Alasan Mengapa Kamu Harus Liburan Ke Spanyol


Alasan Mengapa Kamu Harus Liburan Ke Spanyol

Mencari destinasi wisata di luar negeri yang akan kamu kunjungi saat liburan tiba? Spanyol wajib kamu masukkan dalam urutan pertama. Sebagai salah satu negara di Eropa, dan termasuk dalam wilayah Schengen, banyak alasan untuk memutuskan liburan ke Spanyol. Ingin tahu apa saja alasan yang bakal membuat kamu bakal memutuskan liburan ke Spanyol, lihat di bawah ini!

1. Termasuk destinasi wisata murah di Eropa

Salah satu sudut di kota Cordoba, yang termasuk destinasi wisata murah di Spanyol.

Jika kamu mengetik “destinasi wisata murah Eropa” di laman pencarian Google, sejumlah wilayah di Spanyol selalu masuk dalam setiap daftar yang ada.

Di kawasan Andalusia misalnya, di kota seperti Sevilla, Granada dan Cordoba, harga hotel hingga makanan yang ditawarkan di sini terjangkau, bahkan untuk traveler budget sekali pun. Bahkan di Malaga, di mana kamu bisa menikmati segala hal terkait Picasso dan karya seni berkualitas tinggi lainnya, kamu bisa bersenang-senang di sisi utara Spanyol ini dengan harga yang ramah di kantong.

Baca juga: 18 Tips Liburan Hemat ke Eropa yang Harus Kamu Ketahui

2. Spanyol termasuk negara yang ramah muslim

Salah satu kekhawatiran traveler muslim saat liburan ke luar negeri adalah menemukan makanan halal dan kesulitan dalam beribadah. Di Spanyol, kamu tidak akan menemukan masalah tersebut. Ada Halal Institute yang memberikan sertifikat halal, yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan syariah, untuk hotel, restoran, perusahaan kosmetik dan banyak lagi lainnya.

Great Mosque Cordoba menjadi salah satu destinasi yang ramah muslim di Spanyol.

Untuk makanan halal dan restoran yang menyajikannya, ada banyak cara untuk mengetahuinya, mulai dari mencarinya melalui aplikasi pencarian atau menginstal aplikasi mobile untuk pencarian restoran halal di telepon pintar kamu.

Kamu juga tidak akan kesulitan menemukan tempat untuk beribadah. Di Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas, ada dua masjid di dekat pintu keluar terminal T2 dan T4. Sementara di bandara Barcelona-El Prat, lokasi tempat sholat ada di terminal T1. Tempat untuk beribadah juga tersedia di bandara Malaga-Costa del Sol, Gran Canaria dan Tenerife Sur. Jumlah masjid dan Islamic center di Spanyol juga ratusan, dan tersebar hampir di setiap kota yang ada di negara ini.

3. Spanyol memiliki banyak kota dengan karakter menarik

Sebutlah Barcelona, Madrid, Valencia, Sevilla, Málaga. Masih banyak kota yang bisa menjadi alasan untuk liburan ke Spanyol karena kekayaan alam, budaya, arsitektur dan karakter yang dimiliki setiap kota sangat luar biasa.

Salah satu sudut kota di Cordoba

Di Andalusia misalnya, di mana kamu bakal menemukan banyak desa yang unik dan menarik. Terdapat The White Villages, desa dengan atap setiap rumah yang dicat putih, dengan bunga berwarna-warni di balkon dan alam sekitar yang mengesankan menjadikan wilayah ini sangat indah dan menyenangkan untuk dikunjungi. Sementara di sisi utara Spanyol, seperti kawasan Galicia, Asturias, Cantabria dan Basque, kamu akan menemukan desa yang identik dengan kegiatan perikanan, mengingat lokasinya yang dekat dengan laut. Makan seafood wajib dilakukan di sini karena cita rasanya yang mengesankan, seperti pulpo a feira alias cumi pedas di Galicia, fabada di Asturias dan pintxos atau minuman tradisional beralkohol khas Basque.

Ingin mengunjungi kota yang berkesan dari abad pertengahan, kamu bisa menjelajah dari Basque ke Extremadura, yang bangunannya memiliki arsitektur monumental yang identik dengan kebudayaan Abad Pertengahan. Bagaimana dengan di Madrid? Dari gunung di sisi utara, yang memiliki banyak kota kecil dengan keindahan alam yang luar biasa, hingga sejumlah arsitektur mengesankan di sisi selatan Madrid yang sulit untuk tidak mendapat perhatian. Sementara kota di Canary Islands identik dengan sisi tradisionalnya. Di Betancuria misalnya, kamu bisa mengetahui tradisi Fuerteventura. Atau di La Palma, kota dengan lokasi yang tepat untuk menikmati stargazing, yang memiliki Tazacorte dan museum yang mendedikasikan diri pada pisang, buah ikonik di Canary Islands.

Pengalaman yang kamu miliki di setiap kota yang ada di Spanyol dijamin akan berbeda satu sama lain, seperti pengalaman berlibur ke Barcelona tidak akan sama saat melawat ke Madrid. Untuk mengetahui sensasinya, kamu memang harus liburan langsung ke Spanyol dan menyaksikannya sendiri!

4. Kekayaan budaya dan festivalnya yang harus dinikmati

Bicara soal budaya, Spanyol termasuk salah satu negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa. Cara mereka menunjukkannya pun spesial, melalui aktivitas keseharian dan juga beragam festival.

La Tomatina, atau banyak yang mengenalnya sebagai Festival Perang Tomat, yang dilangsungkan di Bunol, Valencia. Diselenggarakan pada Rabu terakhir di bulan Agustus, warga lokal hingga turis dipersilahkan ambil bagian dalam festival perang tomat ini. Tidak tanggung-tanggung, setiap tahunnya tomat yang disediakan untuk menyemarakkan festival ini mencapai 150 ton, lho!

alasan liburan ke spanyolFestival San Fermin di Pamplona, salah satu festival paling mencuri perhatian di Spanyol.

Ada juga festival Fallas Bonfire di San Jose, Valencia, festival yang termasuk Warisan Budaya Bukan Benda UNESCO sejak 2016. Salah satu festival yang paling ikonik adalah San Fermin di Pamplona. Festival yang berlangsung selama seminggu penuh ini dilangsungkan mulai 6 Juli hingga 14 Juli, dibuka dengan pesta kembang api, dikejar banteng setiap pagi selama festival digelar dan banyak even tradisional lain yang dilangsungkan untuk menyemarakkannya. Sebagaimana jutaan wisatawan mancanegara yang mengunjungi Spanyol, kamu juga wajib hadir di festival ini!

Penari menampilkan tarian Flamenco

Di festival yang dihelat di sejumlah wilayah di Spanyol, kamu juga akan mendapati banyak warga lokal yang menunjukkan tarian khas, di antaranya flamenco, tarian pergaulan tradisional yang berasal dari Andalusia, di wilayah selatan Spanyol. Flamenco juga merupakan bentuk seni yang diakui sebagai bagian dari Mahakarya Warisan Budaya Oral dan Tak Berwujud oleh UNESCO. Ada juga tarian fandango, tarian cepat yang dilakukan pada pasangan dan menunjukkan kesamaan dengan bolero. Sementara sevillana merupakan musik dan tarian yang populer diperagakan di festival-festival yang dihelat di sisi selatan Spanyol. Mirip dengan flamenco, sevillanas lebih bersifat non-formal dengan tarian bisa dilakukan oleh orang dari segala usia dan jenis kelamin.

5. Kuliner yang istimewa

Paella, kuliner khas Spanyol

Produk kuliner menjadi salah satu kekayaan lokal setiap wilayah. Spanyol pun memiliki segudang pilihan kuliner yang wajib dicoba. Tapas misalnya, di mana setiap daerah di Spanyol menyajikannya dengan cita rasa yang berbeda, tapi masih dalam kategori yang lezat. Perlu diingat, banyak bar di Spanyol akan memberikan tapas secara gratis ketika kamu memesan minuman. Bahkan di sejumlah kota, terutama kota-kota kecil di Spanyol, sangat memungkinkan kamu bisa kekenyangan dengan makanan gratis yang diberikan dengan hanya memesan minuman.

Bagi yang ingin mencoba kuliner khas, Valencian paella terbaik bisa kamu dapatkan kala berkunjung ke Valencia. Selain menikmati pemandangan Laut Mediterania yang luar biasa, kamu juga bisa memanjakan perut dan lidah kamu dengan kuliner ini di sejumlah restoran di Valencia. Bahkan kamu bisa mendapatkan sensasi yang luar biasa menikmati paella, seperti berada di atas perahu di Albufera Natural Park, atau melawat ke Horta of Valencia.

Tidak hanya paella, Spanyol juga terkenal dengan seafood-nya. Jamon dan banyak pilihan buah dan sayuran segar dijamin akan membuat perjalanan kamu masuk ke pasar lokal di kota-kota Spanyol akan sangat menyenangkan.

6. Memiliki restoran terbaik dan ikonik

Restoran El Celler de can Roca, restoran terbaik dunia tahun 2013 | Image credit: El Celler de Can Roca

Salah satu alasan liburan ke Spanyol adalah kemudahan mendapatkan kuliner terbaik di restoran yang juga berkelas. Bahkan ada sejumlah restoran yang masuk kategori terbaik di dunia berada di Barcelona, yaitu El Celler de Can Roca, restoran terbaik di dunia tahun 2013.

Tidak hanya itu, Spanyol juga menjadi “rumah” dari restoran tertua di dunia, yaitu Casa Botin. Sudah beroperasi sejak 1725, restoran ini terkenal bukan hanya karena sajian babi gulingnya, tapi juga karena pelukis kenamaan Goya pernah bekerja di sini sebagai pelayan.

7. Memiliki banyak arsitektur bersejarah

Alhambra, situs budaya dan sejarah di Spanyol yang banyak menarik perhatian wisatawan asing

Bagi penggemar sejarah dan petualangan, liburan ke Spanyol menjadi alasan yang tepat untuk belajar mengenai banyak hal terkait peradaban dunia, khususnya Eropa. Di sini, banyak peninggalan sejarah yang bertahan sampai saat ini.

Alhambra di Granada, atau Great Mosque Cordoba, Prado Museum di Madrid hingga San Lorenzo de El Escorial, yang kesemuanya merupakan gedung yang berdiri dengan nilai sejarah dan seni yang luar biasa juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Ada banyak cerita menarik dan catatan histori istimewa yang menjadi latar berdirinya bangunan-bangunan ikonik tersebut.

Alcazar de Sevilla (kiri), Plaza de España (kanan)

Sempatkan juga mengunjungi Sevilla, di mana kota ini menawarkan banyak bangunan bersejarah, seperti katedral dengan menara Giralda yang terkenal, Alcazar de Sevilla dan komplek tamannya serta Plaza de España yang ikonik.

8. Mengagumi karya seni Spanyol

Sagrada Familia di Barcelona, salah satu bentuk arsitektur ikonik dunia.

Spanyol merupakan negara dengan perpaduan beragam seni dan budaya di dalamnya, mulai dari sentuhan Islam, budaya abad pertengahan Eropa hingga gypsi. Karena itulah ada banyak karya seni dan budaya yang dimiliki Spanyol, yang menjadikan negara ini sangat menarik untuk diselami.

Untuk karya seni dan arsitektur perpaduan Islam, Eropa dan banyak lagi lainnya, kamu bisa mengunjungi Cordoba dan Alhambra di Granada. Sentuhan bangsa Moor dan Hispanik jelas terlihat, berpadu dengan karya seni Islam, yang menjadikan Alhambra sebagai salah satu dari delapan keajaiban dunia yang harus dikunjungi.

Valencia juga bisa banyak disebut sebagai Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan, berkat Ciudad de las Artes y las Ciencias yang futuristik, di dalamnya terdapat galeri seni, museum, planetarium, opera house dan masih banyak lagi lainnya, termasuk di antaranya Oceanografico, aquarium terbesar di Eropa.

Menyaksikan karya Gaudi di Barcelona juga menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari Sagrada Familia, salah satu situs yang dinobatkan UNESCO sebagai Warisan Sejarah Dunia. Masih ada Casa Milà, Casa Batlló, Casa Vicens, Colonia Güell, Palau Güell dan Park Güell, atau Capricho house (di Cantabria) dan Casa Botines (di León) di luar Catalonia yang bisa kamu kunjungi.

Sementara Madrid memiliki tiga museum seni penting yang wajib dikunjungi, dari Centro de Arte Reina Sofía, Museo del Prado dan Thyssen-Bornemisza. Kamu juga bisa belajar mengenai aliran seni Surealis di Dali Triangle, atau menjelajahi gaya gothic di Burgos Cathedral. Tertarik?

9. Menikmati “keramahan” pantai di Spanyol

Balearic Island memiliki banyak pantai tersembunyi yang luar biasa

Faktanya, Spanyol memiliki garis pantai sepanjang lebih dari 8000 kilometer, yang membuat negara ini memiliki ribuan pantai, dari yang berbatu hingga pantai yang memiliki pasir putih yang lembut. Asyiknya, sebagian besar pantai yang ada di Spanyol ramah untuk kaum difabel.

Spanyol juga memiliki banyak pantai tersembunyi, yang tersebar di tujuh pulau besar dan banyak pulau kecil tanpa penghuni. Kamu bisa menuju ke Pulau Balearic dan menemukan banyak pantai tersembunyi dengan latar hutan pinus dan air laut yang membiru.

San Juan de Gaztelugatxe di Pantai Basque, salah satu tempat pengambilan gambar Game of Thrones

Ingin mengunjungi pantai yang ikonik? Langsung saja menuju ke San Juan de Gaztelugatxe di Pantai Basque, di mana kamu akan berada di salah satu tempat pengambilan gambar serial Game of Thrones. Tempat ini populer dan spektakuler karena adegan naga “berjalan” di “istana” yang ada di sana. Untuk bisa sampai ke “istana” ini, kamu harus meniti jembatan dan mendaki 241 anak tangga. Mengikuti tradisi yang ada, kamu harus membunyikan lonceng yang ada di “istana” ini sebanyak tiga kali sesampainya di sana untuk keberuntungan dan menjauhkan roh jahat. Paling asyik mengunjungi tempat ini adalah saat matahari beranjak ke peraduannya, epik banget!

10. Memiliki gunung dan perbukitan yang menarik untuk didaki

alasan liburan ke spanyolMontserrac yang melegenda

Faktanya, Spanyol menjadi negara kedua di Eropa yang memiliki banyak gunung dan bukit setelah Swiss. Bedanya, kamu tidak bisa bersantai di pinggir pantai, satu jam setelah sebelumnya melakukan pendakian.

Provinsi di Spanyol, seperti Asturias dan Cantabria, menawarkan kombinasi yang menarik antara gunung yang spektakuler dan pantai yang indah. Salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Picos de Europa, perbukitan dengan puncak yang teduh dan hijau karena tanaman yang ada di sana, dan 30 menit perjalanan turun dengan menggunakan kendaraan, kamu sudah bisa langsung menikmati pantai dengan pasir putih yang lembut dan air yang biru. Asyik banget!

Salah satu cara terbaik menikmati lanskap Spanyol adalah dengan naik balon udara, salah satunya di Guadix, Spanyol

Salah satu cara terbaik menikmati pegunungan serta perbukitan, bahkan lanskap alam dan kota di Spanyol secara keseluruhan adalah dengan naik balon udara. Di Segovia, kamu bisa melihat bendungan dan benteng Alcazar dari balon udara. Di Avila, ada tembok kota dan katedral megah yang jadi pemandangan, dengan gunung Gredo sebagai latar. Arsitektur kota Toledo juga bakal membuatmu terpesona saat melihatnya dari ketinggian.

11. Menikmati pemandangan langit malam dengan leluasa 

Tapi bukan hanya pemandangan lanskap alam, pegunungan dan perbukitan saja yang bakal membuat kamu terpesona. Salah satu alasan mengapa Spanyol harus menjadi destinasi liburan kamu berikutnya adalah karena banyak wilayah di negara ini yang menawarkan spot ideal menikmati stargazing di malam hari. Maklum saja, Spanyol termasuk negara dengan tingkat polusi cahaya paling rendah di Eropa, juga memiliki iklim yang sesuai untuk menikmati pemandangan langit di malam hari.

Sierra Sur de Jaén dan Sierra Morena, Andalusia menjadi salah beberapa lokasi ideal untuk menikmati pemandangan langit dan bintang serta galaksi di malam hari. Montsec di kaki bukit Pyrenees di Lleida, Catalonia juga bisa menjadi opsi lain untuk dikunjungi. Taman Nasional Teide di Tenerife dan kota Granadilla de Abona pun menjadi spot yang mengesankan untuk berburu pemandangan langit. Lokasi lainnya ada di La Palma di Canary Islands, Gran Canaria, Gredos Norte di Castile dan León, Avila dan masih banyak lagi lainnya. Semua destinasi tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari asosiasi astronomi yang ada di Spanyol, lho!

12. Spanyol penghasil wine terbaik

Kebun anggur di Spanyol menjadi salah satu produsen produk wine terbaik di dunia.

Prancis mungkin terkenal karena wine-nya, namun Spanyol juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Negara yang memiliki lebih dari 2,9 hektar ladang anggur ini merupakan salah satu penghasil wine terbesar ketiga di dunia setelah Perancis dan Italia.

Jika salah satu alasan kamu untuk liburan ke Spanyol untuk menikmati wine berkelas dunia, seperti La Rioja dan Ribera del Duero, banyak wilayah yang bisa dituju. Sementara untuk menikmati Cava, sparkling wine, Catalonia adalah wilayah yang harus didatangi karena hanya di sini jenis anggur tersebut diproduksi.

Ingin mendapatkan pengalaman maksimal berada di ladang anggur di Spanyol, ikuti saja tur yang tersedia. ACEVIN, asosiasi kota-kota yang peduli pada perkembangan anggur di Spanyol, menawarkan cara menikmati anggur terbaik mulai dari mengunjungi kilang anggur, bermalam di tengah kebun anggur, berpartisipasi dalam sesi mencicipi, mengetahui teknik pembuatan anggur, dan aktivitas unik lainnya, seperti terbang di atas ladang dengan balon udara, bersepeda, dan banyak lagi lainnya.

13. Menikmati pesta pora sepakbola

Suporter Barcelona di Nou Camp Estadio

Dalam beberapa tahun terakhir, Spanyol menjadi kiblat sepakbola dunia. Dua tim terbesar di dunia, FC Barcelona dan Real Madrid, sukses mencuri perhatian, bukan hanya dengan pemain yang mereka miliki, tapi juga karena prestasi yang telah diraih.

Dua tim tersebut juga memiliki basis massa pendukung paling banyak di dunia, dan menyaksikan FC Barcelona bertanding di Nou Camp atau Real Madrid di Santiago Bernabeu, bersama dengan puluhan ribu pendukung mereka, pastinya menjadi pengalaman tersendiri yang tidak akan terlupakan.

14. Cuacanya yang bersahabat

alasan liburan ke spanyolCosta Brava yang ikonik

Jika berkunjung ke Inggris, mungkin kamu akan dikecewakan dengan kondisi cuacanya yang susah ditebak. Tapi tidak demikian bila kamu memutuskan berlibur ke Spanyol, dan kondisi cuaca yang bersahabat sudah seharusnya menjadi alasan yang tepat untuk liburan.

Karena berada di sisi selatan Eropa, Spanyol mendapatkan anugerah musim panas yang panjang dan cuaca yang bersahabat. Bahkan secara rata-rata, lebih dari 300 hari dalam setahun, negara yang berada di pesisir Laut Mediterania ini mendapatkan guyuran sinar matahari. Bahkan di musim dingin atau gugur, matahari masih bersinar nyaman di sejumlah kota dan cuacanya masih bersahabat. Dijamin kamu akan mendapatkan asupan Vitamin D yang melimpah di sini!

Baca juga: Destinasi Wisata Belanja Dunia Yang Wajib Dikunjungi Para Shopaholic

Dengan banyak kemudahan dan daya tarik yang ditawarkan, tidak ada alasan untuk tidak segera merencanakan liburan ke Spanyol, bukan begitu?

Dipersembahkan oleh Spain Tourism Board


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS