10 Tempat Bersejarah di Malang


10 Tempat Bersejarah di Malang

10 Tempat Bersejarah di Malang

WISATA SEJARAH – Luas wilayah kota Malang 145,3 Km² setengah dari luas wilayah Surabaya, namun bukan berarti luas Kota Malang tergolong kecil, terbukti masih banyak situs sejarah yang tertinggal di kota Malang ini, Ada berbagai situs sejarah di Malang, mulai dari sejarah kerajaan di nusantara hingga sejarah perang sebelum kemerdekaan, kota malang ini juga dikenal sebagai raja pariwisata karena banyak sekali tempat wisata di kota ini. Saya akan share 10 tempat wisata sejarah yang ada di kota malang.

Berikut 10 Tempat Wisata Sejarah di Malang:

1. CANDI SINGOSARI

Berdasarkan penyebutannya dalam Kitab Negarakertagama pupuh 37: 7 dan 38: 3 serta Prasasti Gajah Mada tertanggal 1351 M yang terletak di pelataran kompleks candi, candi ini merupakan "penghormatan" kepada raja terakhir Singhasari. , Kertanegara, yang meninggal pada tahun 1292 karena istananya diserang oleh tentara. Gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Dugaan kuat, candi ini tidak pernah selesai dibangun.

Kapan tepatnya Candi Singhasari didirikan masih belum diketahui, namun para arkeolog memperkirakan candi ini dibangun sekitar tahun 1300 M, sebagai persembahan untuk menghormati Raja Kertanegara dari Singhasari. Setidaknya ada dua candi di Jawa Timur yang dibangun untuk menghormati Raja Kertanegara, yaitu Candi Jawi dan Candi Singhasari. Seperti halnya Candi Jawi, Candi Singhasari juga merupakan candi Siwa. Hal tersebut terlihat dari keberadaan beberapa arca Siwa di pelataran candi. Nah ini salah satu tempat bersejarah yang harus kita lindungi

2. KAMAR MANDI KAN DEDES SINGOSARI

Pemandian Kendedes ini menyediakan fasilitas yang menyenangkan, cocok untuk siapa saja yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan melepas lelah dengan berenang. Wisata ini menyediakan fasilitas untuk 3 jenis kolam renang yaitu kolam kecil, kolam anak, dan kolam dewasa yang dilengkapi perosotan. Selain itu, tersedia juga ban, pakaian renang, dan lain-lain. Fasilitas kecil berupa ayunan, jungkat-jungkit, dan gerobak kecil semakin menambah kenyamanan pengunjung yang ingin membawa anaknya. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Arjuno membuat kawasan pemandian ini lebih sejuk dan memiliki pemandangan yang sangat indah, ditambah lagi dengan air murni dari mata air sehingga airnya sangat jernih sehingga tak terhingga nyamannya. dari dua tempat wisata tersebut (Candi Singosari & Pemandian Dedes Singosari) masih ada keterkaitan.

3. TUGU MALANG

Tugu Malang atau ada yang menyebutnya tugu bunder yang terinspirasi dari bentuknya yang bulat. Sebagai salah satu kawasan wisata study tour di Malang. Monumen malang ini memiliki sejarah yang panjang. Sebelum didirikan dan menjadi kawasan Tugu Malang, kawasan ini dulunya merupakan taman. Pembangunan taman tersebut bertujuan untuk melengkapi keindahan kantor Gubernur Hindia Belanda. Monumen malang ini memiliki sejarah yang panjang. Sebelum didirikan dan menjadi kawasan Tugu Malang, kawasan ini dulunya merupakan taman. Pembangunan taman tersebut bertujuan untuk melengkapi keindahan kantor Gubernur Hindia Belanda.

4. MUSEUM BRAWIJAYA

Wisata sejarah di Malang ini merupakan sebuah museum yang bisa dikatakan cukup terkenal di daerah Malang. Jika berkunjung ke museum ini, Anda akan disuguhi berbagai jenis barang koleksi yang menarik. Sebagai salah satu destinasi museum unik di Indonesia, keberadaan museum ini secara hukum wajib untuk kita kunjungi. Museum ini menyimpan berbagai jenis objek perjuangan kemerdekaan. Kita bisa melihat kumpulan berbagai jenis senjata perang yang digunakan selama perang kemerdekaan.

5. DESA TENGGER BROMO

Pernah dengar nama Desa Ngadas Malang? Desa di atas awan ini merupakan satu-satunya desa di Malang yang dihuni oleh Suku Tengger. Sejak tahun 2007, Desa Ngadas Malang telah disulap menjadi desa wisata. Pasalnya, desa ini memiliki potensi wisata yang menarik, seperti Ranupane, Coban Trisula, dan petik apel. Desa Ngadas Malang berada dalam wilayah teritorial Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Berada di ketinggian 2.150 mdpl, Desa Ngadas Bromo merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa. Tak heran jika banyak yang menyebutnya Desa Di Atas Awan di Malang.

6. GUNUNG PESARIA KAWI

Pesarea sendiri merupakan wadah bagi dua tokoh yang dikenal dan dihormati atas jasanya, yaitu Kyai Zakaria II / Eyang Djoego dan Raden Mas Iman Soejono. Di mana kedua sosok tersebut merupakan santri Pangeran Diponegoro yang melarikan diri saat terjadi invasi dari Belanda. Karena kesaktiannya dan pengaruhnya yang besar di masyarakat, kedua tokoh ini sangat disegani oleh semua kalangan masyarakat. Dan tidak jauh dari Pesarean Gunung Kawi terdapat Kraton yang memiliki sejarah panjang sebagai tempat pertapaan raja-raja dan orang-orang berpengaruh dari jaman kerajaan Hindu-Budha. Bahkan konon Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, pernah bersemedi di sini untuk mendapatkan inspirasi. Oleh karena itu, Gunung Kawi tepat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah di Malang. Terlepas dari hal mistis yang melekat pada tempat ini, tidak ada salahnya untuk berkunjung. Dan itu pasti akan membuat pengalaman unik dalam liburan Anda. Itulah beberapa tempat wisata sejarah di Malang yang bisa Anda kunjungi. Selain cerita, mitos dan legenda, wisata sejarah di Malang memiliki nilai tersendiri untuk dinikmati.

7. CANDI KIDAL

Sebenarnya Candi Kidal adalah wisata sejarah kota Malang yang menjadi tempat bersemayamnya Raja Anusapati. Dan Candi Kidal merupakan wisata sejarah kota Malang yang juga merupakan candi peninggalan dari Dinasti Singosari. Candi Hindu di Jawa Timur ini terletak di Tumpang. Jika ingin mengunjungi kawasan ini, minimal harus berkendara sekitar 20 km dari Kota Malang ke arah timur. Bisa juga dikatakan candi ini merupakan candi tertua di wilayah Jawa Timur karena sudah ada sejak pemerintahan Airlangga sekitar tahun 11-12 Masehi.

8. PARTITAAN WATU GEDE

Jika Anda ingin pergi ke kawasan wisata sejarah yang berbeda di Malang, Anda bisa mengunjungi Petirtaan Watugede. Ini adalah pemandian kuno berbentuk persegi panjang dengan batu bata kuno di ujungnya yang sangat besar. Dan masih utuh hingga saat ini yang berfungsi sebagai dinding untuk kolam renang. Sejarah menyebutkan bahwa pertirtaan ini merupakan tempat pemandian yang digunakan oleh raja dan putri pada zaman Kerajaan Singosari. Dan tempat ini juga memiliki aliran air yang sangat jernih. Air yang keluar tidak pernah berhenti dan selalu mengalir. Selain bisa berwisata sejarah Malang, kamu juga bisa menikmati mandi air yang segar.

9. BONEKA MUSEUM TEMPO MALANG

Setiap showroom di Museum Malang Tempo Doeloe memiliki cerita tersendiri. Misalnya keadaan Malang pada 1,5 juta tahun lalu, lengkap dengan fosil dan alat yang digunakan saat itu. Ada juga ruangan yang menceritakan tentang Malang pada masa kerajaan Singosari, Kediri, dan Kanjuruhan. Mendekati masa kini, ada sebuah ruangan yang menampung segala sesuatu mulai dari zaman penjajahan Belanda hingga penjajahan Jepang

10. TUMAPEL WISMA

Pada tahun 1928, Wisma Tumapel dibangun dengan nama Dutch Hotel Splendid yang pada saat itu dianggap sebagai hotel yang mewah dan modern. Kemudian pada tahun 1944, saat Belanda digantikan oleh Jepang, hotel ini bukan lagi penginapan melainkan kantor pemerintahan Jepang. Ketika Indonesia merdeka, pada tahun 1950, Wisma Tumapel berubah kepemilikan dan digunakan sebagai wisma dosen dan ruang kelas oleh FKIP Universitas Airlangga, Surabaya. Hingga akhirnya Wisma Tumapel menjadi milik Universitas Negeri Malang pada tahun 1968. Sejak tahun 2009, Wisma Tumapel sengaja dikosongkan menjadi hotel. Namun, rencana tersebut hingga kini belum terealisasi karena status kepemilikan yang belum jelas yang menyebabkan investor perlahan-lahan menarik diri.

Seharusnya masih banyak lagi tempat wisata sejarah di malang ini, tapi saya tidak bisa share lagi ya cuma 10 aja, coba aja kunjungi tempat wisata tersebut biar tambah wawasa.


Like it? Share with your friends!

0

DON'T MISS