Bali Dibuka Kembali Mulai Juli 2020, Siap Liburan Lagi?


Bali Dibuka Kembali Mulai Juli 2020, Siap Liburan Lagi?

Kabar gembira datang dari Pulau Dewata. Sektor pariwisata di Bali dan sejumlah destinasi wisata akan dibuka kembali oleh Pemerintah Provinsi Bali pada Juli 2020.

Ida Ayu Indah Yustikarini, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali, dalam Live Streaming “Sosialisasi Kenormalan Baru Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” mengungkapkan Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster mengungkapkan rencana pariwisata Bali akan dibuka kembali pada bulan Juli. Namun perlu dicatat, pembukaan pariwisata Bali akan dilakukan secara bertahap.

“Bulan Juli dibuka, tapi untuk masyarakat lokal saja di Bali,” ungkap Ida seperti dikutip Kompas.com.

Setelahnya, sambung Ida, wisatawan dari wilayah Indonesia lainnya bisa mengunjungi Bali mulai Agustus sebelum akhirnya wisatawan dari luar negeri diizinkan masuk pada bulan September. Meski begitu, sejauh ini semua itu masih dalam tahap rencana dengan Pemerintah Provinsi Bali terus melihat perkembangan kasus Covid-19 di wilayahnya.

“Kami masih harus melihat perkembangan Covid-19 di Bali. Jika misalnya situasinya bertambah parah, kebijakan juga bisa berubah,” tandasnya.

Image credit: Aron Visuals

Dalam rencana awal pembukaan sektor pariwisata Bali dalam waktu dekat, destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah yang merupakan tempat wisata luar ruang. Selain itu, destinasi yang diizinkan untuk buka juga nantinya yang sudah siap menjalankan protokol kesehatan.

Ida juga menambahkan Dinas Pariwisata Bali telah menyusun Standar Prosedur Operasional (SOP) Cleanliness, Health and Safety (CHS), yang nantinya harus diterapkan di semua infrastruktur dan sarana pariwisata di Bali, baik itu destinasi wisata, hotel, restoran hingga agen perjalanan wisata.

Bali bukannya anti-pendatang sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia pada Maret silam. Pemerintah Provinsi Bali mengizinkan warga pendatang masuk ke Pulau Bali dari berbagai pintu masuk, dengan catatan wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Aktivitas Wisata Seru Di Bali Yang Memacu Adrenalin Kamu

Menurut kamu, apakah pariwisata Bali yang dibuka kembali dalam waktu dekat sebagai langkah yang tergesa-gesa, mengingat kasus Covid-19 di Indonesia secara umum dan Bali secara khusus belum menunjukkan penurunan yang signifikan?


Like it? Share with your friends!

1
1 point

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS