Berhati-hatilah dengan Ubur-ubur Saat Bepergian ke Pantai Kukup


Berhati-hatilah dengan Ubur-ubur Saat Bepergian ke Pantai Kukup

Pendopo di tebingPendopo di tebing

Salah satu tujuan pantai di Gunungkidul adalah Pantai Kukup. Sebenarnya pantai ini lebih dikenal dengan BKK. Nama BKK adalah kepanjangan dari Baron, Krakal dan Kukup. Disebut seperti itu karena lokasi ketiga pantai berdekatan. Namun, ketiga pantai tersebut memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda. Jadi, jika Anda mengunjungi Pantai Kukup, Anda juga harus mengunjungi Pantai Baron dan Pantai Krakal.

Informasi turis

Pantai Kukup terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Jarak yang ditempuh dari pusat kota Yogyakarta adalah sekitar satu setengah jam perjalanan. Akses jalan ke pantai ini sangat bagus. Sepanjang jalan Anda juga akan menemukan banyak arah jalan menuju Pantai Kukup. Akan ada lebih banyak arah ke Pantai Baron karena berada di arah yang sama dengan Pantai Kukup.

Salah satu tanda ketika hampir ada adalah menemukan konter di dalam kawasan pantai di Gunungkidul. Harga tiket masuk hanya Rp 10.000. Tiket masuk ini berlaku untuk semua pantai di Gunungkidul. Jadi, saat memasuki pantai Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Cukup murah bukan?

Pantai Kukup adalah pantai wisata yang telah banyak dikunjungi wisatawan. Pengunjung yang datang biasanya rombongan keluarga atau rombongan wisata bus. Saat liburan atau akhir pekan sudah pasti Pantai Kukup akan ramai.

Pengunjung yang penasaran dengan ubur-uburPengunjung yang penasaran dengan ubur-ubur

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Kukup

Sebenarnya apa saja obyek wisata di Pantai Kukup? Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Kukup. Hamparan luas pantai dan pasir putih sangat menyejukkan mata. Sehingga pengunjung akan tertarik untuk berfoto di pantai. Jika tidak ingin berfoto di pantai, pengunjung juga bisa berfoto di atas tebing. Yup, pantai ini juga terkenal dengan pemandangannya dari atas tebing. Banyak spot foto menarik dari atas bukit dan tentu saja dengan latar belakang pemandangan pantai. Bosan mengambil foto? Tenang saja ada banyak tempat santai yang bisa digunakan. Di atas tebing disediakan sebuah paviliun kecil dengan harga sewa Rp5.000 per orang. Jika tidak ingin bersantai di atas tebing, pantai bisa menjadi solusi.

Di sepanjang garis pantai ada banyak pedagang yang menyewakan tikar untuk bersantai. Selain garis pantai, biasanya juga banyak pengunjung yang memilih di bawah tebing batu. Tapi ingat, Anda harus berhati-hati karena kadang-kadang tebing bisa runtuh.

Fotografer sukarela yang mengubur ubur-ubur dengan pasirFotografer sukarela yang mengubur ubur-ubur dengan pasir

Watch out for Ubur-ubur

Wisata Pantai Kukup sering dikunjungi oleh kelompok keluarga. Tidak jarang rombongan membawa anak kecil. Tentunya anak-anak akan menghabiskan waktu di pantai bermain air. Pantai ini juga dikenal aman untuk bermain air.

Ketika air surut, adalah waktu yang tepat untuk bermain air. Tidak hanya itu, rumput laut dan biota laut lainnya mudah dilihat dan bertemu. Namun, tidak semua biota laut yang terlihat aman bagi manusia. Salah satu biota laut yang harus diwaspadai adalah ubur-ubur. Ketika musim ubur-ubur tiba, ia akan ditemukan di sepanjang garis pantai.

Ubur-ubur dikenal karena sengatannya yang berbahaya. Meski tidak semua jenis ubur-ubur berbahaya tetapi ada baiknya waspada. Sengatan ubur-ubur akan melepaskan racun ke kulit manusia yang dapat menginfeksi tubuh. Jika tidak segera diobati sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan kematian pada manusia. Karena itu, pengunjung harus berhati-hati dengan ubur-ubur saat bepergian ke pantai.

Lihat foto di tebingLihat foto di tebing

Ubur-ubur terlihat seperti balon yang bergelembung dan berwarna-warni dan berukuran kecil. Jadi, jika Anda bertemu dengan biota laut yang berbentuk seperti itu, Anda harus menghindarinya. Jangan menyentuh langsung dengan tangan Anda. Tapi tenang saja, petugas pantau pantai akan rajin mengingatkan pengunjung agar menjauhi ubur-ubur. Fotografer di pantai juga menyelamatkan pengunjung dari ubur-ubur. Mereka mengubur ubur-ubur dengan pasir agar tidak terinjak pengunjung.

Jadi berhati-hatilah saat mengunjungi Pantai Kukup selama musim ubur-ubur!


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS