menghilangkan penyakit dan malapetaka. Dengan kata lain candi ini merupakan tempat untuk mengharap atau mendapat keselamatan. Arti nama Karang Besuki sendiri adalah tempat keselamatan.

Pelataran Candi Karang BesukiPelataran Candi Karang Besuki

Memang jika kalian membaca tulisan ini atau melihat foto Candi Karang Besuki, tidak ada kata spesial bagi candi ini secara fisik. Namun, saya ingin memberitahu bahwa keindahan Indonesia tidak hanya tergambar secara fisik. Guratan puing tak berharga ini, sebetulnya merupakan bukti bahwa pesona peradaban Indonesia masih eksis meski belum banyak terekspos. Tidak berlebihan jika saya menggunakan judul “Secuil Peradaban yang Tersembunyi”, karena masih belum banyak orang yang mengetahui peninggalan kerajaan tertua di Malang atau bahkan mungkin di Jawa Timur ini.

Di setiap destinasi wisata pastilah ada larangan dan aturan yang harus dipatuhi. Di Candi Karang Besuki ini, hal yang harus kalian perhatikan adalah tidak mengubah stuktur candi yang telah ada. Karena hal miris terjadi ketika penemuan pertama candi, bagian kaki candi masih ada. Namun, akibat dari orang tak bertanggung jawab, struktur yang semula masih lengkap dengan kaki candi, kini hanya berupa struktur pondasi dari batu andesit saja. Bagaimana, kalian tertarik untuk mengunjungi Candi Karang Besuki?


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS